header Quarter Miles Journal

Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

40 comments
Konten [Tampil]
review rdl

Siapa bilang manfaat pepaya hanya untuk melancarkan pencernaan? Ternyata pepaya juga kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan, loh! Emang iya?

Jadi, aku suka heran dengan kulit oma tetanggaku yang sudah berumur 60 tahunan, tetapi masih memiliki kulit halus dan kencang. Kok, bisa?

Ternyata rahasianya, “Oma suka bikin masker pepaya!” gitu katanya. Buat aku yang malesan dan tidak telaten, mendengar hal itu rasanya langsung menciut hihi. Untunglah, kepintaran digital saat ini membantuku, entah dari mana si media sosial mendengar percakapanku dengan Oma, tiba-tiba seliweran influencer dan teman blogger yang me-review sabun pepaya.

So surprised, merek sabun pepaya yang mereka review sangat tidak asing di telinga. RDL Sabun Papaya! Ah, ya ampun aku kenal RDL Sabun Papaya ini sejak aku duduk di bangku SMP. Sangat tidak asing karena sabun satu ini adalah sabun favorite yang digunakan Ibuku. Tidak hanya ibuku, tapi gossip girls-nya Ibuku, hihi.

Ya, kala itu banyak ibu-ibu yang memakai sabun RDL. Seringkali aku mendengar obrolan mereka kalau sabun RDL bisa bikin glowing. Nyatanya, aku sendiri belum pernah mencoba saat itu. Hanya mencoba mencium baunya yang wangi karena penasaran dengan pembicaraan ibu-ibu.

Kali ini, akhirnya aku beneran coba. Baru 5 hari coba sih, tapi sudah tidak sabar mau review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.

Review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

rdl papaya

Siapa sangka ternyata buah pepaya memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E sangat baik untuk menjaga dan merawat sel kulit.

Kandungan lainnya, buah pepaya memiliki enzim proteolitik, enzim papain, dan chymopapain yang berperan dalam peremajaan kulit dan berfungsi sebagai antibakteri dan jamur. Sehingga, buah pepaya bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya dan mencegah jerawat di wajah.

Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak pepaya sebagai kandungan utamanya. Salah satunya adalah RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.

Sabun Papaya dari brand RDL ini memang sudah dikenal lama dan yang aku tahu belakangan ini lagi viral. Desas-desusnya, tidak hanya wanita yang memakai brand RDL, tetapi banyak pria juga memakainya.

RDL sendiri merupakan brand yang berasal dari Philipina dan diproduksi oleh RDL Pharmaceutical Lab Inc. Sedangkan untuk pengembang dan distributor Indonesia, RDL menggandeng PT RDL Distributor Indonesia.

Aku pikir RDL ini hanya memproduksi sabun dan facial toner papaya saja, loh. Ternyata tidak. Banyak varian sabun dan facial toner RDL yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit.
 

Macam-Macam Produk RDL

1. Brightening Soap

produk rdl

a. RDL Papaya: mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.

b. RDL Cucumber: mengatasi radang pada jerawat dan iritasi pada kulit wajah, melembapkan kulit, meningkatkan warna kulit (tone up), serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

c. RDL Avocado: mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh matahari, melembapkan kulit, serta mencegah penuaan dini.

d. RDL Kalamansi: membantu menyamarkan flek hitam pada wajah, antioksidan bagi kulit, serta mencegah keriput, dan tanda-tanda penuaan dini.

e. RDL Kojic: perpaduan sempurna asam kojic, ekstrak pepaya, dan ekstrak jeruk yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mencegah hiperpigmentasi, meratakan warna kulit wajah, dan membantu menyamarkan bekas jerawat.

