header Quarter Miles Journal

KRAFT Crolette : Resep Menu Simple dan Bernutrisi saat Ramadhan

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

Kraft Crolette


Tak terasa ya, Ramadhan 1443 Hijriah di tahun 2022 sudah memasuki hari ke 14. Hemm... Bagaimana puasanya? Sudah terbiasa dengan polanya? Berbeda dengan minggu pertama Ramadhan, pasti sekarang sudah terbiasa dong dengan pola hidup di bulan Ramadhan?

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita tetap memiliki pola hidup sehat atau sebaliknya? Berpuasa memiliki manfaat untuk meningkatkan keimanan kita, sekaligus bermanfaat bagi kesehatan. Nah, untuk mencapai dua tujuan dalam berpuasa, tentu kita harus memiliki pola hidup sehat.

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang Saat Berpuasa


Asupan gizi seimbang

Saat berpuasa kita menahan makan dan minum kurang lebih selama 13 jam. Tanpa asupan gizi yang baik kita akan mudah merasa lemas dan lesu. Tidak menutup kemungkinan justru akan membuat kita mudah terkena penyakit. Apalagi pandemik masih belum juga usai. Jadi, menjaga asupan gizi seimbang pada saat bulan Ramadhan sangat lah penting.
 
Dilansir kompas.com menurut dr Yohan Samudra, Dokter Spesialis Gizi Klinik Primaya Hospital Tangerang, beberpa kandungan asupan gizi yang harus terpenuhi adalah sebagai berikut :

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi utama saat berpuasa. Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh tentu akan membuat kita merasa lesu dan kurang bertenaga. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat membantu metabolisme lemak dan protein selama puasa sehingga dapat mencegah ketosis dan pemecahan protein yang berlebihan.
 
Karbohidrat di sini bisa berupa, nasi, ubi, singkong, talas, kentang, pisang, jagung, kurma, kacang merah, bit, nasi merah, oat, gandum, dll.

2. Protein hewani dan nabati

Di masa pandemik mengkonsumsi protein sangat penting. Pasalnya, sel imun terbuat dari protein. Nutrisi makro ini juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa.
 
Protein yang bisa kita pilih diantaranya, telur, daging ayam, ikan, daging sapi, kacang-kacangan, udang, keju, almond, susu, yogurt, brokoli, tuna, dll.

3. Lemak

Beberapa wanita saat mendengar lemak pasti berpikir-pikir mau mengkonsumsinya atau tidak. Hihi. Eits, tenang... Lemak yang dimaksud adalah lemak baik alias High Density Lippoprotein (HDL). Makan yang mengandung HDL ini seperti ikan, alpukat, biji-bijian, bayam, dan minyak zaitun.
 
Meskipun kebutuhan lemak tidak sebanyak karbohidrat dan protein, mengkonsumsi lemak juga menjadi nutrisi yang dibutuhjan saat berpuasa.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral penting untuk tubuh karena dapat memperkuat sel imun, loh. Asupan vitamin dan mineral ini, bisa kita temukan dari sayur dan buah-buahan. Nah, buah yang mengandung banyak air bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. So, kita bisa terhindar dari rasa haus selama berpuasa.
 
Jangan lupa sayur dan buah-buahan ya. Tubuh kamu juga butuh asupan vitamin dan mineral, dan buah serta sayur adalah sumber terbaik yang bisa kamu dapatkan. Buah yang mengandung banyak air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dari rasa haus selama berpuasa.

Menurut anjuran dari WHO, kebutuhan buah dan sayur dalam sehari adalah 5 porsi.
Setelah mengetahui kandungan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa, agar badan tetap bugar dan sehat, pasti sudah punya gambaran dong, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur? Jangan lupa, untuk tetap memgkonsumsi air putih 8 gelas setiap harinya.

Keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck Penuhi Protein dan Kalsium Harian

Kraft Cheddar

Keju Cheddar merupakan produk olahan susu yang bisa kita pilih sebagai bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi di atas. Kenapa keju cheddar? Alasannya, keju cheddar adalah bahan pangan yang mengandung karbohidrat, lemak , protein, kalsium, magnesium, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12.
 
Eits, tapi jangan salah pilih keju cheddar! Masih ingat dengan kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT? Nah, memilih keju cheddar yang asli itu sangat penting, guna mendapatkan kandungan gizi yang optimal, yaitu dengan memastikan keju cheddar yang kita pilih menggunakan keju cheddar sebagai bahan baku utama.

KRAFT cheddar adalah keju cheddar yang telah memenuhi standar keaslian keju, yaitu berbahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama, serta dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, dan Vitamin D. Cara ceknya mudah, cukup cek langsung kandungan nutrisi pada label pangan kemasan, karena kemasan KRAFT cheddar terdapat label info gizi per takaran saji.

KRAFT Cheddar

Setuju tidak, kalau keju nomer 1 di Indonesia ini, juga memiliki rasa yang lebih lezat, gurih, dan lembut dibanding keju cheddar lainnya?
 

KRAFT Crolette : Resep Menu Simple dan Bernutrisi saat Ramadhan

Nah, apakah KRAFT Cheddar kita makan begitu saja tanpa tambahan bahan pangan lain sebagai menu santap sahur dan buka? Tentu tidak, dong. Jadi, aku mau recook resep KRAfT Crolette alias Crown Omelette yang lagi viral banget di media sosial. Katanya nih, ini Omelette Sultan karena ada crownnya, hihi.
 
KRAFT Crolette ini menurutku menu simple banget, tapi bernutrisi dan dari aromanya saja sudah menggugah selera. Buat aku yang punya tiga balita di rumah, maunya yang praktis-praktis. Soalnya, kompromi sama tiga balita ini agak susah, hihi. Kalau sudah rewel satu, bisa rewel semuanya. Tapi, sekalipun maunya yang simple dan praktis, sebagai ibu dan seorang istri aku tetap bertanggungjawab menyediakan makanan yang bernutrisi untuk keluargaku.
 
So, KRAFT Crolette bisa jadi pilihan tepat sajian keluargaku saat Ramadhan. Selain menggunakan bahan baku utama yang mudah ditemukan di dapur, yaitu hanya dengan telur dan KRAFT Cheddar, KRAFT Crolette juga mudah memasaknya. Nah, aku mau share nih resepnya.
 

Recook Resep KRAFT Crolette

Kraft Crolette

Bahan :
 
1. Dua butir telur
2. KRAFT Cheddar mini (30gr) sesuaikan dengan lebar pan teflonnya ya.
3. Minyak goreng secukupnya
4. Wortel untuk topping omelette (boleh diganti)
5. Garam dan merica secukupnya

Cara membuat :

1. Parut wortel
2. Kocok telur hingga rata. Tambahkan garam, merica, dan wortel yang sudah diparut.
3. Panaskan minyak dalam pan teflon untuk memasak telur, ratakan telur di atas pan teflon, lipat, lalu sisihkan.
4. Parut KRAFT Cheddar mini di atas pan teflon yang kering, jangan ada minyak ya. Kemudian letakkan omelet di atasnya, masak dengan api sedang selama 2 menit. Untuk parutan kejunya sebaiknya jangan terlalu tebal, buat seperti sarang laba-laba
5. Angkat dengan spatula sambil dibentuk crown hingga keju kaku.
6. Yey, Kraft Crolette siap disajikan. Lebih enak lagi kalau dimakan dengan saus sambal dan mayonaise.
 
Aku udah cobain dua kali recook hihi, anak-anak suka. Recook pertama crownnya kecil, karena kejunya kurang, pan teflon terlalu besar. Nah, agar crown terbentuk sempurna, ada tipsnya nih.
 
Pertama, pastikan menggunakan keju asli KRAFT Cheddar karena kandungannya yang tinggi protein dan kalsium membuat crown sempurna dan tidak mudah patah.
 
Kedua, gunakan KRAFT Cheddar mini untuk takaran yang pas. Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan pan ya.
 
Bagaimana, tertarik mencoba resep KRAFT Crolette? Sekali coba, pasti ketagihan, deh. Aroma keju Cheddar KRAFT, langsung bikin lapar. Selain gurih dan lezat dari Keju Asli, KRAFT Crolette memiliki kandungan yang tinggi protein dan kalsium. Cocok kan buat memenuhi asupan gizi seimbang saat berpuasa? Yups, 1 menu KRAFT Crolette dapat memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Cobainnyuk, menu simple kaya nutrisi KRAFT Crolette!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment