header Quarter Miles Journal

Cara Beli Bitcoin di Indonesia, Legal dan Mudah untuk Pemula!

11 comments
Konten [Tampil]
beli bitcoin

Bagaimana cara beli bitcoin di Indonesia? Sejak beberapa tahun silam, investasi aset kripto sedang marak dan digemari investor di Indonesia. Sebagai pemula yang ingin berinvestasi aset kripto, tentu kita bertanya-tanya bagaimana cara membeli dan menjual bitcoin di Indonesia yang legal dan mudah.

Sebelum beranjak lebih jauh tentang cara beli bitcoin di Indonesia, adakah yang belum mengenal tentang apa itu aset kripto? Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 5 Tahun 2019 Pasal 1, aset kripto adalah komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital aset, menggunakan kriptografi, jaringan peer-to-peer, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Beberapa jenis aset kripto populer di Indonesia, yang juga telah ditetapkan dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 7 Tahun 2019 adalah bitcoin, ethereum, theter, binace coin, dan XRP.

Bitcoin sendiri adalah aset kripto yang paling banyak diminati. Selain sebagai mata uang kripto pertama, bitcoin juga merupakan mata uang kripto terbesar saat ini.

Cara Beli Bitcoin di Indonesia

Untuk memulai berinvestasi bitcoin, pemula tentu wajib tahu cara beli bitcoin di Indonesia. Penting pula mengetahui di mana beli bitcoin yang legal dan aman di Indonesia.

Berinvestasi pada platform yang legal dan aman sangat penting karena platform yang legal, segala aktivitas perusahaannya akan diawasi di Indonesia. Sehingga, saat berinvestasi kita tidak dirugikan dan perusahaan dapat dimintai pertanggungjawabannya jika terjadi masalah.

Dalam hal ini, platform legal adalah platform yang sudah memiliki izin usaha yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sampai dengan saat ini, Bappebti sudah menerbitkan izin pada 13 platform perdagangan kripto di Indonesia.

Salah satunya adalah PT Indodax Nasional Indonesia. Indodax merupakan salah satu exchanger crypto terbesar di Asia Tenggara. Jadi, buat teman-teman pemula yang ingin terjun ke dunia aset kripto, bisa menginvestasikannya melalui Indodax.

Kenapa harus Indodax?

indodax

Selain sudah memiliki izin dagang, Indodax juga diawasi langsung oleh Bappebti dan Kemkominfo. Platform jual beli aset kripto yang sudah berdiri sejak tahun 2014 ini, memiliki lebih dari 200 koin aset kripto dengan 5,6 juta member yang sudah terdaftar.

Berikut adalah layanan Indodax yang bisa kita nikmati :

1. Memiliki harga terjangkau. 

Indodax memberikan harga yang terjangkau dalam market dengan memberikan keuntungan tanpa harus takut untuk memulai.

2. Instant. 

Membeli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menajdi Rupiah secara instant.

3. Biaya tradding terjangkau

Biaya tradding dan prosentase penarikan mulai dari 0%.

4. Transaksi 24 jam. 

Teman-teman bisa melakukan transaksi kapanpun dan di mana pun, karena Indodax memiliki layanan dengan aktivitas pasar 24 jam non stop setiap harinya.

5. Mudah digunakan. 

Transaksi melalui Indodax lebih mudah karena tersedia dalam bentuk website resminya ataupun aplikasi mobile.

6. Aman dan terlindungi. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indodax sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Bappebti dan Kemkominfo.


10 Langkah Mudah Cara Beli Bitcoin di Indodax

indodax

Setelah memahami dan yakin bahwa Indodax menjadi tempat teman-teman berinvestasi aset kripto yang legal dan aman, berikut adalah 10 langkah mudah cara beli bitcoin di Indonesia melalui Indodax :

1. Membuat akun Indodax melalui laman www.indodax.com, klik daftar akun.

2. Mengisi semua kolom data yang diperlukan, klik daftar. Jangan lupa, sebelum klik daftar, pastikan teman-teman sudah membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang harus disetujui.

3. Setelah mendaftar, teman-teman akan mendapat link verifikasi melalui email dan phone number yang terdaftar. Klik verifikasi email dan phone number untuk masuk ke akun Indodax.

4. Setelah muncul laman log in, masukan nama akun dan password terdaftar.

5. Teman-teman akan diarahkan ke halaman akun, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah klik verifikasi akun pada dashboard untuk bisa mengisi saldo. Isi kolom form dengan data yang dibutuhkan sesuai identitas diri, klik submit.

6. Setelah data terverifikasi oleh Indodax, isi saldo ke akun dengan cara klik saldo, lalu klik top up/ WD.

7. Sudah isi saldo? Waktunya jalan-jalan ke marketplace untuk mengetahui macam-macam digital aset yang terdaftar di Indodax beserta harga terakhirnya.

8. Pilih aset digital Bitcoin (BTC)

9. Pilih metode pembelian, Indodax memiliki 3 metode pembelian antara lain:

  • Metode Limit Order, yaitu fitur untuk membeli atau menjual aset pada harga dan jumlah tertentu.  Jika teman-teman akan menggunakan metode pembelian limit order, masukan jumlah yang akan digunakan untuk membeli bitcoin dan limit harga pada kolom yang disediakan, lalu klik Beli Bitcoin. Selanjutnya, orderan akan diproses dan akan ditampilkan pada order book. Dalam order book akan ditampilkan daftar harga dan antrian beli atau jual bitcoin sesuai dengan limit harga yang dipilih.
  • Metode Market Instant, yaitu membeli atau menjual bitcoin secara langsung. Menggunakan market instant ini lebih simpel dan cepat. Cara menggunakan metode market instant teman-teman hanya perlu mengisi jumlah Rupiah yang akan digunakan untuk membeli bitcoin, lalu klik Beli Bitcoin. Jumlah rupiah ini akan otomatis ditukarkan dengan bitcoin setelah klik estimasi.
  • Metode Stop Order, yaitu fitur di mana dapat bertransaksi tanpa perlu mengkhawatirkan naik turuh harga pada aset yang dipilih, karena pada fitur ini, transaksi digital akan dilakukan saat harga terakhir mencapai stop price. Jadi, sebelumnya, teman-teman sudah memasang nilai stop price terlebih dahulu. Sayangnya, metode ini hanya dapat digunakan pada beberapa aset digital saja.
Sudah yakin akan memilih metode pembelian yang mana? Pilih yang menurut teman-teman mudah dan dipahami, ya!

10. Setelah transaksi berhasil, bitcoin balance akan otomatis muncul di akun balance pada menu Wallet dengan aset bernama Bitcoin.


Bagaimana? Mudahkan cara membeli bitcoin di Indonesia melalui Indodax?

Di Indodax, teman-teman pun bisa memulai investasi bitcoin dengan modal Rp 10,000 saja. Bitcoin ini dapat dibeli dalam satoshi, di mana nilai 1 satoshi setara dengan 0,00000001 BTC. Waw, sudah siap menyisihkan rupiah untuk membeli bitcoin?

Keuntungan Investasi Bitcoin


investasi bitcoin

Mengapa kita memutuskan untuk berinvestasi? Tentu ingin mendapatkan keuntungan dari hasil investasi. Nah, berikut adalah keuntungan dari investasi bitcoin menurut Indodax Academy :

1. Bitcoin banyak diminati trader

Dengan jumlah maksimum bitcoin sebanyak 21 juta koin, bitcoin memiliki persedian terbatas. Pasalnya, hingga saat ini, sudah lebih dari 18 juta koin yang sudah ditambang.

2. Dapat diterima luas

Sebagai mata uang kripto pertama bitcoin menjadi koin yang paling banyak diterima dan sangat populer secara global.

3. Sebagai alat pembayaran

Bitcoin sudah banyak dijadikan sebagai alat pembayaran, terutama dalam hal transaksi jual beli online di sejumlah e-commerce, misalnya di Amazon dan eBay. Bahkan, di sejumlah negara, BTC sudah menjadi alat pembayaran yang sah.

4. Memiliki Likuiditas Tinggi

Keuntungan lainnya, Bitcoin memiliki likuiditas tinggi di dunia perdagangan aset kripto.

5. Memiliki Potensi Pengembalian Besar

Investasi bitcoin memiliki potensi pengembalian pasar atau kemungkinan menghasilkan keuntungan jauh lebih tinggi dibanding return pada investasi tradisional, seperti saham.

6. Tidak Ada Mediator

Dalam transaksi Bitcoin tidak ada mediator atau pihak yang menjadi perantara atau sistem yang mengatur secara terpusat. Transaksi bitcoin memiliki sifat tidak terpusat tetapi terdistribusi secara luas dan terbuka secara umum.

7. Masa Depan Crypto yang Cerah

Banyak pakar menilai bahwa masa depan crypto, termasuk Bitcoin, dinilai akan cerah dan masih terus berkembang. Bitcoin menjadi alternatif investasi yang lebih aman dan menjanjikan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Bitcoin akan menjadi alat tukar masa depan yang digunakan secara global.

Penutup

Itulah cara beli bitcoin di Indonesia mudah bukan? Pastikan memilih platform investasi yang aman dan terpercaya seperti Indodax. Sebelum berinvestasi, alangkah baiknya teman-teman juga mempelajari dahulu segala sesuatu tentang investasi uang digital di Indodax. Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa teman-teman manfaatkan untuk belajar trading crypto dari nol tentang investasi uang digital. Baru deh, setelah paham teman-teman bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi ataupun di mobile Apps yang merupakan Indonesian Bitcoin dan Crypto Exchange.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

11 comments

  1. wah mulai dari Rp 10.000? mau ah
    udah lama pingin invest bitcoin karena percaya nilainya bakal sangat menjanjikan
    dan ternyata semudah itu beli bitcoin di Indodax

    ReplyDelete
  2. Nah iya pilih platform yang legal dan aman saat berinvestasi agar tidak dirugikan dan perusahaan dapat dimintai pertanggungjawabannya jika terjadi masalah nanti

    ReplyDelete
  3. Bitcoin menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dilirik akhir akhir ini ya mbak.
    Selama sudah belajar dan tahu dimana tempat investasi yang terpercaya, boleh boleh aja investasi bitcoin ini

    ReplyDelete
  4. Indodax membantu pencari bitcoin dwngan mudah keberadaannya. Saya belum mengenal lebih Bitcoin.

    ReplyDelete
  5. Beli dengan cara legal tentunya lebih nyaman, karena aman ya kak.
    apalagi bila nantinya untuk diinvestasikan

    ReplyDelete
  6. Belakangan bitcoin sudah diizinkan beredar di Indonesia. Artikel ini membantu sekali bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang bitcoin

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata crypto, termasuk Bitcoin bisa menjadi alternatif investasi yang lebih aman dan menjanjikan ya.

    ReplyDelete
  8. Iyaya, kini ada Indodax yang bisa bantu membeli bitcoin sebagai investasi cerah untuk masa depan. Selain aman, mudah dan legal, maka keunggulan Indodax ini membuat hati nyaman dalam bertransaksi.

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah punya pengalaman tentang bit coin dkk. Tapi dari dulu penasaran sama bit coin. Dari tulisan ini aku banyak belajar.... Makin penasaran nih... hehehe semoga dimudahkan untuk mulai bisnis di bidang ini ya

    ReplyDelete
  10. Semenjak kasus para "sultan" yg akhirnya ditangkap itu bikin makin aware soal investasi yg aman. Makasih utk info lengkapnya yaa Mba

    ReplyDelete
  11. Kalau ada marketplace seperti ini kan jadi tenang ya kak, andai kita mau melakukan transaksi krypto. Indodax sudah lama berdiri dan sudah melayani jutaan pelanggan

    ReplyDelete

Post a Comment