header Quarter Miles Journal

Cek di Sini, Jenis Pisang Yang Mengandung Kalsium Tinggi!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Siapa nih, teman Journey yang memilih pisang sebagai buah favorite-nya? Ssst… ternyata ada beberapa jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi, loh! Sebagai buah yang mudah ditemui di pasaran, pisang memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah kandungan kalsium dalam pisang. Namun, banyaknya jenis pisang juga memiliki kandungan kalsium dan nutrisi yang berbeda-beda. Kira-kira jenis pisang apa ya yang kaya akan kalsium?

Jenis Pisang yang Mengandung Kalsium Tinggi

Terus, teman Journey sudah tahu belum, jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi? Belum lah ya, kan baru mau nyimak, hihi. Nah, seperti yang kita ketahui manfaat kalsium sangat banyak bagi tubuh, diantaranya memelihara kesehatan tulang dan gigi, mengoptimalkan fungsi saraf, menjaga kesehatan jantung, mengoptimalkan kontraksi otot, juga membantu proses pembekuan darah pada luka.

Berikut jenis pisang yang memiliki kalsium tinggi beserta nutrisi yang terkandung di dalamnya :

Pisang Susu

Jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi salah satunya adalah Pisang Susu. Ada yang tahu seperti apa Pisang Susu? Pisang Susu ini memiliki kulit yang tipis berwaena kuning dan akan berbintik cokelat kehitaman jika sudah matang. Sedangkan buahnya berwarna putih sedikit kekuning-kuningan, teksturnya lunak, rasanya manis seperti rasa manis pada susu.

Pisang Susu mengandung sekitar 10,0 mg kalsium per 100 gram buah. Selain itu, Pisang Susu juga mengandung kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin B6, vitamin C, dan juga serat.

Bisa diolah jadi apa saja ya, Pisang Susu ini? Meskipun enak dikonsumsi secara langsung, tetapi teman Journey juga bisa loh mengolah Pisang Susu menjadi bolu kukus pisang, pisang nugget, atau pisang keju.

Pisang Nangka

Pisang Nangka yang merupakan salah satu jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi dan biasanya jenis buah Pisang Nangka ini yang umumnya ditemukan di Asia Tenggara, disebut dengan nama Pisang Nangka ini yang dikarenakan buah ini yang merupakan hasil dari persilangan antara tumbuhan Pisang dan juga nangka.

Dimana buah Pisang Nangka ini yang memiliki kulit berwarna hijau dan tebal dan untuk daging buahnya yang berwarna kuning yang kemerahan, dalam porsi per 100 gram buah Pisang Nangka yang mengandung sekitar 10,0 mg kalsium. Selain itu, pisang Nangka juga kaya akan nutrisi yang lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat.

Pisang Raja

Pisang Raja adalah salah satu kultivar yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan buah Pisang Raja ini merupakan salah satu jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi, buah Pisang ini selain bisa dikonsumsi secara langsung namun buah ini juga yang kerap digunakan sebagai bahan utama berbagai olahan makanan pisang.

Dalam porsi per 100 gram Buah Pisang Raja yang mengandung sekitar 8,7 mg kalsium di dalamnya, selain itu juga, pisang Raja juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya yaitu seperti vitamin B6, magnesium, kalium, dan fosfor dan kandungan nutrisi ini yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Pisang Abu

Untuk jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi yang terakhir yaitu ada jenis Pisang Abu, Pisang Abu sendiri adalah jenis pisang yang biasanya ditemukan di wilayah Indonesia, untuk jenis buah Pisang ini sama dengan buah yang lainnya yang memiliki rasa yang enak dan bisa dijadikan olahan makanan.

Dimana buah Pisang Abu ini mengandung sekitar 8,6 mg kalsium dalam per 100 gram buah Pisang dan selain itu, buah pisang Abu ini yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang lainnya seperti magnesium, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.

Pisang Kepok

Pisang Kepok adalah jenis pisang yang cukup populer di Indonesia, dimana buah Pisang Kepok ini yang memiliki ciri daging yang lebih tebal dan rasanya yang enak namun tidak manis seperti jenis Pisang yang lainnya, dan buah Pisang Kepok ini termasuk ke dalam jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi.

Dimana buah Pisang Kepok mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dimana dalam porsi per 100 gram buah Pisang yang mengandung kalsium sekitar 6,0 mg, bahkan selain itu, pisang Kepok juga kaya akan nutrisi yang lainnya yaitu seperti kalium, vitamin B6, fosfor, dan magnesium.

Berapa Kebutuhan Kalsium Harian?

Seberapa penting kita mengetahui kebutuhan kalsium harian? Kalsium merupakan jenis miner makro yang berberan penting dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalsium memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita memperhtikan kebutuhan kalsium harian.

Namun, kalsium harian setiap orang berbeda-beda ya, tergantung dari kondisi serta usianya. Dilansir Siloam Hospital, berikut ini adalah jumlah kebutuhan kalsium per hari yang dianjurkan oleh Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019:

a. Bayi usia 0 bulan-3 tahun: 200 sampai 650 miligram/hari. Namun, pemenuhan asupan kalsium bayi usia 0-5 bulan disarankan hanya bersumber dari ASI eksklusif.
b. Anak usia 4-9 tahun: 1.000 miligram/hari.
c. Remaja usia 10-18 tahun: 1.200 miligram/hari.
d. Dewasa usia 19-49 tahun: 1.000 miligram/hari.
e. Dewasa usia 50 tahun ke atas: 1.200 miligram/hari.
f. Ibu hamil dan menyusui: membutuhkan tambahan 200 miligram/hari bergantung pada usia ibu saat hamil dan menyusui, sehingga total kebutuhan 1.200 sampai 1.400 miligram/hari.

Penutup

Dari kelima jenis pisang yang mengandung kalsium tinggi manakah yang teman Journey sukai? Sebagai buah yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, pisang merupakan buah yang kaya akan serat dan karbohidrat. Bahkan pisang baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak. 


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment