header Quarter Miles Journal

Selamat Hari Blogger National, Blogger Indonesia!

1 comment
Konten [Tampil]

happy national blogger

Hari Blogger Nasional

Memperingati Hari Blogger Nasional adalah sesuatu yang baru untuk si "new blogger" sepertiku. Semenjak 2015 silam aku memposting cerita pertamaku di blog, aku tidak pernah tahu kalau ada yang spesial di tanggal 27 Oktober ini. 

Barulah setelah aku buka holiday task blogspedia coaching for newbie, aku tahu kalau tanggal 27 oktober adalah Hari Blogger Nasional. Seneng deh rasanya bisa ikut berpartisipasi hiruk pikuknya memperingati hari spesial buat para blogger ini. Ada kebanggaan tersendiri, di mana hatiku berkata, "hey, am I a bogger?" Hihihi 

Tanpa membuang waktu, aku langsung berselancar mengunjungi si mbah "google" untuk mencari tahu sejarah Hari Blogger Nasional ini. Tidak mungkin kan, sok sok ikutan merayakan tapi tidak tahu sejarahnya hahaha. 

Bagaimana sih, sejarah ditetapkannya Hari Blogger Nasional? 

Jadi, dari beberapa artikel yang aku baca, pada tanggal 27 Oktober ini pada awalnya diperingati sebagai Pesta Blogger. Sebuah acara tahunan yang digagas untuk mewadahi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika yang masih dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh mencanangkan bahwa pada tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. 

Wah, tahun 2007 sepertinya aku belum mengenal blog, hehehe. Apalagi masa itu internet masih sulit diakses di kotaku. Tidak semudah masa kini. Mungkin, masa itu aku baru mengenal Friendster wkwkwk (ada yang angkatan Friendster juga kaya aku?) hahaha 

Pesta blogger kemudian berkembang sedemikian rupa sehingga mampu menarik banyak blogger nasional untuk turut serta di dalamnya. Seiring dengan perkembangannya, acara tahunan yang dulunya hanya berfokus pada pesta akbarpara blogger se-Indonesia kemudian mengalami pergeseran focus. Acara tersebut mulai dirancang untuk menekankan pada para blogger untuk bisa mengelola blog mereka lebih serius lagi sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. 

Selain bisa digunakan sebagai sumber penghasilan, blog juga bisa dijadikan sebagai sarana memperluas jaringan pertemanan. Sehingga disarankan bahwa blog tidak hanya digunakan sebagai ajang curhat pribadi saha, namun lebih dari itu sebuah blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membuka peluang bisnis baru. 

(Sumber : artikel Sejarah Hari Blogger Nasional dan Perkembangan Blogger Dari Masa ke Masa – Maxmanroe.com) 

Sejarah blog-ku dan Harapan Blog Impian-ku 

Jangan lupakan sejarah blog kita, ya kan?hehehe. Setelah pemaparan Sejarah Hari Blogger Nasional boleh dong, sedikit cerita tentang sejarah blogku. Setelah menentukan The Big Why Blogging, aku mulai meluruskan niatku untuk memperdalam lagi ilmu blogging. 

Semenjak mengikuti blogspedia coaching, aku benar-benar merasa ilmuku masih belum ada apa-apanya. Sebelumnya, aku hanya memikirkan menulis, publish, dan berharap orang lain membaca serta merasakan manfaat dari tulisanku. Ternyata tidak semudah itu vernando. Wkwkwk 

Awal memiliki blog, tulisanku benar-benar hanya sebatas curhatan. Curhatan yang benar-benar seperti buku diary. :D Kali ini, tujuanku berbeda. Aku ingin blogku bermanfaat. Aku ingin tulisanku di baca banyak orang untuk manambah kebermanfaatan dari tulisanku. Dan aku rasa, sejarahku juga berkembang hihihi 

Kopdar Online Bersama Bloggerperempuan 

bloggerperempuan on blogger day
source : instagram @bloggerperempuan


Nah, gimana temen-temen blogger? Bagaimana perayaan Hari Blogger Nasional kalian hari ini? Kalau aku kebetulan banget siang tadi aku ikutan Kopdar Online via IGS Bloggerperempuan. Kita ngerayain pesta blogger virtual juga nih sama temen-temen bloggerperempuan hehehe. 

Pembahasan dari hasil bincang santai di Kopdar Online bersama bloggerperempuan adalah tentang Blogging 4.0. Nah loh, apa itu Blogging 4.0? Hemm… apakah sebuah software? Hardware? Hahaha 

Blogging 4.0 adalah integrasi digital teknologi untuk meningkatkan produktivitas kita di bidang blogging. Produktivitas seperti apa? Nah, ini termasuk perkembangan dari blogging yang sudah dijelaskan di atas. Blog yang berawal dari tulisan berisi curhat diharapkan bisa lebih produktif mengelola blog menjadi lebih bermanfaat. Digital marketing misalnya. Digital marketing sangat penting untuk blogger. Apalagi, kalau blognya ingin berguna sebagai sumber penghasilan. 

Menurut mba Rora, blogger Indonesia harus menemukan jati diri ada di mana. Mau dibawa ke mana blognya? Sebuah blog, perlu dikembangkan agar lebih monotize. Menurut mba Rora, salah satu cara untuk mengembangkan blog kita adalah dengan cara membangun list. 

Membangun list sangat penting untuk mengembangkan blog kita. Akan tetapi, blogger Indonesia sering melupakan pentingnya membangun list tersebut. 

Bagaimana caranya agar kita mampu membangun list? 

1. Mengumpulkan data pembaca untuk bergabung di newsletter kita 

2. Pasang subscribing email, bisa pakai mailchim (maksimal 500 subscriber) atau maillite yang berbayar. 

3. Menyiapkan iming-iming, bisa berupa free e-book, video, atau sesuatu yang membuat orang lain mau bergabung dengan newsletter kita. 

4. Email marketing 

Menurut mba rora email marketing is never death. Kita bisa dengan mudah blast informasi yang ingin kita sampaikan kepada subscriber. Jika dalam list kita ada 10.000 subscriber, dan jika 1%nya akan merespon, sudah cukup untuk meningkatkan blog kita. 

5. Mencari keyword dalam ubersuggestions.com 

6. Setelah kita membangun list, tugas kita adalah mengedukasi pembaca sesuai dengan topic yang kita mau. 

7. Pelihara list email 

8. Broadcast tidak melulu soal jualan, karena bisa mengakibankan unsubscriber 

9. Belajar auto responder 

Selain membangun list, kita juga perlu untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan media infografis untuk menunjang content-content yang kita buat. 

Pun, sebagai seorang blogger baik itu lifestyle blogger ataupun blog dengan satu niche, kita harus mampu membangun blog yang unik, yang beda dengan blog lainnya. 

Harapanku di Hari Blogger Nasional ini, aku bisa terus berkarya dan menebar manfaat melalui tulisanku. Apa harapan teman-teman di hari spesial ini? Terus belajar, terus berkarya, dan terus tebar manfaat ya teman-teman. Begitu juga dengan tulisanku, semoga tulisanku dan memberi pengetahuan baru untuk teman-teman. 😊











Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

1 comment

  1. Dulu bagiku blog juga buku diary mbak. Jadi kebanyakan isinya ya curhatan aja 😂 semakin kesini jadi sadar kalo blog bisa jadi lebih dari buku diary.. salam kenal mbak

    ReplyDelete

Post a Comment