header Quarter Miles Journal

Modal untuk Buka Cafe 20 Jutaan, Simak Rincian dan Tipsnya!

3 comments
Konten [Tampil]
modal untuk buka cafe

Berminat buka cafe tapi masih takut dengan modal untuk buka cafe? Berbicara soal modal untuk buka cafe sebenarnya sangat relatif. Bergantung seperti apa konsep cafe yang akan kita buat. Sudah memiliki gambaran, seperti apa konsep cafenya?

Dengan adanya konsep, kita bisa memperkirakan nih, peralatan maupun bahan baku apa saja yang dibutuhkan. Kemudian nantinya, kita bisa merinci sebagai modal yang dibutuhkan untuk buka cafe.

Modal untuk Buka Cafe

Tak bisa dipungkiri modal untuk buka cafe tidak lah sedikit, namun cafe bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Menurut idntrepreneur.com margin kotor dari bisnis cafe bisa mencapai 60% dan margin laba bersih mencapai 20%.

Dewasa ini, cafe tidaklah sulit untuk ditemui. Dari yang cafe minimalis sampai dengan cafe modern ada di setiap sudut kota. Kebutuhan masyarakat untuk kumpul-kumpul, tempat meeting, tempat mengerjakan tugas, atau hanya sekadar mencari tempat untuk mengobrol nyaman dan santai, bisa menjadi alasan masyarakat mendatangi atau mencari cafe. Oleh karena itu, meski cafe ada di mana-mana, namun tak perlu khawatir jika teman-teman memiliki impian untuk membuka cafe, karena cafe banyak peminatnya.

Hanya saja perlu diingat, konsep yang matang, unik dan berbeda dari cafe lainnya adalah kunci mengundang pelanggan memilih cafe yang akan kita buat. Apalagi saat ini media sosial memiliki peran penting sebagai strategi pemasaran bisnis. Tempat yang unik, nyaman, sekaligus menu yang enak akan menarik minat pemakai media sosial.

Jika kita memiliki modal untuk buka cafe yang tidak banyak, maka kita bisa memilih konsep cafe sederhana.

Modal untuk Buka Cafe Sederhana

Setelah menentukan konsep, barulah kita mulai merinci kebutuhan yang diperlukan untuk buka cafe sederhana. Beberapa kategori rincian modal untuk buka cafe tersebut adalah peralatan, bahan baku, perlengkapan, dan operasional.
 

1. Modal Peralatan Cafe

Modal untuk buka cafe yang pertama, yakni peralatan. Umumnya, cafe menyediakan menu utama berbagai macam kopi. Tentu, kita butuh peralatan untuk membuat kopi. Membuat kopi dengan cita rasa aslinya membutuhkan peralatan khusus. Tidak seperti kopi saset yang tinggal seduh saja.

· Mesin kopi (Espresso Machine) : Rp 3.500.000
· Mesin grinder (Electric coffee grinder): Rp425.000
· Milk jug (4 ukuran) : Rp 160.000
· Kulkas 2 pintu: Rp2.000.000
· Kompor gas 2 tungku: Rp375.000
· Tamper untuk kopi: Rp300.000
· Vietnam dripper: Rp225.000
· Blender + chopper : Rp450.000
· Alat seduh teh: Rp60.000
· Ketel : 130.000
Total Modal Peralatan Cafe : Rp. 7.625.000

2. Modal Bahan Baku Cafe

Sudah menentukan menu apa saja yang akan disajikan cafe? Selanjutnya, kita perlu merinci bahan baku yang diperlukan.

· Biji kopi 5 kg: Rp325.000
· Teh 1kg: Rp50.000
· Susu 10 liter: Rp150.000
· Bahan baku makanan (roti, kentang goreng, mie instant) : Rp. 1.000.000
Total Modal Bahan Baku Cafe : Rp 1.525.000

3. Modal Perlengkapan Cafe

Modal perlengkapan cafe mencakup gelas, piring, sendok, garpu, pisau, meja, kursi, dll.
· Meja + 2 kursi panjang (5 set): Rp4.750.000
· Cangkir dan tatapan kopi (20 buah): Rp325.000
· Gelas kaca (20 buah): Rp300.000
· Piring, sendok, garpu, dan pisau makan (20 buah): Rp500.000
· Toples kedap udara untuk kopi : Rp75.000
Total Modal Perlengkapan Cafe : Rp5.950.000

4. Modal Kerja

Modal kerja yang dimaksud adalah biaya operasional cafe seperti sewa tempat, gaji karyawan, retribusi, biaya gas, listrik, air, dan sebagainya. Sebenarnya, biaya operasional cafe bervariasi bisa lebih besar atau kecil, tergantung daro lokasi cafe yang dipilih. Berikut adalah gambaran modal kerja untuk buka cafe :
· Sewa tempat : Rp10.000.000/tahun
· Gaji 1 orang karyawan : Rp2.000.000
· Listrik, air, dan gas : Rp1.000.000
Total Modal Perlengkapan Cafe : Rp13.000.000

Dari 4 kategori perincian modal untuk buka cafe di atas, kira-kira modal yang dibutuhkan kurang lebih Rp 26.575.000. Angka ini pun bukan angka yang pasti. Jadi, pastikan untuk menyiapkan dana cadangan untuk membuka bisnis cafe.

Tips Strategi Membuka Cafe

tips strategi buka cafe

Setelah mengetahui seberapa besar modal untuk buka cafe yang dibutuhkan, tentu langkah selanjutnya adalah menjalankan bisnis. Namun menjalankan bisnis cafe tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu memiliki strategi bisnis agar cafe meraup untung dan bertahan dari persaingan usaha.

Berikut ini ada sejumlah tips dan strategi bisnis yang dilansir store.sirclo.com agar bisnis cafe sukses dan dapat menekan biaya operasional.

1. Mencari Pasokan Terbaik dengan Harga Kompetitif

Hal paling penting dari modal untuk buka cafe, yaitu kopi itu sendiri dan bahan-bahan minuman serta makanan lainnya yang menunjang. Kita perlu mendapat pasokan bahan yang berkualitas, tetapi juga harganya kompetitif. Oleh karena itu, penting untuk bekerja sama dengan pemasok yang bagus.

Ketika sudah bekerja sama dengan satu atau beberapa pemasok, sebaiknya tinjau kembali perjanjian kerja sama setahun sekali. Jadi, kita bisa menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik.

2. Negosiasi Ulang Perjanjian Sewa Tiap Tahun

Jika modal untuk buka cafe tidak mencukupi untuk membeli  tanah dan bangunan usaha, tentu sewa menjadi pilihan alternatif. Namun tentunya kita tidak ingin harga sewa naik terus setiap tahunnya. Pada saat inilah perlu menegosiasikan kembali harga sewa.

Jika bisa, negosiasikan harga yang lebih rendah untuk biaya sewa. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu berapa harga sewa yang berlaku di wilayah yang kita pilih. Jika menemukan harga sewa jauh lebih tinggi ketimbang tempat-tempat usaha di sekitar, kita bisa negosiasikan ulang harganya.

3. Melakukan Riset Terhadap Kompetitor

Tidak sedikit orang yang menjalankan bisnis cafe. Agar dapat bertahan dari persaingan, kita pun harus melakukan riset terhadap kompetitor. Mulai dari bagaimana cara kompetitor melakukan pemasaran, harga jual, rasa kopi, menu terbaru mereka, dan sebagainya.

Proses riset harus berkelanjutan, tidak terbatas pada saat kita membuka bisnis. Kita pun tidak harus membatasi riset terhadap cafe dengan ukuran sama. Bisa juga cek apa yang dilakukan oleh cafe–cafe besar. Kita dapat mengadopsi hal-hal yang berhasil mereka lakukan, lalu menerapkan ide-ide tersebut di cafe milik kita sendiri.

4. Melatih Karyawan untuk Melakukan Penjualan Sugestif

Cafe merupakan tempat yang ideal untuk melakukan penjualan sugestif. Penjualan ini dilakukan dengan cara memberikan rekomendasi menu pendamping yang tepat terhadap menu utama yang dipilih oleh pelanggan.

Strategi penjualan sugestif berhasil memiliki dampak positif pada laba. Cross selling dan up selling merupakan beberapa cara yang dipraktikkan untuk melakukan penjualan sugestif.

Latih karyawan untuk selalu bertanya kepada pelanggan apakah mereka ingin menambahkan lebih banyak pesanan. Gunakan teknik ini untuk memperkenalkan barang baru dengan harga diskon kepada pelanggan.

5. Menggunakan Jasa Delivery Online

Sudah hal umum saat ini delivery makanan online digunakan masyarat. Kita bisa menggunakan kesempatan ini dengan bekerja sama dengan platform delivery online untuk melakukan pengantaran pesanan.

Jasa delivery penting, karena makin banyak orang yang senang melakukan take away ketimbang minum kopi di cafe.

Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengantaran adalah kemasan yang baik. Minuman rentan untuk tumpah, sehingga harus memastikan kemasan kopi aman.

6. Tingkatkan Penampilan Interior

Selain sinyal Wi-Fi kencang, hal lain yang membuat pengunjung betah adalah desain interior cafe yang menarik. Kita pun perlu punya konsep yang jelas dalam menata desain interior.

jika kita ingin menggambarkan lingkungan yang nyaman atau tampilan yang lebih modern, kita bisa evaluasi kembali dekorasi ruangan, mana yang perlu ditambah atau dikurangi.

Kelebihan memiliki interior yang menarik dan Instagrammable, pengunjung akan berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Secara tidak langsung, mereka jadi memasarkan bisnis cafe-mu juga.

Penutup

Itulah detail rincian modal untuk buka cafe berdasarkan kategorinya beserta tips strategi membuka bisnis cafe. Cafe bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa kita pilih. Dengan kebutuhannya yang tidak disedikit di masyarakat, cafe bisa menjadi ide usaha yang menguntungkan. Semoga bermanfaat!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

3 comments

  1. Baca judulnya auto pengen buka cafe, tapi dipikir2 lagi kayanya belum cukup ilmu ni akunya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil memyelam minum air kak 🤭 atau coba buka franchise dulu

      Delete

Post a Comment