header Quarter Miles Journal

Bertemu Seeput, si Sahabat Pena

3 comments
Konten [Tampil]
seeput si sahabat pena di era teknologi


Di era teknologi ini, aku menemukan Seeput, si sahabat pena. Kenapa aku bilang di era teknologi? Karena dulu sahabat pena diartikan sebagai teman nun jauh di sana yang kita tidak pernah bertatap muka dan hanya saling bertukar surat. Di era teknologi ini, kami tak saling bertukar surat. Kami hanya bertukar tulisan tentang dunia kami melalui blog. Ya, melalui blog, aku menemukan si Seeput.

Sebenarnya sudah lama kami satu komunitas di Komunitas Blogger Bengkel Diri, dan sama-sama alumni kelas Bengkel Diri Level 1 & Bengkel Diri Level 2. Hanya saja, aku tidak pernah memperhatikan hehehe. Sampai akhirnya kami dipertemukan oleh Blogspedia Coaching for Newbie. Tulisan pertamanya yang aku baca adalah tentang “Why Blogging”.

Entah kenapa aku merasa tulisannya nyaman di baca. Mengalir. Ditambah lagi, alasannya menulis blog yang aku rasa “aku banget” hehehe. Kami sama-sama suka menulis di notebook. Setelah notebook sama-sama menulis di notes Facebook (sekarang sudah tidak ada fitur notes dalam Facebook). Bedanya aku tidak mengenal tumblr, sedangkan Seeput lebih dulu memakai platform tumblr. Dan, seketika itu juga aku berbinar-binar, dan berkata “Wah, ini dia Seeput, sahabat penaku!”

Kenalan yuk dengan si Seeput 😊

Seeput itu Siapa sih?

Seeput adalah sebuah blog impian dari seorang perempuan bernama Puput Maulani Mariam. Partner in crime di blogspedia coaching for newbie :D. Seorang sarjana Teknik Informatika yang saat ini menggeluti dunia tulis menulis. Seeput adalah salah satu media si puput menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan.

Mau tau kenapa dinamakan seeput? Seeput ini berasal dari kata See & Puput. See the world from puput’s view adalah kalimat yang memaknai kata Seeput. Kita sapa mojang Bandung ini dengan sebutan Kak Puput yuk.

Lifestyle blog yang Kak Puput bangun ini menurutku kaya akan kata yang membuat kita nyaman ketika membaca setiap tulisannya. Gaya bahasa yang sederhana, mengalir seakan kita sedang mengobrol bertatap muka dengannya. Penasaran dengan Kak Puput? Penasaran seperti apa rupa Kak Puput atau Penasaran dengan tulisan-tulisannya? Pasti dua-duanya dong yah. Ini dia aku kenalin Kak Puput Maulani Mariam, si Seeput, sahabat penaku. 

about seeput profile

Nah kalau kalian penasaran dengan tulisan-tulisan Kak Puput, boleh ya kalian mampir ke Seeput World. 

Seeput Terbitin Buku Loh

Tak hanya berhenti sekedar menulis blog, Kak Puput juga sudah menerbitkan beberapa buku antologi loh. Di tahun 2020 ini, ada 7 buku Antologi yang Kak Puput tulis di dalamnya. Beberapa buku tersebut di antaranya :
1. Penulis buku antologi puisi Pecandu Aksara
2. Penulis buku antologi Tabungan Doa
3. Penulis buku antologi Parentouch
4. Penulis buku antologi 1000+ Alasan Tetap Menulis Setiap Hari
5. Penulis buku antologi Menabung Sabar dan Ikhlas
6. Penulis buku antologi The Journey Journal: Catatan Perjalanan Ibu Penjelajah
7. Penulis buku antologi Menabung Cinta Untuk Orangtua
Ada beberapa dari judul di atas yang masih dalam tahap percetakan.


7 buku antologi seeput
Cover Buku Antologi Seeput

Keren kan si Seeput ini. Di tahun 2020 sudah ada 7 judul buku Antologi yang Kak Puput tulis. Manakah judul buku yang bikin bloggers penasaran?

Cerita sedikit pengalaman kak puput menerbitkan ke-7 buku di atas ya. Jadi, Kak Puput kali pertama mengikuti event sayembara menulis 900 kata dalam waktu 1x24 jam yang diadakan oleh komunitas @nulisyuk di instagram. Biidznillah, naskah yang Kak Puput sertakan lolos dan bisa masuk buku antologi Tabungan Doa.

Dari situlah Kak Puput ketagihan mengikuti event-event menulis buku Antologi. Sampai akhirnya ada 7 buku antologi yang menyertakan naskah Kak Puput. Doakan Kak Puput menerbitkan buku solonya ya, bloggers!

Kulik Blog Impian Kak Puput 

Tak kalah rasa penasaranku dengan buku antologi Kak Puput, aku pun penasaran dengan kisah blog Seeput yang Kak Puput bangun. So, akupun mencoba mencari tahu, bagaimana sih blog impian kak Puput? Agar lebih mendalam kenal dengan Kak Puput, aku akan berbagi kisah Kak Puput dalam sepucuk tulisanku hehehe

 Apa sih Arti Seeput Untuk Kak Puput?

Buat kak Puput, Seeput itu seperti personal chamber. "Seeput harus cozy, harus nyaman, dan tentunya harus didekorasi dengan hal-hal yang it’s so me." Terang Kak Puput.
Bagi Kak Puput, Seeput juga menjadi tempat aktualisasi diri untuk seorang Puput yang menyukai dunia tulis-menulis. Seeput menjadi tempat untuk mengambil jeda sejenak, setelah setiap hari berkonflik dengan balita mungilnya hehehe.
Hmmm… "it’s so me" too Kak. Hahaha apalagi sambil di temani Ice Coffe Latte, mantuls !

Apa ya kira-kira tujuan Kak Puput nge-blog?

Kata Kak Puput nih, tujuannya ngeblog berubah dari tahun ke tahun hahaha kok bisa? Simak cerita Kak Puput, yuk!
9 tahun lalu, pertama kali kak Puput kenal blog dengan platform tumblr, tujuan kak Puput ngeblog cuma untuk curhat. Curhat susahnya mata kuliah fisika terapan, curhat cape nya memahami algorita pemrograman, dan tentunya curhat tentang mantan pacar yang sekarang sudah menjadi suaminya wkwk. 
"Tumblrku dulu itu bener-bener mendeskripsikan gairah masa muda yang duniawi banget." Katanya renyah. Hahaha 
Duh ka, “aku banget” juga, tapi akhirnya blogku tentang curhatan masa remaja itu kukubur dalam-dalam karena malu lihat isinya hahaha. Oke balik lagi ke cerita kak Puput.
Sekarang, setelah hampir 1 dekade berlalu, bisa dibilang tujuan ngeblog Kak Puput berubah banget. "Dari bengkel diri aku belajar, bahwa menulis adalah surga dan neraka. Apa yang kita tulis, tidak akan luput dari hisab."
Jadi kak Puput ingin memastikan, meskipun tulisan Kak Puput masih ada yang menyerempet curhat, tapi harus ada nilai kebaikan di dalamnya.

Wah, jadi terbuka juga pikiranku. Sudahkah aku menulis hal yang bermanfaat? Bagaimana denganmu bloggers?

Kenalan sama niche Seeput yuk

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas, Kak Puput memilih membangun lifestyle blog sebagai niche atau ruh dari Seeput. Kenapa? Karena Kak Puput ingin menceritakan berbagai hal dalam kehidupan dari sudut pandang Kak Puput tanpa adanya pembatasan pada tema yang akan Kak Puput Tulis.
Soon, aku ingin membuat lifestyle blog juga, wkwkwk seperti Kak puput, banyak hal yang ingin aku ceritakan juga selain tentang travel. 

Nah, beberapa concern lifestyle yang kak Puput ambil diantaranya, tentang :
1. Lifestyle. Di kategori ini, kak Puput akan menulis artikel-artikel tentang pola makan yang sehat, tips menjaga berat badan, tips betah di rumah selama pandemi, tips manajemen waktu, dan lain-lain.
2. Parenting. Di kategori ini, Kak Puput akan menulis artikel-artikel tentang ide kegiatan main anak, DIY mainan anak, resume webinar parenting yang aku ikuti, dan lain-lain.
Emmm… apakah kak Puput juga seorang Montessori enthusiasm seperti aku? Hehehe
3. Beauty. Di kategori ini, Kak Puput akan menulis artikel-artikel tentang skincare routine, cara memilih skincare, review produk kecantikan, dan lain-lain.

Jatuh bangun Kak Puput membangun blog impian Seeput

Ketika akan membangun sebuah impian, tak ada jalan yang mulus-mulus saja. Begitu pula dengan Kak Puput, dalam membangun si Seeput, Kak Puput juga tak luput dari ketidak mulusan hehehe
Konsistensi dan Disiplin diri. Hal yang menjadi kendala buatku juga sih ini. 
Walaupun menurut Kak Puput tidak ada faktor external yang menjadi kendala baginya, karena alhamdulillah suami Kak Puput bukan hanya support soal skincare, tapi juga support soal pengembangan diri istrinya. Memperbolehkan istrinya belajar banyak hal, mengikuti berbagai kelas pengembangan diri, dan lain-lain. Akan tetapi, Kak Puput masih merasa kurang disiplin diri, meski Kak Puput sudah menulis jadwal serapih mungkin, bahkan alarm sebanyak mungkin. 

Tak apa ka, terus belajar dan konsisten :)

Harapan dari Sebuah Seeput

Tak hanya sekedar untuk mengisi luang atau memenuhi hasrat menulis, Kak Puput pun memilik harapan yang tinggi terhadap blognya, si Seeput. Diantara harapan besarnya adalah Kak Puput ingin semakin banyak orang yang terbantu dengan tulisan-tulisannya di blog. Orang yang bingung mencari skincare, bisa terbantu dengan tulisan Kak Puput tentang skincare routine. Orang  yang sedang putus asa, bisa terbantu dengan resume kajian atau webinar yang Kak Puput publish di blog. Orrang yyang sedang perlu ide main untuk anaknya, bisa terbantu dengan tulisan-tulisannya di kategori parenting, dll.

One day, Big Hope Kak Puput ingin membuka kelas gratis untuk coaching blog seperti yang coach Marita lakukan sekarang. 
"Aku harus bertahan sampai akhir di kelas ini, bahkan kalau bisa jadi siswi teladan wkwk, jadi aku cukup percaya diri untuk nanti membuka kelas bagi teman-teman blogger pemula atau calon blogger." harapnya.

Waaah besar ya harapan Kak Puput untu si Seeput. Semoga semua harapannya tercapai ya kak.

Itulah sedikit cerita tentang sahabat penaku. Aku beruntung mengenal Komunitas Blogger Bengkel Diri. Melaluinya aku mengenal coach Marita, dan alhamdulillah bisa lolos untuk mengikuti Blogspedia Coaching For Newbie. Dan melalui coaching ini, aku mengenal banyak blogger hebat, termasuk si Seeput ini. Kami yang ada dalam coaching pun menjadi memiliki mimpi hebat. Coach semoga amal jariyahmu selalu mengalir 😊 






Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

3 comments

  1. masya allah, makasih untuk doa doa baiknya mbak :') aku juga geli kok mbaaak kalau baca lagi tumblr ku dulu. tapi yaa.. dibuang juga sayang hahaha. jalan Allah indah ya mbak, dari bengkel diri jadi tau kelas ini, dari kelas ini kita jadi bisa lebih mengenal 💛

    ReplyDelete
  2. Wihiii ini partner yang klop banget yaa! Senang sekali aku baca tulisanmu kak Dea ;)

    ReplyDelete
  3. Seeput oh seeput, lucu dan gampang ingatnya yaa.. :)

    ReplyDelete

Post a Comment