header Quarter Miles Journal

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia

Post a Comment
Konten [Tampil]
pos software indonesia

Di era digital saat ini, pelaku bisnis sangat terbantu dengan banyaknya teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola bisnis. Salah satunya adalah dengan menggunakan POS software atau Poin Of Sale. Banyak pilihan POS software Indonesia yang dapat dipertimbangkan. Namun, apa itu POS software?

POS (Point of Sale) software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memproses transaksi dalam beragam bisnis. Tak hanya membantu kelancara dalam transaksi bisnis, POS software juga digunakan untuk mengelola inveentaris atau stock barang, membuat laporan keuangan, serta memantau jalannya bisnis.

POS software akan membuat jalannya bisnis lebih efektif dan efisien. Terlebih lagi semua aktivitas bisnis dapat dipantau secara real-time dari mana saja. Dengan sistem berbasis cloud, data yang tersimpan pun lebih aman.

Dengan banyaknya aplikasi POS, teman Journey perlu memilih POS software yang tepat untuk digunakan dalam bisnis teman Journey. Misalnya, fitur-fitur yang ditawarkan, kelebihan dan kemudahan penggunaan, ataupun harganya.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang 10 rekomendasi POS Software terbaik di Indonesia yang dapat digunakan dalam mengelola bisnis teman Journey.

10 Rekomendasi POS Software Terbaik di Indonesia


Meski memiliki fungsi yang sama, namun setiap aplikasi POS tentunya memiliki fitur-fitur berbeda yang menjadi keunggulannya masing-masing. Berikut adalah 10 rekomendasi POS software terbaik di Indonesia.

1. Koneksi

pos software koneksi



Post Software Koneksi memiliki sistem POS yang terdiri dari penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak dalam memproses pembayaran, mencatat transaksi penjualan, serta mengelola investasi. Perangkat keras di sini terdiri dari komputer, barcode scanner, printer, dan kasir. Sedangkat untuk perangkat lunak dari sistem POS Koneksi meyediakan berbagai fitur-fitur sebagai berikut :

  •  Laporan Penjualan

Dengan fitur laporan penjualan, sistem POS Koneksi akan menyediakan laporan penjualan yang akurat dan terperinci. Hal ini akan membantu mengetahui performa penjualan dan mengambil keputusan bisnis teman Journey dengan lebih baik.

  • Pemrosessan Pembayaran


Kemudahan dalam proses pembayaran dengan berbagai metode, seperti pembayaran menggunakan kartu kredit, tunai, dan mobile payment.

  • Manajemen Produk


Fitur ini dapat membantu bisnis teman Journey dalam mengelola daftar penjualan produk yang meliputi mengubah harga produk, menambahkan produk baru, serta menghapus produk yang sudah tidak dijual lagi.

  • Pelacakan stok


Seperti namanya, fitur pelacakan stock dapat dimanfaatkan untuk melacak stok produk yang ada, sehingga stok yang sudah hampir habis bisa segera dibeli kembali.

  • Terintegrasi dengan sistem pembayaran online


Dengan sistem yang terintegrasi pembayaran online, pelanggan bisa membayar dengan mudah melalui aplikasi mobile ataupun website.

  •  Pembayaran mobile


Pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile payment seperti Google Pay atau Apple Pay.

  • Self-checkout


Fitur self-checkout memudahkan pelanggan untuk melakukan checkout sendiri dengan menggunakan perangkat mobile atau kios self-checkout yang tersedia di toko.

Teman Journey bisa mendapatkan demo gratisnya jika ingin mencobanya terlebih dahulu.

2. Moka POS

moka pos



Software POS terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Moka POS. Software POS yang merupakan bagian dari GOTO Group ini, terbilang populer dikalangan pebisnis di Indonesia dalam mengelola bisnisnya.

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan Moka POS :

· Terintegrasi dengan beberapa platform, seperti Tokopedia, Shopee, Go Store, FB, IG Shop, Google Shopping, dll sehingga mudah dalam memproses transaksi.

· Fitur kelola pelanggan, dengan fitur ini Moka POS memiliki kontrol terkait dengan durasi waktu pelanggan yang berada di merchant, jenis menu yang dipesan, bahkan posisi duduk pelanggan.

· Manajemen pengelolaan stok yang dapat memantau ketersediaan produk dengan mudah, juga menambah list barang.

· Fitur sistem pelacakan yang akan memudahkan dalam mengawasi operasional cabang bisnis tanpa perlu berkunjung secara langsung.

· Fitur pembayaran elektronik atau penggunaan e-wallet.

· Moka POS juga memiliki fitur manajemen karyawan serta kelola laporan keuangan harian yang lebih mudah

Haega berlangganan Moka POS perbulan adalah Rp. 290.000- Rp. 799.000 per outlet dengan gratis biaya pemasangan.

3. Pawoon POS

pawoon pos



Aplikasi POS Pawoon merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan transaksi binis dengan lebih efisien. Proses transaksi ini dapat dilakukan pelaku usaha baik secara online maupun offline. Ada berbagai fitur dan kelebihan yang diberikan oleh Pawoon POS, diantaranya :

- Fitur analysis dan repot, Pawoon POS memiliki analisis data penjualan yang akurat dan data yang lengkap. Dengan adanya koneksi jaringan internet, data bisnis utama dapat diakses oleh pelaku usaha kapan saja dan di mana saja dengan berbagai jenis perangkat.

Pawoon POS juga memberikan jaminan keamanan terhadap pencurian dan kerusakan data. Hal ini dikarenakan data bisnis akan disimpian di beberapa server eksternal bisnis.

- Fitur manajemen operasinal ; fitur ini memungkinkan pelaku usaha mengelola penjualan dengan mudah sehingga dapat meningkatkan efisien operasional dan penjualan. Pawoon POS juga dapat memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat serta pembaruan sistem tanpa perlu waktu henti yang lama

Terlebih lagi, Pawoon POS dirancang untuk pengoperasian di perangkat mobile sehingga tidak membutuhkan perangkat seperti mesin kasir.

- Supply & Inventory ; fitur ini memungkinkan pelaku usaha mengelola stok barang, mengatur harga, produk, serta promosi dengan antarmuka yang intuitif.

- Metode Pembayaran yang bervarias ; aplikasi ini didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti e-wallet, kartu kredit, debit, dan tunai. Sehingga proses pembayaran bisa dilakukan dengan lebih cepat.

- Fitur cetak struk ; fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Pawoon POS yaitu adanya cetak struk untuk pelanggan dan fitur pengiriman struk melalui email.

Untuk harga berlangganan, Pawoon POS menyediakan 3 paket langganan yang bisa dipilih, yaitu paket gratis dengan transaksi yang di batasi, yang kedua terdapat paket basic dengan biaya langganan RP. 299.000 per bulan, yang terakhir adalah paket pro dengan biaya layanan RP 599.000 perbulan.

4. Majoo POS

majoo pos



Rekomendasi POS Software lainnya adalah Majoo POS. Majoo merupakan aplikasi POS yang sudah digunakan lebih dari 40.000 pelaku usaha. Dengan layanan dukungan tekniks yang responsif, Majoo menawarkan fitur yang terbilang lengkap. Fitu-fitur tersebut diantaranya :

  • Fitur kasir online
  • Fitur pengelolaan akuntansi,
  • Fitur aplikasi CRM,
  • Manajemen karyawan,
  • Manajemen inventori,
  • Analisa bisnis,
  • Terintegrasi dengan berbagai toko online.

Biaya langganannya Majoo POS per bulan adalah RP. 249.000- Rp.999.000.

5. Olsera

olsera pos


Menurut berbagai sumber, aplikasi Olsera menjadi primadona bagi pelaku UKM di Indonesia. Software POS Olsera dapay diakses secara bersamaan dalam beberapa perangkat sekaligus, sehingga membuat aplikasi ini sangat fleksibel.

Dengan menawarkan layanan booking online untuk mencegah antrian panjang, Olsera memberi pelayanan yang semakin profesional serta kenyamanan yang dapat dinikmati customer.

Berikut fitur dan keunggulan lain dari Software POS Olsera :

- Memiliki fitur lengkap dalam mengelola data penjualan, membuat laporan lebih mudah, dan mengelola stok barang lebih detail.

- Laporan yang detail untuk memudahkan pelaku usaha mengetahui perkembangan bisnisnya.

