header Quarter Miles Journal

Berapa Biaya Service Mesin Cuci 2 Tabung? Cek Harga dan Jenis Kerusakan

Post a Comment
Konten [Tampil]
biaya service mesin cuci 2 tabung

Berapa biaya service mesin cuci 2 tabung? Tak diragukan lagi, mesin cuci sudah menjadi kebutuhan premier masyarakat untuk membantu pekerjaan domestik sehari-hari. Adanya mesin cuci, memberi kemudahan dalam mencuci pakaian. Tak hanya mencuci, alat satu ini pun dapat memeras dan mengeringkan pakaian. Sehingga, kegiatan cuci-mencuci menjadi lebih ringan.

Namun, bagaimana jika mesin cuci yang kita miliki tiba-tiba terjadi kerusakan? Tentu saja, hal ini dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa kelimpungan karena sudah bergantung menggunakan mesin cuci.

Tak heran jika mesin cuci suatu saat akan mengalami kerusakan. Pasalnya, mesin cuci kerap dipakai hampir setiap hari. Ditambah lagi, mesin cuci adalah elektronik yang selalu berhubungan dengan penggunaan air. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan terhadap mesin cuci.

Sayangnya, penanganan terhadap mesin cuci tidak bisa dilakukan sembarang orang, karena tidak semua pemilik mesin cuci dapat memahami bagian-bagian dari mesin cuci. Jika service dikerjakan oleh orang yang tidak paham, maka keadaan mesin cuci mungkin akan lebih rusak. Maka dari itu, apabila terdapat kerusakan pada mesin cuci, akan lebih baik jika langsung menghubungi jasa teknisi yang profesional.

Untuk melakukan service mesin cuci dengan menggunakan tenaga profesional, tentu saja dibutuhkan biaya yang dikeluarkan. Biasanya, sebelum memanggil jasa service mensin cuci, kita pasti bertanya-bertanya berapa ya biaya service kerusakan mesin cuci yang kita alami? Di sini, aku ingin memberikan gambaran biaya service mesin cuci 2 tabung berdasarkan kerusakannya.

Biaya Service Mesin Cuci 2 Tabung

Biaya service mesin cuci 2 tabung beraneka ragam, tergantung dari tingkatan kerusakannya pada mesin atau komponen. Biasanya, service mesin cuci dibagi ke dalam tiga tipe, yaitu service ringan, service sedang, dan service besar.

Berikut adalah gambaran rincian service mesin cuci 2 tabung :

DAFTAR HARGA SERVICE MESIN CUCI

Jasa

Harga

Biaya Kunjungan dan Pengecekan*

Rp75.000,00

Service Ringan (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu, dan Lainnya)

Rp150.000,00

Sevice Sedang (Ganti Spare Part, Kabel Putus)

Rp200.000,00

Service Besar  (Pembongkaran Besar, Modifikasi)

Rp250.000,00

Pembersihan Unit Mesin Cuci Secara Menyeluruh

Rp250.000,00


Detail Layanan Berdasarkan Kerusakan Mesin Cuci

Mungkin masih ada yang bingung apa saja sih yang termasuk dalam service ringan, servicer sedang, atau service besar? Berdasarkan harga service mesin cuci di atas, berikut ini adalah detail layanan yang akan di dapat berdasarkan kerusakan mesin cuci.

Pengecekan

Sebelum melakukan service, mesin cuci yang rusak juga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan mesin cuci juga dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tergantung jenis kerusakannya.

Pada mesin cuci yang mati total, teknisi akan memeriksa kabel listrik, sekering, timer, serta kabel yang terhubung ke timer dan dinamo. Bila mesin cuci menyetrum, bagian yang diperiksa ialah adanya kebocoran pada gear box pencuci.

Sementara ketika putaran mesin cuci melemah, bagian vanbeltnya harus dilihat. Biasanya masalah ini disebabkan karena vanbelt melonggar. Mesin cuci yang tidak mau berputar harus dilihat pada bagian kapasitor dan lilitan dinamonya.

Untuk mesin cuci yang hanya mau berputar satu arah dan tidak mati secara otomatis, dilakukan pengecekan pada bagian timer dan kabelnya. Sementara ketika mesin cuci mengalami kebocoran, bagian yang dicek ialah karet penutup pada bagian pembuangannya.

Biaya pengecekan di sini umumnya, akan dikenakan oleh sebagian jasa service sekali datang atau jika service tidak jadi dilakukan (hanya mengecek). Namun, hal tersebut kembali lagi pada kebijakan masing-masing jasa service.
 

Service Ringan (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu, dan Lainnya)

Service ringan pada mesin cuci merupakan servis yang dilakukan pada kerusakan-kerusakan kecil. Cara perbaikan service minor tidaklah terlalu rumit. Contoh perbaikan yang dikategorikan sebagai service minor ialah mesin cuci kotor. Sama seperti AC, mesin cuci juga dapat menjadi sarang tumpukan debu. Bila dibiarkan, tentu mesin cuci yang kotor dapat menimbulkan bau. Oleh karena itu, mesin cuci juga perlu dibersihkan.

Selain kotor, contoh service minor lainnya ialah kerusakan pada setting pintu. Masalah ini muncul ketika pintu mesin cuci tidak bisa dibuka atau terkunci secara otomatis. Ada dua hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada pintu mesin cuci. Yang pertama ialah karena kegagalan modul elektronik. Kemungkinan kedua ialah karena kegagalan akibat kerusakan kunci.

Service Sedang (Ganti Spare Part, Kabel Putus)

Service sedang pada mesin cuci meliputi segala jenis perbaikan yang membutuhkan penanganan ekstra. Prosedur pengerjaan service ini lebih rumit dibandingkan dengan service ringan. Salah satu contoh kerusakan yang tergolong service sedang adalah pergantian spare part.

Beberapa contoh spare part pada mesin cuci ialah kapasitor, motor wash, motor spin, serta water level sensor. Kapasitor berfungsi sebagai sumber tenaga mesin cuci ketika melakukan pencucian dan pengeringan. Motor wash berfungsi sebagai pemutar tabung saat proses pencucian.

Motor spin merupakan alat untuk menggerakkan tabung pada proses pengeringan. Water level sensor berfungsi mengatur sedikit banyaknya air yang masuk ke mesin cuci.

Apabila mengalami kerusakan, spare part harus diganti sehingga mesin cuci berfungsi seperti semula. Contoh service sedang lainnya ialah kabel putus. Biasanya, putusnya kabel mesin cuci disebabkan oleh gigitan tikus. Penanganan kabel yang putus dilakukan dengan cara menyambungkan kembali kabel sesuai warnanya.

Karena mesin cuci 2 tabung akan memisahkan tabung mencuci dan tabung pengering, biasanya kenadala lainnya pada mesin cuci 2 tabung adalah tabung pengering tidak berfungsi. Selain kabel terputus, kemungkinan lainnya adalah disebabkan tali lem pengering putus. Penyebabnya bisa dimakan tikus. Rem pengering berfungsi untuk menghentikan putaran dinamo pengering secara konstan saat pintu pengering dibuka, apabila talinya putus maka dinamo akan mengerem terus (seret) walaupun pintu pengering tertutup sehingga dinamo pengering tidak kuat berputar.

Timer pengering rusak terjadi karena per di dalamnya sudah lembek sehingga sudah tidak mempunyai tenaga pegas, atau bisa juga karena kemasukan semut di dalamnya. Ciri terjadinya kerusakan pada kabel timmer adalah ketika di putar tidak berbunyi dan tidak ada dengungan suara pada dinamo.

Service Besar (Pembongkaran Besar, Modifikasi)

Service besar merupakan penanganan mesin cuci untuk kondisi-kondisi kerusakan yang lebih besar. Salah satu contohnya ialah pembongkaran mesin cuci. Ketika mengalami korslet, bagian motor mesin cuci akan terbakar. Oleh sebab itu, mesin cuci harus dibongkar untuk mengetahui kondisi motor tersebut.

Contoh lainnya ialah modifikasi mesin cuci. Modifikasi yang biasanya dilakukan ialah mengubah modul mesin cuci otomatis menjadi manual. Mesin cuci otomatis memiliki modul berupa panel digital. Namun, mengganti panel digital yang rusak akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, satu-satunya alternatif termurah ialah mengubah panel digital menjadi manual. Modifikasi ini juga akan mengubah rangkaian listrik pada mesin cuci.

Penutup

Biaya service mesin cuci 2 tabung bisa jadi berbeda-beda setiap jasa service diberbagai wilayah. Biaya di atas adalah gambaran dari beberapa jasa service mesin cuci. Bagi yang memiliki usaha laundry, ada baiknya jika dilakukan pengecekan service mesin cuci secara pberkala sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah. Semoga bermanfaat!


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment