header Quarter Miles Journal

#KadoUntukPahlawan Kecil si Pengubah Dunia Seorang Ibu

35 comments
Konten [Tampil]
kontes blog super bercerita

Pahlwan. Apakah makna pahlawan? Menurut KBBI, pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Secara umum, pahlawan merupakan sebutan bagi mereka yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Lalu, apakah makna pahlawan untukmu? Siapakah pahlawan yang ada disekitar mu?

Bagiku, pahlawan adalah penyelamat atau orang yang berjasa dalam hidupku. Terlebih yang membawa perubahan besar dalam hidup. Mereka hadir dan menyelamatkan ku tanpa pamrih. Siapa kiranya pahlawan dalam hidupku?

Triple K are My Super Heros

Sebut saja mereka Triple K. My little super heroes. Tanpa mereka rasanya sudah berkali-kali hidupku redup. Tak memiliki tujuan pasti. Mereka adalah buah hatiku tersayang. Meski tampaknya mereka tak melakukan apapun yang berarti. Tak melakukan tindakan yang dapat dinilai sebagai pengorbanan, namun sadar atau tidak mereka telah banyak merubah hidupku hingga saat ini.

1. Mereka yang Menggantungkan Harapannya

”Sudah lama harapan kami terhadap mu, kami kubur dalam-dalam. Kami sudah melupakan harapan kami terhadapmu.”

Begitulah kiranya satu kalimat yang pernah ku dengar. Bentuk dari kekecewaan mereka yang menggantungkan harapannya terhadapku. Ketika aku merasa terintimidasi, menurunkan kepalaku dalam-dalam, ada uluran tangan mungil yang kiranya masih mengharapkan sesuatu dariku.

Ya, sebagai Ibu, akulah harapan mereka. Tangan yang dapat mereka genggam untuk menyerahkan dunianya kepadaku. Hal kecil dan sangat sederhana, namun mampu membuatku bangkit dan merasa masih ada yang mengharapkanku.

2. Don’t Cry, Ibu!

Banyak momies pasti setuju, kalau menjadi Ibu tidaklah mudah. Tak terkecuali aku. Sebagai Ibu baru, seringkali aku merasa ingin angkat tangan menghadapi 3 buah hati ini. Tak hanya menghadapi tingkah polah mereka, namun ketakutan menjadi Ibu yang tak mampu mendidik dengan baik pun, menjadi salah satu bebanku.

Tak jarang aku sembunyi-sembunyi menangis, ketika merasa tak sanggup. Namun, siapa sangka. Justru mereka jualah yang memelukku dan menepuk pundakku. “Don’t cry, Ibu!” begitulah kiranya si sulung ketika memergoki aku yang sedang menangis.

Tak perlu banyak kata, tingkahnya yang lucu mencoba berlaku seperti orang dewasa, memberiku kekuatan yang dalam untuk tak lagi mengeluh. Tak lagi khawatir. Tak lagi takut.

3. Mengajarkanku Makna Memaafkan

Meneriaki anak, lambat laun menjadi hal biasa bagiku ketika aku lelah, banyak masalah, banyak yang harus dikerjakan. Meski selalu berusaha aku tahan, namun adakalanya sikap bertindak tak sesuai dengan hati. Tak jarang aku membentak mereka.

Pernah suatu kali, aku mengalami hal yang sangat aku sesali. Saat itu, si sulung tiba-tiba menangis histeris entah apa penyebabnya. Dari mencoba menenangkan pelan-pelan, sampai akhirnya aku benar-benar membentaknya. Melukai hatinya yang sedang ingin mendapatkan perhatianku.

Berjam-jam tak hentinya ia menangis. Tak juga berhenti aku membentaknya yang sedang mencoba menerka apa penyebab ia menangis. Meski amarah aku luapkan padanya, tak sekalipun ia membenciku. Ia meminta duduk dipangkuanku, kemudian memelukku. Ia berkata, “Maaf, Ibu!”

Sekita aku menangis menyesali apa yang sudah aku perbuat padanya. Seharusnya aku lah yang meminta maaf. Seharusnya akulah yang memeluknya. Seharusnya akulah yang menenangkannya. Ia mengajarkanku mudahnya mengucapkan maaf dan memaafkan sikap Ibunya.

4. Membuatku Menjadi Ibu Berdaya

Ibu yang notabene menjadi pendidik atau madrasah pertama bagi anak-anaknya, membuatku haus mempelajari banyak tentang ilmu parenting. Berbagai ilmu parenting, pengembangan diri, aku ikuti. Aku ingin menjadi Ibu terbaik untuk anak-anakku. Ibu yang mampu berkembang dan bijak untuk menjadi pendidik yang baik dan penuh kasih.

Sejalan dengan itu, mereka pun memotivasiku menemukan passion yang selama ini aku cari. Kini, aku bisa melakukan pekerjaan yang aku sukai. Pertama, menjadi seorang penulis, walau baru beberapa buku antologi dan belum memiliki buku solo, kedua mulai menekuni dunia blogger, itulah passion yang selama ini aku cari. Karenanya, aku menjadi Ibu berdaya. Setiap kali aku ingin menyerah, merekalah yang membangkitkanku kembali.

5. Penyelamat Pernikahan

Menyatukan dua insan manusia dalam suatu ikatan pernaikahan, memang tak semudah yang dibayangkan. Ada yang bilang sebelum usia pernikahan menginjak 5 tahun, gejolak berumah-tangga akan sangat terasa. Biasanya untuk penyesuaian.

Tak bisa dipungkiri pernikahan ku pun tak semulus jalan tol. Banyak lika-liku yang harus kami hadapi bersama. Namun, kehadiran anak-anak kami menjadi salah satu yang menguatkan pernikahan kami. Melihat tingkah mereka, ingin melihat mereka berkembang dengan baik melalui kasih sayang ayah dan ibunya, membuat pernikahan kami lebih bermakna dan merasa saling memiliki.

Itulah kisah sosok pahlawan dalam hidupku. Percaya atau tidak seorang anak dapat menjadi pahlawan terbaik bagi kedua orangtuanya. Meski nama mereka tak terukir dalam buku sejarah, mereka termasuk pahlawan tanpa tanda jasa bagiku.

Road To Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

Kontes blog


Kisah pahlawan setiap orang tentu saja berbeda. Siapakah pahlawan yang ada di sekitarmu? Pasti punya dong, sosok yang kamu anggap sebagai pahlawan? Berbagi kisah, mengenalkan sosok pahlawan-pahlawan hebat yang ada di sekitarmu bisa menjadi hadiah berharga bagi mereka. Secara tidak langsung, kisahnya akan menjadi inspirasi bagi orang lain.

Yuk, tuangkan kisahmu dalam Kontes Blog Super Bercerita! Apa sih Kontes Blog Super Bercerita itu? Kompetisi Blog Super Bercerita adalah kompetisi menulis yang diadakan oleh Aplikasi Super guna mewadahi anak-anak muda untuk terus berkarya lewat tulisan.

Tema yang diangkat pada Kontes Blog Super Bercerita yang ke IV pada periode April - Juni 2022 nanti adalah #KadoUntukPahlawan. Siapkan cerita terbaikmu untuk mengenalkan sosok inspiratif di sekitar yang layak mendapat predikat sebagai “pahlawan”. Hadiahnya menarik, loh. Eits, engga cuma buat kamu, sosok pahlawan yang kamu angkatpun akan mendapat kado dari Super, loh. Langsung aja, cek informasi seputar Kontes Blog Bercerita #KadoUntukPahlawan. Jangan sampai ketinggalan, ya! :)


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

35 comments

  1. tetap sehat dan semangat ya Bunda :D

    ReplyDelete
  2. Kalau mau nyebut pahlawan dalam kehidupan, kayaknya nggak bisa ninggalin satu sosok yang sudah ngelahirin kita ya. Selain itu juga masih banyak lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener. Ibu kita segalanya pahlawan tak kenal lelah hihi

      Delete
  3. Anak menjadi penyemangat tersendiri. Saat down malah justru sebagai pelipur. Nyatanya, ibu itu juga pahlawan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ya mba, anak bisa menghibur dan jadi penguat

      Delete
  4. Perjuangan seorang ibu. Sama seperti guru, mereka pun pahlawan tanpa tanda jasa.