2. Babyface Facial Cleanser

rdl produk

a. RDL Babyface Facial Cleanser Papaya:mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.

b. RDL Babyface Facial Cleanser Cucumber: mengatasi radang pada jerawat dan iritasi pada kulit wajah, melembapkan kulit, meningkatkan warna kulit (tone up), serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

c. RDL Babyface Facial Cleanser Avocado: mengatasi kulit wajah yang terbakar oleh matahari, melembapkan kulit, serta mencegah penuaan dini.

d. RDL Babyface Facial Cleanser Kalamansi: mengontrol minyak berlebih, membantu menyamarkan flek hitam pada wajah, antioksidan bagi kulit, serta mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan dini.

e. RDL Babyface Facial Cleanser Plain: membersihkan wajah dan pori-pori yang tersumbat sehingga wajah menjadi cerah dan kelihatan lebih muda.

3. RDL SureWhite Microexfoliant

produk rdl

Kandungan Gigawhite, AHA, dan ekstrak Papaya dalam RDL SureWhite Microexfoliant bermanfaat untuk mencerahkan kulit dalam 7 hari. Uniknya, terdapat 3 tipe RDL SureWhite Microexfoliant yang bisa dipilih berdasarkan tipe kulit.

Nomor 1 untuk tipe kulit putih untuk mempertahankan kecerahan kulit. Nomor 2 untuk tipe kulit sawo matang dengan manfaatnya mencerahkan dan meratakan warna kulit. Lalu ada nomor 3 untuk tipe kulit gelap dan dapat membantu mencerahkan kulit.
 

4. RDL Cream with Moisturizer

produk RDL

RDL Cream with Moisturizer merupakan cream pagi dan malam dari RDL yang berfungsi untuk menyamarkan flek hitam karena sinar UV, bekas jerawat dan polusi, mencerahkan kulit wajah secara merata, dan melembabkan kulit wajah.

5. RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15

produk rdl


Pasti sudah tahu dong manfaat dari sunblock? RDL Babyface Sunblock cream dari RDL ini menggunakan SPF 15 yang ringan dan cepat meresap, untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Banyak juga ya, produk dari RDL. Nah, karena saat ini kondisi wajahku yang sedang bruntusan, aku pilih RDL Sabun Papaya dan RDL Babyface Facial Cleanser Papaya. Bagaimana hasilnya? Cek review aku, yuk!

Review RDL Sabun Papaya

rdl sabun

Menurut berbagai sumber, sabun pepaya merupakan sabun alami untuk wajah yang memiliki kandungan yang lebih lembut dan aman digunakan di berbagai bagian tubuh, serta dapat mengurangi minyak pada kulit.

Seperti RDL Sabun Papaya yang dapat digunakan tidak hanya untuk wajah, akan tetapi juga bisa digunakan di seluruh bagian tubuh. Lebih efisien dan irit kan, moms? Hihi. Selain itu, RDL Sabun Papaya terbaru ini juga sudah plus sunscreen, loh! Perlindungan menyeluruh hanya dengan satu sabun, ya moms?

Kandungan Utama dan Manfaatnya

rdl sabun papaya

Brightening soap yang memiliki klaim dapat membantu mencerahkan kulit, memelihara kekenyalan kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga kulit tampak lebih halus, cerah, dan segar sepanjang hari ini, memiliki 4 kandungan utama. Berikut adalah 4 kandungan utama dan manfaatnya:
  • Ekstrak pepaya mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.
  • Vitamin A, mencegah munculnya kembali jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah serta mencegah penuaan dini.
  • Vitamin C, mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV serta membantu mengurangi kerutan di wajah.
  • Vitamin E, melembabkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat serta membuat kulit lebih kenyal.

Tekstur dan Aroma

Seperti mengenang masa lalu, aroma RDL Sabun Papaya ini masih sama dan khas seperti pertama kali aku mencium arom RDL Sabun Papaya milik Ibuku, hihi. Yups, aroma pepaya yang fresh dan manis, sangat menyegarkan menyeruak ke dalam indra penciumanku. Membuatku langsung mengirimkan foto sabun RDL ke ibuku dan bilang, “Masih ingat sabun ini engga? Sabun andalannya mamih, nih.” seketika kami jadi bernostalgia, hihi.

Nah, kembali lagi, untuk teksturnya, dengan bentuknya kotak batangan RDL Sabun Papaya ini memiliki tekstur lembut. Busanya pun cukup melimpah setelah dibasahi. Sabunnya berwarna oranye padat, tidak transparan.

Packaging

Walaupun honestly, aku lebih suka sabun yang berbentuk cair dan dikemas dalam botol karena mempertimbangkan lebih higienis, namun RDL Sabun Papaya dikemas selain dalam kotak juga dilapisi plastik untuk melindungi sabunnya.

Selain aroma dan tekstur, kemasannya pun masih sama dengan RDL yang aku kenal dahulu yaitu, kemasan box kotak berwarna dominan oranye, dengan gambar pepaya pada kemasannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam kemasan box sabun RDL dilapisi plastik bening bergambar logo brand RDL.

Pada kemasan terdapat informasi yang mungkin momies butuhkan, misalnya tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa, tempat produksi dan distribusi, deskripsi manfaat, komposisi, cara penggunaan, dan warning, serta barcode BPOM dan kode halal. So, kalau momies worry apakah RDL Sabun Papaya ini sudah BPOM atau belum, bisa langsung scan barcode-nya ya, moms. Jangan khawatir juga dengan kandunganya, karena sudah mendapat label halal.

Harga dan Ukuran


Harga RDL Sabun Papaya masih terjangkau ya, moms. Untuk berat 135 grams, RDL Sabun Papaya dibanderol RP 30.000,-. Dengan harga tersebut, momies sudah bisa merasakan perawatan kulit total dengan RDL Papaya Brightening Soap. Apalagi sudah ditingkatkan dengan sunscreen.

Namun, perlu diwaspadai ya moms, dengan produk palsu atau tiruan, dan produk RDL yang diedarkan secara ilegal. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika moms membeli produk resmi RDL.

Cara Pemakaian

Basahkan RDL Sabun Papaya dengan air, lalu usapkan pada wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar dan lembut. Jangan lupa untuk mendiamkan dulu selama 3 menit lalu bilas bersih dengan air.

Don’t

Pemakaian RDL Sabun Papaya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 3 tahun, ya moms. Hindari kontak langsung dengan mata dan penggunaan pada daerah kulit yang terluka atau terbakar.

Nah, jika dalam penggunaan kulit momies terasa gatal, kulit menjadi ruam, atau kemerahan, momies bisa hentikan pemakaian ya, moms.
 

Efek Langsung Pemakaian

Saat pertama kali pemakaian, kulitku terasa gatal. Aku sudah khawatir kalau-kalau kulitku tidak cocok dengan sabun oranye ini. Alhamdulillah, setelah pemakaian kedua dan selanjutnya, kulit wajahku sudah bisa menyesuaikan dan tidak lagi terasa gatal.

Karena busa sabunnya melimpah, sangat nyaman saat diusap ke wajah. Apalagi langsung terasa lembut. Setelah pemakaian, kulit terasa kenyal dan segar.

Bagaimana hasil setelah 5 hari pemakaian? Menurutku, sudah tampak hasilnya. Kulitku lebih cerah dari sebelum pemakaian serta beruntus mulai kempis dan berkurang. Yang aku suka adalah cerahnya natural.

RDL Babyface Facial Cleanser Papaya

cleanser rdl

RDL Facial Cleanser Papaya merupakan pembersih wajah yang memiliki klaim dapat membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh penyebab komedo dan jerawat. Menjadikan kulit terasa lebih halus dan cerah bersinar tanpa noda, dengan ekstrak papaya yang dapat membantu mencerahkan, melembabkan, dan merawat kulit tampak tetap sehat.

Tekstur dan Aroma

facial cleanser

Seperti pembersih wajah pada umumnya, RDL Facial Cleanser Papaya memiliki tekstur cair berwarna oranye. Aromanya senada dengan aroma RDL Sabun Papaya, hanya saja mungkin karena bertekstur cair aromanya lebih kuat. Manis dan segar seperti parfum bayi.

Packaging RDL Facial Cleanser Papaya Original

RDL Facial Cleanser Papaya dikemas dalam botol setengah oval bening. Membuat warna botol menyesuaikan dengan warna cairan pembersih wajah. Tutup botol fliptop berwarna senada dengan logo brand RDL timbul, membuatnya terlihat lebih simple tetapi elegan.

Bagian depan botol terdapat stiker label berdominasi warna oranye bergambar papaya dan terdapat logo brand RDL. Dalam stiker juga terdapat tulisan timbul bertuliskan RDL.

Tidak ada outer packaging ya, moms. Jadi, langsung dikemas dalam botol saja. Tapi, jangan khawatir karena semua informasi terdapat dalam stiker kemasan. Bagian depan stiker terdapat informasi netto dan logo halal. Bagian belakang stiker terdapat informasi tempat produksi dan distribusi, deskripsi manfaat, komposisi, cara penggunaan, dan warning, serta barcode BPOM. Sedangkan kode dan tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa terdapat pada bagian belakang botol.

Harga dan Ukuran

Harga kemasan 150ml RDL Facial Cleanser Papaya dibanderol RP 30.000,-.
 

Cara Pemakaian

Tuangkan RDL Facial Cleanser ke kapas, lalu usapkan perlahan (lebih ke tepuk-tepuk perlahan) ke wajah dan leher sampai semuanya bersih. Momies bisa gunakan 2x sehari pagi dan malam hari sebelum tidur secara teratur.

Don’t

Seperti RDL Sabun Papaya, pemakaian RDL Babyface Facial Cleanser Papaya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 3 tahun, ya moms. Hindari kontak langsung dengan mata dan penggunaan pada daerah kulit yang terluka atau terbakar.

Efek Langsung Pemakaian

Efek langsung pemakaian wajah terasa segar dan dingin seperti mint. Mungkin efek kandungan alkoholnya. Sepertinya RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya kombinasi yang pas, karena pemakaian kedua produk ini membuat kulit tidak crack.

Dengan kombinasi kedua produk, setelah 5 hari pemakaian yang teratur, hasil pemakaian tentunya lebih optimal. Lebih cerah, bruntus berkurang, dan minyak wajah juga berkurang. Tentunya membuat kulit wajah lebih kenyal juga.
review pemakaian sabun papaya

Penutup


Itulah review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya. Jika ingin informasi lebih lanjut bisa ikuti akun Instagram @rdlofficialstore dan TikTok RDL @rdlofficialstore dan @official.rdl.

Bagaimana mom, tertarik untuk mencoba? Jika ingin mencoba, harap berhati-hati dengan produk tidak asli yang beredar di pasaran ya, moms. Untuk memastikan moms mendapat produk original resmi dari distributor, momies bisa membelinya di RDL Offcial Store Shopee. Semoga bermanfaat ya, moms!


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

40 comments

  1. Wah kemasannya lucu, warnanya cerah
    Jangan sampe salah masuk kulkas deh, dikira madu ntar, hehe
    Pepaya ini meski murah tp gede manfaat. Salah satunya sering dibikin kosmetik.
    Patut dicoba, nih...

    ReplyDelete
  2. Dulu aku sering beli ini utk sabun wajah asisten pribadiku mba. Dia pakai, dan memang wajahnya bersiiih banget. Cocok berarti :). Aku sendiri ga pernah pakai, Krn tipe kulitku sensitif, dan udh terlanjur cocok Ama brand tertentu 😁.

    Tapi aku baru tau kalo ada varian lain selain pepaya, kayak avocado, kalamansi, cucumber dll. Soalnya ga pernah liat yg itu. Selama ini cuma liat yg pepaya di swalayan tempat aku biasa beli. Yg facial first cleanser nya juga baru tau tuh. Komplit juga berarti yaa 👍

    ReplyDelete
  3. Gak salah juga sih yang mengatakan sabunnya jadi bikin glowing. Soalnya di aku terasa lebih bersih dan agak cerah. Walau memang cerahnya itu perlahan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tambah lagi khasiatnya buah pepaya memang bagus banget juga ya mba buat kulit..

      Delete
  4. Saya pakai RDL Facial Cleanser nya. Terutama saat sedang traveling. Praktis, efisien dan efektif karena membersihkan wajah hanya perlu satu cairan saja. Dan itu hasilnya maksimal. Wajah bisa bersih maksimal dan kulit wajah jadi tetap segar dan lembut.

    ReplyDelete
  5. Kaget banget sih pas tau kalau produk RDL ternyata sebanyak ini ya. Menarik semua lagi. Aku kira tuh cuma yang sabun itu lho. Variannya juga sebanyak itu ya ternyata. Pengen deh cobain yang cucumber.

    ReplyDelete
  6. Wah iya kupikir RDL hanya memproduksi sabun papaya saja, ternyata ada banyak varian sabun dan facial toner RDL yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kepoin ah mau coba juga saya

    ReplyDelete
  7. Ternyata RDL punya banyak varian ya? Cari ah
    Karena selama ini cocok pakai RDL Papaya yang versi konvensional
    Sekarang ada bentuk cairnya,
    Wajib dicoba nih

    ReplyDelete
  8. Hasilnya lebih fresh ya mba aku dulu sempat pakai sabun pepaya tapi kesini2 udah gak lagi jadi kepingin lgi pake rutin deh ,, ternyata pepaya sebanyak itu manfaatnya y

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya aku mengenal sabun RDL Papaya tuh sejak masa SMA. Terus lama nggak pakai. Eh sekarang makin lengkap ya. Ada cream dan sunscreennya juga.

    ReplyDelete
  10. Pemakaian secara kontinyu dari sabun ini tentunya dapat dirasakan apabila kandungannya pas dengan jenis kulit kita ya mbak.

    Klo saya mah masih jadi PR tuh buat Istiqomah untuk treatment kulit hahahaa

    ReplyDelete
  11. Buat yang telaten dengan perawatan, menggunakan masker bahan buah buahan memang bagus ya. Tapi jamannya sekarang memang udah serba praktis. Masker pepaya bisa kita dengan mudah temukan pada sabun RDL Papaya ya

    ReplyDelete
  12. Saya juga lebih suka dengan sabun cair daripada batangan. Kemasannya lebih praktis dan higienis. Semoga ke depan RDL Sabun Pepaya menyediakan kemasan botol. Pingin juga menggunakan sabunnya.

    ReplyDelete
  13. Saya juga lebih suka dengan sabun cair daripada batangan. Kesannya lebih praktis dan higienis. Semoga ke depan RDL Sabun Pepaya menyediakan kemasan botol. Saya pun pingin mencobanya.

    ReplyDelete
  14. Mungkin zaman dulu varian RDL ini hanya yang papaya extract yaa..
    Kini sudah banyak varian sehingga khasiatnya bisa dinikmati hingga kini untuk dapetin kulit bersih, cerah, bebas jerawat.

    ReplyDelete
  15. sabun legend yang kaya manfaat namun harganya sangat-sangat terjangkau makanya bertahan hingga sekarang kualitas nggak bisa bohong

    ReplyDelete
  16. Aku juga pakai RDL Sabun Papaya sejak lama, tahunya dari mama yang suka banget produk ini, ternyata efeknya bagus dikulit aku jadi diterusin deh sampai sekarang, tapi kalau RDL Facial Cleanser baru coba sih, dan pemakaian dua produk ini bikin kulit wajah terasa lebih bersih.

    ReplyDelete
  17. Wah udah sepaket komplit ya ternyata. Abis mandi pakai sabun pepaya bisa langsung pakai toner.y jg. Mana ada pelembab dan sunscreen.y jg. Capek banget dah

    ReplyDelete
  18. Asli, saya baru tahu ada banyak produk dari RDL ini Kak. Saya kira cuma sabun. Ternyata lengkap. Jadi pengen coba juga.

    ReplyDelete
  19. Ternyata produk RDL lengkap juga ya mbak. dan pastinya harga bersahabat banget. Merawat kulit wajah pun bisa di rumah saja ga perlu ke salon

    ReplyDelete
  20. Jadi penasaran dengan bainya seperti apa, atoma pepayanya cukup strong atau tidak ya

    ReplyDelete
  21. Saya juga pakai RDL sabun papaya ini untuk sekeluarga. Alhamdulillah ibu dan suami cocok juga di wajahnya

    ReplyDelete
  22. Sabun pepaya ini memang makin canggih aja ya. Tahunya dulu cuma sabun batangan

    ReplyDelete
  23. Masih ada ya Mba sabun papaya, sy pakenya zaman dulu bgt wkt masih kuliah. Bagus sih bikin warna kulit jd lebih cerah. RDL jg sy pernah pake, tp krn dulu pake bahan berbahaya sprt merkuri dan aromanua menyengat bgt, jd sy hentikan. Stlh baca postingan ini ternyata bahannya skrg lbh aman ya

    ReplyDelete
  24. Saya sendiri mengenal sabun pepaya RDL sudah sangat lama, dulu sempat juga menggunakannya dan Alhamdulillah juga cocok , dan sekarang juga ada face cleansernya juga ya.

    ReplyDelete
  25. Tertarik banget sama Babyface Facial Cleanser Kalamansi.
    Tapi memang butuh perawatan dan deep cleansing dari kedua produk RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.

    ReplyDelete
  26. ciamik bgt yha
    jadi mupeng utk coba
    supaya kulit sehat

    ReplyDelete
  27. Kulit tuh nggak harus putih kalo mau cakep ya. Asal dirawat pakai sabun dan Cleanser RDL Papaya ini, pasti bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  28. Aku juga pake ini lhoo yg cleansernyaa, udah mau habis malaah, kudu repurcharge hikss. otw ke shopee hahaha

    ReplyDelete
  29. Wah keren banget nih RDL Papapaya. Apalagi ternyata banyak sekali variasi produk dan macam manfaatnya. Yuk semua kita cobain.

    ReplyDelete
  30. Kemarin taunya cuma sabun dan cleanser nya dari RDL ini, ternyata ada juga produk-produk lain untuk kelengkapan skincare, sampai ada sunblock nya juga ternyata, ya. Keren nih produk-produk RDL

    ReplyDelete
  31. Sering lihat produk Papaya ini...apakah memang produk yang sudah lama ya jadi varian nya banyak

    ReplyDelete
  32. sekarang gak perlu repot lagi buat masker pepaya ya kak, sudah dikemas apik RDl menjadi skincare yang banyak manfaatnya untuk kulit wajah

    ReplyDelete
  33. Selain melancarkan pencernaan masih banyak manfaat yg lain ternyata ya bisa untuk skin care juga. Suka banget sama RDL Pepaya, sabun legend yang masih terjaga kualitasnya. Banyak yang pakai, karena kualitasnya bagus.

    ReplyDelete
  34. Sabun muka legend banget dan sekarang jadi hits lagi. Walau sudah berumur tapi khasiat masih terjamin

    ReplyDelete
  35. Sabun pepaya adalah sabun wajahku pertama kali. Masih yang bentuk sabun batangan. Sejak SMP sampai awal kuliah pakai ini, dan terbukti efektif sih, Pengen nyobain lagi deh, apalagi sekarang udah banyak pilihan produk perawatan wajah lainnya dari RDL papaya ini.

    ReplyDelete
  36. semenjak pakai RDl sabun papaya komedoku jadi tidak setebal dulu. Bahkan wajahku lebih cerah dan halus. Benar-benar merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  37. Lengkap banget mbaak. ternyata RDL punya buanyak produk sabun wajah yang terbuat dari bahan alami dengan fungsinya masing-masing. Jadi pingin coba produknya RDL

    ReplyDelete
  38. Ternyata sebanyak itu ya produk2 RDL, selama ini cuma tau sabun barangnya aja dan ku kira itu sabun mandi. Trnyata byk Jenisnya yaa, bahkan ada buat baby juga

    ReplyDelete
  39. Aku suka beli offline di mini market terdekat, biar bisa cium varian wanginya rdl sabun papaya, hihihi sama intip intip kalau ada varian terbaru

    ReplyDelete

Post a Comment