header Quarter Miles Journal

Siap-siap, Kingdom Season 3 Release 2021!

Post a Comment
Konten [Tampil]
Ashin to The North


Pecinta K-drama Kingdom pasti sudah tidak sabar dong, menunggu kabar Kingdom Season 3 release? Dilansir twitter @Netflix.Diaries Kingdom Season 3 akan tayang bulan Maret-April 2021. Wah, sudah satu tahun ternyata, kita menunggu kelanjutan dari season 2 yang menggantung di akhir episode. 

Serial yang diangkat dari webcomic berjudul Burning Hell Shinui Nara, memang layak untuk dinanti. Pasalnya 2 seasons serial drama Kingdom yang telah ditayangkan oleh Netflix ini berhasil mendapatkan rating tinggi IMDb. 

Sebagai Drama Korea original pertama Netflix, Kingdom memang mempunyai jalan cerita yang berbeda. Berlatar belakang kerajaan era Joseon, Kingdom tidak hanya menyajikan intrik dalam perebutan takhta. Akan tetapi, Kingdom menghadirkan Zombie yang muncul karena wabah yang menyerang Kerajaan Joseon. Bisa dibayangkan seperti apa kehadiran zombie di era kerajaan? Kebanyakan film atau serial zombie mengambil plot masa kini. 

Aku yang menyukai drama kolosal Korea langsung terkagum-kagum dengan drama yang disutradarai oleh Kim Sung Hoon tersebut. Rasanya seperti mengenang kembali ketegangan saat menonton serial Game of Thrones yang beberapa tahun lalu mengakhiri seasonnya. Dibandingkan dengan Arthdal Chronicle yang digadang-gadang sebagai Game of Thrones versi Korea, menurutku Kingdom lebih cocok disebut Game of Thrones versi korea. Dengan tetap mengambil plot kehidupan nyata kerajaan, Kingdom mencampurkan unsur fantasy yang natural, sederhana, dan tidak berlebihan.

Kilas Balik Kingdom Season 1 : Wabah Zombie di Era Kerajaan Joseon

cover kingdom season 1

Drama Korea Kingdom Season 1 yang tayang pada 26 Januari 2019 silam, menjadi drama comeback Joo Ji Hoon setelah vacuum selama 4 tahun. 
Drama yang diawali dengan beredarnya isu bahwa Raja Joseon telah wafat, yang mengakibatkan rakyat Joseon mendesak agar Putra Mahkota Lee Chang, yang diperankan oleh Joo Ji Hoon untuk segera naik takhta. Namun, isu tersebut dibantah oleh Ratu dan pihak Istana. Bahkan Lee Chang pun, tidak diijinkan untuk menjenguk Ayahnya yang sedang sakit dengan alasan bahwa sang Ayah menderita penyakit menular. 
Kecurigaan Lee Chang bertambah ketika catatan kesehatan sang Ayah hilang. Bagi anggota kerajaan, wajib hukumnya sang tabib mencatat kesehatan anggota kerajaan. Ditambah lagi tabib yang mengurus sang Raja tiba-tiba hilang.
Dengan berbekal nama tabib dalam catatan kesehatan sang Ayah, Lee Chang beserta pengawalnya, Moo Young pergi mencari keberadaan tabib Lee Seung Hi, di Jiyulheon, Dongnae.

Keadaan di Jiyulheon, Dongnae.

wabah zombie dongnae

Sesampainya Lee Chang di Jiyulheon, Dongnae, kekacauan tak terduga terjadi di sana. Tempat tersebut sepi seperti tak berpenghuni. Ketika Lee Chang menerobos masuk dan memeriksa keadaan tempat tabib tersebut berada, Lee Chang menemukan banyak mayat yang disembunyikan di bawah bangunan-bangunan di sana. 

Sontak, Lee Chang meminta pengawalnya agar membereskan mayat-mayat tersebut dan membawanya ke kantor hakim agar dapat ditindak-lanjuti. Secara mengejutkan Young Shin, si pemberu misterius mengatakan bahwa mayat-mayat tersebut bisa hidup kembali ketika matahari terbenam.

Tidak ada satupun dari penduduk desa yang mempercayai ucapan Young Shin, mereka justru menyembunyikan mayat keluarga mereka. Akibatnya, mayat-mayat yang kembali hidup, mulai memakan penduduk desa dan menyebabkan semakin bertambahnya jumlah penduduk desa yang terinfeksi wabah. 