- Fitur pembacaan barcode

- Mencatat IMEI dalam penjualan

- Fitur transfer stok

- Fitur loyalti program

- Harga langganan yang terjangkau, yaitu Rp 128.000/bulan untuk paket Basic, dan Rp 218.000/bulan untuk paket Premium

6. Hashmicro

hashmicro pos

Dengan menggunakan user interface yang sederhana, Software POS Hashmicro menawarkan berbagai fitur berikut :

- Fitur mobile dan self checkout sehingga membantu mengelola transaksi penjualan dengan lebih cepat

-Fitur stock transfer

- Analisa Penjualan ; Olsera memungkinkan pemilik usaha mendapatkan analisa penjualan dan laporan penjualan seacara akurat dan real-time di seluruh cabang secara otomatis di mana pun dan kapan pun.

- Metode Pembayaran beragam, metode pembayaran dapat dipilih pelanggan, seperti tunai, kartu kredit dan mobile payment.

- Diskon dan Promosi, fitur ini menawarkan promosi dan diskon kepada pelanggan secara otomatis saat transaksi

- Sales history atau Laporan transaksi: software POS bisa menyimpan laporan transaksi pelanggan sehingga pelanggan bisa mengecek riwayat belanja mereka kapan saja.

7. iREAP POS Pro


iREAP POS Pro merupakan sebuah aplikasi kasir atau point of sale yang dikembangkan oleh iREAP. Kepopulerannya membuat aplikasi ini menjadi rekomendasi software POS terbaik di Indonesia.

Fitur-fitur iReap POS Pro, diantaranya :

- Metode pembayaran yang beragam

- Laporan penjualan secara otomatis,

- Mengontrol stok barang

- Fitur untuk mengelola harga barang.


8. Oktopus POS

oktopus pos

Aplikasi Oktopus POS ini merupakan aplikasi POS berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah. Sistem Pos dapat diakses melalui perangkat yang dapat terhubung dengan internet, sepertu laptop, HP, tablet, ataupun PC.

Fitur Oktopus POS, diantaranya :

· Fitur Membership & reward program.

· Fitur pelacakan

· Beragam metode pembayaran

· Laporan penjualan dan closing reports.

9. Kasir Pintar

kasir pintar



Kasir Pintar dirancang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pelaku UKM. Dalam aplikasi ini menyediakan fitur yang mencakup catatan penjualan, inventori, pengelolaan karyawan dan cabang, pembuatan laporan, dan fasilitas toko online.

Kasir Pintar pun menawarkan paket free yang dapat diunduh secara gratis. Sedangkan untuk paket Pro, Kasir Pintar menawarkan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 55.500/bulan.

Tak mau kalah dengan aplikasi kasir lainnya, Kasir Pintar hadir dengan sederet keunggulan yang ditawarkan untuk penggunanya.

10. Kledo POS

kledo pos



Rekomendasi software POS yang terakhir adalah Kledo POS. Software kasir Kledo memiliki fitur lengkap yang bisa diintegrasikan ke software akuntasi Kledo dan software payroll GajiHub.
Fitur-fitur Kledo POS :

- Mengelola Investaris ; pengguna dapat dengan cepat menambahkan produk baru, mengatur kategori produ dan melacak stok barang secara real-time.

- Fitur manajemen pelanggan di mana pengguna dapat melacak riwayat pembelian pelanggan, bahkan memberikan promosi dan diskon khusus untuk pelanggan.

- Fitur analisis penjualan yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi tren penjualan, serta mengukur kinerja produyk sehingga pemilik usaha dapat mengoptimalkan strategi penjualannya.

- Fitur enkripsi data dan akses terbatas dimana memberikan keamanan untuk melindungi data bisnis.

- Terintegrasi dengan e-commerce

Untuk biaya langganan bulanan Kledo hanya memberikan biaya layanan Rp30.000 per outlet dengan durasi kontrak 3 bulan, 6 bulan, dan tahunan

Penutup


Itulah 10 rekomendasi POS software Indonesia terbaik yang dapat teman Journey pertimbangkan. Namun, teman Journey perlu memperhatikan hal ini dalam mempertimbangkan memilih POS software, yaitu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, kemudahan penggunaan, ketersediaan layanan pelanggan, keamanan data, serta dapat diintegrasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak lainnya.

Teman Journey bisa menggunakan POS software Koneksi untuk mengembangkan bisnis ritel teman Journey. Selain itu, untuk menciptakan strategi bisnis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, teman Journey bisa menggunakan software CRM Koneksi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang software ERP, teman Journey bisa langsung menuju laman Koneksi. Semoga bermanfaat!


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment