header Quarter Miles Journal

Stop Jual Beli, Sebelum Baca Buku Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini!

Post a Comment
Konten [Tampil]
review buku
Jual beli merupakan aktivitas ekonomi dalam Islam yang sudah ada dari zaman Nabi. Hingga saat ini, di era digital jual beli pun sudah semakin modern dan lebih mudah. Namun, dalam Islam melakukan jual beli tentu ada hukumnya. Islam telah mengatur transaksi jual beli sesuai dengan prinsip-prinsip etika dan hukum syariah. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan keadilan, keseimbangan, dan kejujuran dalam berbisnis.

Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi jual beli alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu prinsip dan hukum syariah jual beli dalam Islam. Baik sebagai pelaku penjual maupun pembeli. Lalu, apakah Islam telah mengatur hukum jual beli yang sudah semakin variatif dan modern di era digital? Beruntungnya, Islam telah mengatur semua dalam Qur’an dan Hadits yang dapat digunakan sepanjang masa dan dalam situasi apapun.

Untuk mempelajari hal itu, aku menemukan sebuah buku yang bisa teman Journey gunakan sebagai literatur mengenal hukum jual beli dalam Islam, yaitu Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini.

Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini

“Semoga hadirnya Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini ini mampu meningkatkan literasi keuangan anak-anak usia sekolah. Materi yang disampaikan dengan jelas dan disertai ilustrasi menarik dan penggunaan teknologi Augmented Reality sangat sesuai dengan gaya belajar generasi digital. Kemampuan anak-anak mengidentifikasi konsep dasar ekonomi serta membuat keputusan ekonomi sesuai dengan prinsip syariah merupakan basis pembangunan ekonomi yang bisa membuat negara kita kuat dan berdaulat. “ - Anies Baswedan, PhD - Gubernur DKI Jakarta

Identitas Buku :

Judul Buku : Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini
Penulis : Ratna Chandra Sari, Novita Nurbaiti
Cover & Editor : Dewinta Syifa A & Mimin Nur Aisyah
Tata Letak & Pemeriksa : Tim Ihsan Kids
Cetakan : Pertama, Maret 2022/ Syaban 1443 H
Penerbit : Ihsan Kids (Ihsan Media Penerbit)
Halaman : 56 Halaman
ISBN : 978-623-6887-30-1
review buku

 

Daftar Isi Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini

1. Apa Gharar itu?

2. Bolehkah membeli barang melalui online shop?

3. Titip beliin dong’

4. Transportasi online

5. Pesan dulu, bolehkah?

6. H,O, E…. Kurang huruf r

7. Hore dapat hadiah

8. Ada diskon

9. Apa itu riba?

10. Yuk belajar sejarah riba!

11. Ada apa dengan barang ribawi?

12. Riba fadhl, hati-hati berjual beli

13. Riba jahiliah

14. Menunggu panen tiba

15. Kejar koruptor

16. No Risywah

17. Virus corona dari kelelawar? Takut

18. Ghisysy : sembunyikan yang buruk

19. Menimbun masker

20. Permainan kartu remi

21. Hadiah dari uang pendaftaran, bolehkah?

22. Jangan bermain dadu!

23. Sayangi hewan

Review Buku Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini

Bagi umat muslim, transaksi jual beli ataupun aktivitas ekonomi lainnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari, sangat penting untuk menjaga agar tetap sesuai dengan prinsip etika dan hukum syariah. Tentunya, ada hikmah dibalik semua yang sudah Allah atur dalam hukum syariah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita mengenal finansial syariah, agar terhindar dari jual beli atau aktivitas ekonomi dalam kehidupamn sehari-hari yang diharamkan oleh Allah.

Ensiklopedia Cerdas Finansial Syariah Sejak Dini merupakan media pembelajaran literasi keuangan syariah yang pas untuk dibaca. Meskipun dikhususkan untuk kalangan usia sekolah dasar, buku ini cocok untuk dipelajari segala usia. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan ilustarsi yang menarik, namun isinya tepat sasaran.

Apalagi, buku ini dilengkapi dengan aplikasi Augmented Reality yang dapat menampilkan animasi 3D, sehingga anak dapat belajar literasi keuangan syariah dengan seru dan menyenangkan. Jika teman Journey membutuhkan literasi keuangan syariah, aku rekomendasikan buku ini untuk dibaca.

Meskipun hanya memiliki 56 halaman, tapi isinya super lengkap dan disesuaikan dengan perkembangan jual beli yang semakin bervariasi.

Yuk, dapatkan keberkahan dengan melakukan hal-hal yang disyariatkan Allah.



Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment