header Quarter Miles Journal

9 Cara Meningkatkan Page View Blog

1 comment
Konten [Tampil]


bongkar rahasia pageview


Seberapa penting sih, Page View buat blog kita? Kalau buat aku sih, pentiiiing bangeeet. Wkwkwk. Lah iya, semangat 45 bikin artikel, nulis di blog, berharap berbagi manfaat, tapi ternyata yang baca 0 orang, hihihi. Hilang sudah tujuan berbagai kebermanfaatan. 

Page view sempat menjadi kegalauanku saat pertama kali ingin memperdalam blog tahun 2015 silam. Saat itu, si aku yang awam tentang blog ini mencoba searching-searching bagaimana caranya agar artikel yang aku buat bisa dibaca orang, bisa ada di page one google. Awalnya tujuanku belajar page view cuma itu sih. Tapi, apakah manfaat page view hanya itu? Yuk, kita bongkar rahasia page view blog bersama Growthing.id

Kebetulan banget di tengah hiruk pikuk materi dan tugas ke-empat dari Blogspedia Coaching for Newbie kemarin, tiba-tiba coach Marita share flyer Marathon Coaching dari growthing.id, FREE selama 3 hari. Mantap, kan? Aku yang penasaran sama Growthing.id karena coach Marita yang baru lulus dari Kelas Growthing Blogger (KGB) yang diselenggarakan oleh Growting.id, langsung buka link pendaftaran dan isi formnya. 

Materi pertama disampaikan oleh coach Rini Novitasari tentang Page View Traffic. Pas banget, kan buat si awam seperti aku ini? Hehehe. Menurut coach Rini, saat ini masih banyak blogger yang mengabaikan jumlah pageviews atau traffic blog, belum paham manfaat menaikan page view, bingung bagaimana meningkatkan page view (aku banget hehehe), dan masih focus ke authority tapi lupa optimasi. 

Yuk, kita bedah satu persatu rahasia pageview. 

marathon coaching day 1

Apa itu Page View? 

Page view adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Semakin tinggi jumlah page view, semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya. Seperti apa sih bentuk ringkasan page view? Simak gambar di bawah, yuk. 

contoh ringkasan page view
pic. materi maraton coaching growthing.id

Visitor yang hanya sekedar berkunjung dan melihat page blog kita, sudah tercatat sebagai page view. Satu pengunjung bisa mendatangkan lebih dari 1 PV jika membuka banyak halaman. 

Beberapa istilah penting terkait page view yang perlu kita ketahui : 
· User/ Visitor, yaitu orang yang berkunjung ke blog kita 
· UV/ Uniqe Visitor, yaitu pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP Address, browser, dan cookies yang tersimpan di setiap browser. 
· PV/ Page View, yaitu tatanan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung mng-klik satu tautan tertentu (halaman yang dibuka) 
· Bounce Rrate, yaitu persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link. 

Pentingnya Menaikan Page View Blog 

Bloggers harus tahu nih pentingnya menaikan page view, agar page view tidak lagi diabaikan. Berikut beberapa manfaat pentingnya menaikan page view menurut coach Rini : 

1. Page view (PV) Tinggi Harapan Semua Pejuang Adsense 
Tingginya kunjungan pembaca ke halaman kita adalah indikator yang diperhatikan oleh para pemasang iklan. Oleh karena itu, PV sangat penting jika kita sudah memutuskan blog menjadi sumber penghasilan 

2. Mingkatkan Conversion Rate 
Apa sih yang dimaksud dengan conversion rate? Conversion rate merupakan persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung. 

3. PV Tinggi Menandakan Blog dan Konten Berkualitas 
Blog dengan konten yang berkualitas akan menarik minat visitor untuk mengunjungi blog kita. 

4. Meningkatkan Rate Card (harga) kita 
Performa blog kita menjadi penentu harga jual kita 

5. Memperbesar Peluang Mendapatkan Tawaran Kerjasama 
Agency atau advertiser banyak memakai parameter page view sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama. 

Sumber Traffic 

Perlu diperhatikan juga nih, darimana sumber traffic yang paling baik.
 
contoh sumber traffic
pic. materi maraton coaching growthing.id

Bisa dilihat dari contoh diagram ringkasan sumber traffic di atas, ada 4 saluran yang menjadi sumber traffic, diantaranya : 
1. Organic Search disebut juga natural search, yaitu sumber traffic yang berasal dari visitor yang berkunjung secara alamiah tidak mengandung sponsor atau dibayar. 
2. Direct, yaitu sumber traffic yang berasal dari visitor yang langsung mencari web page artikel kita di mesin pencari. 
3. Social, yaitu sumber traffic yang berasal dari rujukan situs-situs social media (Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, dll) 
4. Referral, yaitu sumber traffic yang berasal dari rekomendasi dari situs yang kita baca. 

9 Cara Menaikan Page View Blog 

9 cara meningkatkan pv

Ini dia yang ditunggu-tunggu. Bagaimana sih, cara menaikan PV blog? Dalam sesi ini, coach Rini membagikan 9 cara untuk menaikan PV blog kita. Ingat butuh keseriusan dan waktu yang cukup untuk meningkatkan traffic blog ya, bloggers. 
1. Riset Keyword 
    Ada beberapa cara untuk melakukan riset keyword, diantaranya : 
    a. Gunakan intuisi atau feeling 
    b. Menggunakan google keyword planner 
        https://ads.google .com/home/tools/keyword-planner/ 
    c. Keywordtool.io + google keyword planner 
    d. Keywordfinder.io 
    e. Neil patel 
Masukan prediksi keyword, lihat volume pencarian direkomendasikan volume 100-1000 perbulan 

2. Menulis artikel SEO dan Human Friendly 
    Bagaimana sih, artikel yang SEO dan human friendly? 
    a. Pilih bahasa yang paling nyaman 
    b. Pilih keyword yang tepat 
    c. Judul berisi keyword 
    d. Perhatikan URL 
    e. Jumlah kata 
    f. Penempatan keyword dan LSI (wajib ada LSI) 
    g. Jumlah keyword 
    h. Heading subheading 
     i. Link internal dan eksternal 
    j. Optimasi gambar 
    k. Meta deskripsi 

3. Link building 
Yaitu, sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kita. 

4. Membuat artikel trending atau viral 
Untuk mengetahui artikel yang sedang trend atau viral, kita bisa cek melalui https://trends.google.com/trends/explore 

5. Blogwalking 
Apa sih blogwalking itu? Bisa dibilang blogwalking adalah kunjungan ke beberapa blog lain dan meninggalkan komentar dalam blog yang kita baca. Nah, kalau aku ada group tersendiri untuk mengikuti blogwalking. 

6. Optimasi Page Speed 
Biasanya nih, kita bete kalau mengunjungi sebuah website tapi untuk membuka pagenya saja loading lama, ya kan? Untuk itu, optimasi page speed ini sangat dibutuhkan agar visitor nyaman berkunjung ke halaman kita. Salah satu factor yang menentukan kecepatan page adalah ukuran media infografis. 

7. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas 

8. Kulik Search Console 
Search console ini digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. 


kulik search console
pic. materi maraton coaching growthing.id

9. Kulik Google Analitycs 
Dari google analitycs ini kita bisa mengetahui artikel yang mempunyai performa tinggi. Kita bisa mengembangkan artikel yang mempunyai traffic tinggi dengan membuat related article. 


kulik google analirycs
pic. materi maraton coaching growthing.id

Setelah membongkar rahasia page view di atas bersama coach Rini, ke-galauan-ku mengenai page view hilang sudah wkwkwk. Meskipun bertambah kepulan di kepala, setidaknya saat ini aku jadi tahu langkah-langkah yang harus aku lakukan untuk meningkatkan traffic blogku. Bagaimana dengan kamu, bloggers? Semoga materinya dapat membantu teman-teman bloggers juga ya, untuk meningkatkan traffic blog. 

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

1 comment

  1. Thanks sharingnya mba, wah masalahku di page speed nih, gegara ukuran fotonya besar dan template kurang responsif. Kayaknya mau ganti template aja nih

    ReplyDelete

Post a Comment