    ReplyDelete
  5. Ya, para buah hati memang tak ternilai ya Mbak. Mereka membuat kita merasa punya makna. Saya setuju, anak2 tak dendam meski kita pernah marah atau membentak mereka. Dengan tulus mereka menerima dan memelik kita kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sebagai Ibu bisa jadi lebih pribadi lebih baik supaya engga gampang bentak hihi

      Delete
  6. Yeeyy, masyaAllah.. pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan yang perannya kayak matahari ini sih :)

    ReplyDelete
  7. Boleh juga nih kontesnya. Kalau bicara pahlawan dalam hidup, akan ada banyak nama disebut deh.

    ReplyDelete
  8. saya jadi gak sabar pengen anak pertama saya cepet-cepet lahir, pasti bakal banyak banget tantangannya, tapi pada saat yang bersamaan juga pasti bakal banyak banget bahagianya

    ReplyDelete
  9. Kadang kita berpikir bahwa kita, orang tua atau guru, adalah pembimbing anak-anak. Namun ternyata justru kitalah yang lebih banyak belajar dari kehadiran mereka. Terima kasih sudah berbagi ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget :( aku banyak belajar dari anak-anak

      Delete
  10. MasyaAllah memang sih ya si pahlawan kecil ini penyelamat banget buat kebahagiaan ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, ada aja tingkah polahnya bisa bikin bahagia

      Delete
  11. Beruntungnya bisa baca artikel ini jadi tahu ada lomba bercerita kado untuk pahlawan. Sepertinya saya tertarik ikutan heheheb

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikutan, jangan lupa pantengin ig aplikasi super

      Delete
  12. Justru kita yang harus belajar banyak pada anak-anak sih ya mba. Mereka membuat saya belajar banyak hal, dan terus bertumbuh menjadi ibu yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, jadi tantangan tersendiri ya

      Delete
  13. ma syaa Allah, kehadiran anak seperti guru kehidupan tersendiri ya mbak

    ReplyDelete
  14. Iya katanya lima tahun pertam itu penuh gelombang tapi menurutku 10 tahun itu ombaknya besar sekali. Lalu, di 20 tahun pernikahan ada masa kejenuhan, gelombanb hormon atau masa laki-laki mulai puber kedua. Harus banyak2 istighfar

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyaa Allah aku baru tau... mudah-mudahan semua terlewati

      Delete
  15. Anak bisa jadi pahlawan buat ortu ya. Ada temanku mengalami KDRT, nyaris bundir, anaknya yang masih kecil mendadak nangis, dia urungkan niat. Sejak itu dia ikut terapi dan konsultasi psikolog. Sekarang udah menikah lagi dan suaminya lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyaa Allah, ko sedih dengernya. Support system memang penting banget ya, semoga beliau selalu sehat bahagia.

      Delete
  16. Anak-anak itu memanglah guru terbaik dalam hidup. Mengajarkan banyak hal sampai bikin ibunya looks like superhero padahal mereka yang hero sebenarnya. Hihi. Sweet banget deh mba tulisannya...

    ReplyDelete
  17. Kontes yang keren banget tentang pahlawan
    Memang anak tuh bagaikan pahlawan tanpa sayap banget ya

    ReplyDelete
  18. Setuju sekali mbak, anak bisa menjadi paglawan terhebat dalam hidup Kita ya

    ReplyDelete
  19. Ikut terharu mba membaca tulisan ini. Iya nih, kadang ya setelah marah pada anak-anak, saya pun menangis sendiri, menyesali hal tadi.

    Ingin juga nih ikutan kontesnya. Mencari ide dulu aahh siapa sosok pahlawan yang ingin kutuangkan ke dalam tulisan.

    ReplyDelete
  20. anak memang memiliki banyak makna bagi orang tuanya, ya mbak. terutama bagi ibunya yang merawatnya setiap hari

    ReplyDelete
  21. Pahlawan tanpa seragam ini. Tiap. Hari membuat rindu

    ReplyDelete
  22. Semoga keluarga nya selalu bahagia dan kuat menghadapi berbagai rintangan hidup

    ReplyDelete

Post a Comment