Awal Mula Munculnya Zombie

tabib soebi bae dona

Jiyulhoen adalah tempat di mana tabib Lee Seung Hi beserta para tabib wanita merawat penduduk desa yang menjadi kotban perang dan kelaparan. Saat tabib Lee Seung Hi pergi menemui Raja, Soebi salah satu tabib wanita yang diperankan oleh Bae Dona, bertanggung jawab atas tempat penampungan tersebut. 
Young Sin, yang juga berada dalam penampungan geram melihat kondisi penampungan di mana rakyat kelaparan, serta kurangnya tenaga medis untuk menangani rakyat yang ada di sana. 

Suatu ketika, tabib Lee Seung Hi kembali dari Hanyang dengan membawa mayat bernama Dan-yi (asisten tabib yang dibawa menemui Raja). Soebi terheran dengan kondisi mayat Dan-yi yang tidak biasa. Akan tetapi, tidak ada penjelasan sedikit pun dari tabib Lee Seung Hi, apa penyebab dari kematian Dan-Yi.

Di tengah kematian Dan-yi, rakyat yang berada di Jiyulhoen tengah bahagia karena secara tiba-tiba mereka mendapatkan makanan lezat yang buatkan oleh Young Sin. Soebi mengira makanan tersebut adalah hasil berburu Young Sin. Namun, kekacauan mulai terjadi saat, para penduduk desa mulai keracunan makanan setelah memakan hidangan yang diberikan oleh Young Sin. 
Soebi kemudian mencari tahu apa penyebabnya. Sangat mengejutkan ketika Soebi menemukan jari manusia dalam wajan makanan tersebut. Soebi meminta penjelasan kepada Young Sin bahwa apa sebenarnya yang Young Sin masak.

Niat baik Young Sin yang tak ingin melihat rakyat menderita kelaparan berujung malapetaka. Mayat Dan-Yi yang Young Sin berikan kepada rakyat sebagai penghilang lapar justru membuat rakyat terinfeksi wabah. Mereka yang memakan, makanan tersebut, tergeletak tidak berdaya. 

Keadaan mulai mencekam ketika di malam hari, mayat-mayat yang tergeletak karena keracunan hidup kembali. Mereka hidup seperti Zombie, yang kelaparan dan kehausan.

Zombie Memenuhi Dongnae

Evakuasi mayat yang dilakukan oleh Lee Chang justru membuat penyebaran wabah semakin membesar. Sebelum mayat-mayat itu dibakar, mayat-mayat mulai hidup kembali. Penduduk desa yang tidak percaya dengan perkataan Young Sin, bahwa mayat yang hidup berbahaya, justru bahagia melihat keluarganya hidup kembali.

Mereka tidak menyadari bahwa mayat tersebut tidak lagi seperti keluarga yang mereka kenal. Akibatnya, mayat-mayat tersebut justru menyerang penduduk desa dan semakin menciptakan banyak zombie. 

Dalam Season 1 yang memiliki 6 Episode, kita dibuat ikut merasakan ketegangan-ketagangan dalam menghadapi Zombie. Tidak ada satu ruang pun yang tersisa di mana penduduk tidak terinfeksi. Satu malam terasa seperti satu tahun menanti datangnya pagi. Lee Chang, Soebi, Young Sin dan Moo Young berusaha menyelamatkan penduduk desa yang tersisa agar tidak terinfeksi.

Kilas Balik Kingdom Season 2 : A Bloody Kingdom

main cast kingdom season 2

Kingdom Season 2 tayang pada 13 Maret 2020. Seperti season sebelumnya, season 2 juga dikemas dalam 6 episode. Pada akhir cerita season satu, penonton dibuat gemas karena zombie ternyata tidak takut dengan matahari. Gimana engga gemas, kalau rasa penasarannya baru terobatti satu tahun kemudian wkwkwk

Selain itu, faktanya juga suka udara dingin. Putra Mahkota semakin gelisah dengan semakin banyaknya kerumunan zombie yang datang lagi dari kejauhan. Mereka pun harus mundur karena kerumunan zombie itu tidak tidur saat siang hari karena saat itu sedang musim dingin, jadi udaranya tetap dingin.

Hilangnya Wanita-waniita yang Sedang Hamil

Di tengah kesibukan menghadapi zombie yang semakin menggila, di tambah pasokan makanan yang terbakar karena kecerobohan warga, di sisi lain wanita-wanita yang sedang hamil mendadak menghilang. Usut punya usut, wanita-wanita tersebut disembunyikan oleh Sang Ratu agar Ratu bisa mengambil bayi laki-laki untuk ia jadikan pangeran. Karena ternyata, Ratu hanyalah berpura-pura hamil.

Salah satu wanita yang disembunyikan oleh Ratu dan anteknya adalah istri dari Moo Young, pengawal Lee Chang yang kemudian diketahui Moo Young adalah mata-mata dari Ayah sang Ratu. Moo Young diancam akan mencelakai istri dan anak yang ada dalam kandungannya. Anak laki-laki Moo Young inilah yang kemudian akan menjadi pangeran yang terinfeksi.

Bloody Kingdom

Ketika Klan Cho mempertaruhkan segalanya untuk bisa mempertahankan garis keturunannya, Lee Chang dan pasukannya harus mempertaruhkan nyawa mereka karena ancaman wabah dan pasukan zombie yang menyebar dengan cepat.

Season 2 ini kita disuguhi dengan petarungan-petarungan spektakuler dalam menghadapi zombie dan klan Cho. Yang paling menegangkan adalah ketika diakhir petarungan melawan zombie, yang saat itu pasukan Lee Chang dan para zombie berada di danau yang telah menjadi Es, dan Lee Chang yang harus menghadapi sang Ratu yang telah menjadi zombie.

Ketegangan semakin memuncak, demi menyelamakan pasukannya Lee Chang tertangkap oleh Zombie yang mengakibatkan Lee Chang masuk ke dalam danau bersama para Zombie. Kira-kira apa ya, yang terjadi pada Putra Mahkota?

Sebelum season 3 tayang, buat bloggers yang belum menonton season 1 dan season 2, lebih baik tonton dulu untuk mneghilangkan rasa penasaran. hehehe

Fact About Kingdom Season 3

ji hyun ashin to the nort

Kehadiran aktris cantik Jun Ji Hyun pada akhir episode Kingdom Season 2 memiliki banyak pertanyaan yang membuat penikmat Kingdom penasaran akan kelanjutan Kingdom. Akankah Kingdom memiliki Season 3? 

Pengumuman resmi Netflix menyatakan bahwa Kingdom Season 3 akan dibuat dengan konsep prequel (side quel). Di mana kali ini, tidak akan disuguhkan dalam bentuk episode akan tetapi film pendek berdurasi 70 menit. Rasanya 6 episode saja masih membuat penasaran, apalagi ini hanya 70 menit, hihihi  

Menurut Kim Eun Hee, sang penulis serial Kingdom, season 3 kali ini akan menceritakan asal wabah itu sendiri. Pada season 1, Kim Eun Hee menekankan pada keadaan haus dan lapar akibat dari wabah, orang yang terinfeksi akan menjadi haus dan lapar. Sedangkan pada season 2, Kim Eun Hee menekankan pada kata 'Darah'. Darah di sini dalam artian literal di mana perjuangan yang penuh darah, dan dalam artian garis keturunan, yaitu konflik kerajaan, keserakahan para penguasa.

Jun Ji Hyun yang akan memerankan sebagai Ashin, seorang penjual tanaman misterius memegang peranan penting dalam Kingdom : Ashin to The North. Kira-kira siapa sebenarnya karakter Ashin?

Lalu, bagaimana dengan pangeran baru yang juga telah terinfeksi wabah ini? Meski terinfeksi wabah, pangeran yang baru lahir kebal terhadap parasit yang menyebabkan zombie. Pada akhir season 2, setelah dewasa satu parasit yang ada dalam tubuh pangeran berpindah ke otaknya. Akan kah sang pangeran berubah menjadi monster?

Kasus pangeran ini kasus yang tidak biasa. Mengingat sudah berapa lama virus tersebut berada di dalam tubuhnya.

Makin penasaran ya dengan Kingdom Season 3 ini, meski hanya berdurasi 70 menit. Wah, jadi tidak sabar nih bloggers, menguak teka-teki serial Kingdom. Buat yang belum nonton season 1, drama ini recomended banget, deh. Happy watching, Bloggers!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment