header Quarter Miles Journal

Short Course 30 Juta Pertama dari Blog : Tips Memenangkan Lomba Blog

6 comments
Konten [Tampil]

short course
Short Course 30 Juta Pertama dari Blog, wow tajuknya cukup menarik minat pembaca, ya? Seperti halnya saya. Saat pertama kali melihat flyer short course gratis ini, hal pertama yang saya lakukan adalah meng-on-kan notifikasi Instagram pemateri.

Bukan hanya karena judulnya yang menggiurkan, melainkan terbawa rasa penasaran dengan salah satu pemateri short course ini. Mba Jihan Mawaddah namanya. Pemilik blog jeyjingga.com, yang dikenal sebagai “pemenang lomba blog”.

Mba Jihan ini selalu ada didaftar pertama pemenang lomba blog. Tak heran kalau banyak blogger yang mundur duluan ketika tahu mba Jihan mengikuti lomba blog yang sedang berlangsung hihi. Nah, wajar bukan kalau saya penasaran dengan sosok blogger yang selalu memenangkan lomba ini.

Kebetulan sekali, dalam short course kali ini, sebagai pemateri Mba Jihan membagikan tips dan rahasia jitu memenangkan lomba blog. Tepat sasaran bukan? Short course gratis ini berlangsung selama 3 hari dengan 3 pemateri kece yang berbeda. Namun, kesempatan kali ini, saya ingin berbagi ilmu yang disampaikan oleh Mba Jihan terlebih dahulu, yaitu tentang SEO dan tips memenangkan lomba blog. Semakin penasaran kan? Simak yuk, tipsnya!

SEO Dasar untuk Optimasi Artikel

seo

Semenjak bergelut dengan dunia blogging, SEO selalu menjadi hal utama yang penting diterapkan dalam membuat artikel. Mengapa demikian? Dengan menerapkan SEO, artikel kita memungkinkan untuk mengundang audience lebih banyak.

Kesempatan untuk tampil dalam page one google pun lebih besar jika kita menerapkan SEO. Keyword adalah primadona yang harus tampil dalam SEO. Apa itu keyword? Keyword di sini adalah kata kunci yang berfungsi sebagai mencari minat pembaca. Kata kunci apa yang banyak dicari oleh pembaca dalam search engine, itulah yang perlu kita riset. Supaya artikel yang kita tulis, bisa ditemukan oleh pembaca.
Untuk memenangkan page one google mba Jihan menjelaskan 3 tips berikut :
1. Define yaitu menetapkan topik artikel yang akan dibuat
2. Riset, setelah menetapkan topik selanjutnya adalah meriset keyword yang banyak dicari orang di search engine. Cara sederhana dalam meriset keyword adalah :
a. Ketik satu kata di kolom pencarian (misalnya pada google), maka google akan menunjukan kata-kata yang paling sering dicari/diketik orang terkait pencarian itu.
b. Pilih sesuai dengan topik tulisan yang akan kita buat
c. Nah ini yang paling penting, pastikan artikel yang kita buat menjawab pertanyaan yang dicari oleh audience terkait topik tersebut. Google tahu loh, artikel yang bisa menjawab pertanyaan pembaca.
3. Optimasi artikel dengan keyword. Tujuh hal berikut yang wajib disisipi keyword :
a. Judul
b. Paragraph pertama
c. Paragraph tengah
d. Paragraph akhir
e. Caption foto
f. Nama file foto
g. Permalink

Namun jangan sampai memasukan kata kunci secara berlebihan. Efeknya akan memperburuk indexing google. Sebagai gantinya, gunakan kata kunci turunan atau yang disebut LSI Keyword (Latent Semantic Indexing Keyword). Jadi, kita tidak menggunakan keyword utama, tetapi kata yang masih relevan atau kontekstual dengan keyword utama. Misalnya, kita memilih keyword utama sayuran penurun darah tinggi, LSI keyword bisa berupa sayuran bergizi, sayuran bernutrisi, sayuran hijau, dll.

Selain keyword, untuk mengoptimasi SEO on Page perlu juga memasukan outbond link dan internal link dalam artikel. Kemudian share di media sosial, supaya banyak orang yang tahu dan membaca artikel kita.

8 Tips Memenangkan Lomba Blog ala Jihan Mawaddah

tips
Ini yang ditunggu-tunggu, tips lomba blog dari ratunya pemenang lomba blog. Sudah siap menyimak? Hihi yuk langsung aja simak 8 tips memenangkan lomba blog berikut.

1. Pelajari Penyelenggara

Hal pertama yang penting sekali harus dilakukan adalah mempelajari siapa penyelenggaranya, apa sih tujuan dan “yang penyelenggara mau”. Kita wajib tahu, supaya tulisan yang kita buat tepat sasaran.

2. Pelajari tema lomba dan lakukan riset untuk bahan tulisan

Kira-kira tema lombanya apa ya? Nah, ketika mengikuti lomba pahami dulu apa sih tema yang diberikan oleh penyelenggara. Jangan sampai tulisan yang kita buat tidak sesuai tema atau mungkin kita salah mengartikan tema. Oleh karenanya, pahami dan pelajari tema lomba.
Setelah mempelajari tema lomba lakukan riset untuk bahan tulisannya. Bisa melalui buku, journal, web penyelenggara, atau bisa juga mewawancarai seseorang yang ahli dibidangnya.

3. Pikirkan pokok bahasan yang unik

Apa sih maksudnya pokok bahasan yang unik? Maksud unik di sini adalah bahasan yang tidak mainstream dibicarakan atau ditulis banyak orang. Pikirkan sesuatu yang berbeda. Kalau bisa yang belum pernah dibahas oleh orang lain.

4. Kaitkan tema dengan pengalaman pribadi (jika ada)

Mengaitkan tema dengan pengalaman pribadi juga bisa menjadi alternative untuk mencari bahasan yang unik. Kenapa? Pengalaman pribadi adalah salah satu true review. Jadi, bisa benar-benar menceritakan atau menulis sesuatu berdasarkan apa yang sudah pernah kita alami.

5. Percantik dengan gambar dan infografis

Rasanya kalau sebuah artikel hanya memuat tulisan, kita jenuh ya membacanya. Oleh karena itu, gambar dan infografis yang mendukung tulisan perlu dimasukan ke dalam artikel.
Ingat, gambar yang relevan dan mendukung isi tulisan ya. Tidak usah banyak-banyak, minimal 3 saja sudah cukup kok. Jangan lupa jug, kalau foto bukan milik kita sendiri, sertakan sumbernya.

6. Sertakan data pendukung

Salah satu fungsi dari riset adalah kita bisa menguatkan pendapat dari tulisan kita melalui data pendukung. Jadi, kita tidak bisa hanya asal berpendapat. Namun, ada bukti berupa data yang bisa kita masukan ke dalam tulisan. Data pendukung dari suatu sumber juga harus dicantumkan sumbernya sebagai informasi referensi.

7. Pastikan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, artikel yang kita buat harus bisa menjawab pertanyaan pembaca. Dengan begitu tulisan kita tidak sekedar hanya tulisan, namun bisa bermanfaat bagi pembaca.

8. Berdoalah

Ini bagian paling penting dari yang terpenting hahaha. Berdoalah sebelum memulai dan setelah menulis artikel. Serahkan semua pada pemilik kemenangan.
Siapapun yang berlatih selama 10.000 jam dengan disiplin di bidang tertentu, maka ia akan ahli di bidang itu - Malcolm Gladwell

Itulah 8 tips memenangkan lomba blog dari mba Jihan. Kalah ataupun menang adalah hal yang biasa. kalau kita menang saat mengikuti lomba blog anggaplah itu adalah selfreward. Namun, jika kita kalah, jangan patah semangat dan membuat kita berhenti menulis, anggap saja kita sedang berlatih hihi. oh iya, untuk dua materi selanjutnya, soon ya, dibuat juga resumenya. Semoga bermanfaat ya :)
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

6 comments

  1. ulasannya lengkap banget mba, pas banget nih buat saya yang lagi semangat ikutan lomba. Singkay cerita saya baru kemarin habis kalah lomba blog, ternyata setelah saya research dan bandingkan tulisan saya dengan sang juara, saya sepertinya kurang memahami dan mengenal pihak penyelenggara.

    Tips dari Mba Jihan ini sangat powerful semoga saja jadi impactful untuk saya dan pejuang lomba blog lain agar bisa memenangkan kompetisi blog berikutnya..

    Oh ya, salam kenal ya mba, Saya Natih, dari Bali.

    ReplyDelete
  2. Oh iya, tips menang lomba blog yang pertama tuh so obvious tapi sering terlupakan. Logikanya yang namanya orang menilai sesuatu kan biasanya subjektif, termasuk penyelenggara dan/atau si dewan juri.

    Kalau tahu profil di dewan juri, minimal bisa menyesuaikan tulisan dengan preferensi blio ya.

    ReplyDelete
  3. kelas singkatnya padet banget ilmunya, sayang aku melewatkan nih waktu itu
    dapet ulasan singkat ini membantu banget untuk dijadikan referensi jika besok-besok ikutan lomba lagi

    ReplyDelete
  4. Makasi mba tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Makasih mba tulisannya cukup jelas sekali. Jadi semangat nulis lagi buat lomba blog hihi

    ReplyDelete

Post a Comment