header Quarter Miles Journal

Fortune Indonesia Summit 2022 : Memberdayakan Perempuan sebagai Pengusaha Berpengaruh

Konten [Tampil]
fortune Indonesia

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan basis pengusaha perempuan terbesar di dunia. Menurut Bank Indonesia, lebih dari 60 persen dari total 57,83 juta UMKM dijalankan oleh pengusaha perempuan.- Fortune Indonesia

Kalimat-kalimat itu berhasil melecut semangatku bahwa "Ya, perempuan bisa berdaya!". Bagaimana denganmu? Masih banyak perempuan di luar sana yang merasa kurang percaya diri dengan fitrahnya sebagai seorang perempuan. Apalagi yang melabeli diri "Hanya seorang Ibu Rumah Tangga".

Jujur saja, aku pun pernah merasa demikian. Lingkungan, cara pandang, dan komentar sekitar sangat berpengaruh terhadap mental kami sebagai seorang perempuan. " Sarjana kok, cuma di rumah ngurus anak!", "Kamu di rumah saja, ternak anak!", "Enak ya kamu kerjaannya cuma ngurus anak di rumah!". Tanpa didukung support system yang kuat baik dari lingkungan ataupun diri sendiri, kalimat-kalimat seperti itu berhasil membuat banyak perempuan tidak percaya diri dan melabeli diri dengan kata "HANYA"

Namun, siapa sangka dalam Fortune Indonesia Summit 2022, banyak perempuan masuk ke dalam jajaran Businessperson of The Year dan Forty Under Forty. Melihat pemaparan mereka, kiat kesuksesan, dan support mereka terhadap perempuan, secara tidak langsung membentuk support system terhadap diriku yang sedang belajar untuk berdaya, berkarya, dan berkembang.

Fortune Indonesia Summit 2022


Apa itu Fortune Indonesia Summit 2022? Untuk pertama kalinya, Fortune Indonesia menyelenggarakan Fortune Indonesia Summit 2022. Fortune Indonesia Summit 2022 adalah platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

Fortune Indonesia Summit 2022 diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 18-19 Mei 2022. Serunya, acara ini diadakan secara offline di The Westin Jakarta. Siapa nih, yang kemarin udah amanin seat dan bergabung secara langsung di acara Fortune Indonesia Summit 2022? Untuk mengikuti Fortune Indonesia Summit 2022 secara offline, momies cukup berlangganan majalah Fortune Indonesia selama 1 tahun loh.

Bagaimana cara berlangganannya? Nah, momies bisa mengunjungi Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia, lalu pilih berlangganan 12 bulan. Setelah menyelesaikan transkasi, momies akan automatis mendapatkan tiket Fortune Indonesia Summit 2022. Tiket akan dikirimkan ke email yang terdaftar di Tokopedia.

Kalau aku bergabung lewat apa? Beruntung saat ini ada IDN Live dari IDN App. Aku bisa mengikuti keseruan Fortune Indonesia Summit 2022 melalui IDN Live. Meski vibesnya terasa berbeda ketika mengikuti secara langsung, namun aku sangat bersyukur bisa menjadi bagian yang menonton Fortune Indonesia Summit 2022.

Apa Saja Topik yang dibahas Fortune Indonesia Summit 2022? 

Fortune Indonesia Summit 2022 mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth.

Topik yang diangkat juga sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Topik-topik tersebut akan dikemas dalam bentuk talkshow oleh para business person yang berpengaruh di Indonesia. 

Selain talkshow dengan beragam topik, Fortune Indonesia Summit 2022 juga akan mewadahi awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar Fortune Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Lebih lengkapnya, ini dia rundown acara Fortune Indonesia Summit 2022 :
fortune Indonesia

Memberdayakan Perempuan sebagai Pengusaha Berpengaruh

businessperson of the Year
Banyak tantangan dihadapi perempuan pengusaha. Pada dasarnya, kata dia, perempuan memiliki peran ganda di samping harus melakukan pekerjaan rumah tangga atau domestik, juga memiliki peran membantu penghasilan sambil mengembangkan diri seluas-luasnya. - Parwati Surjaudaja

Ya, benar yang dikatakan oleh Ibu Parwati Surjaudaja, bahwa perempuan pengusaha memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Sejak terjun ke dunia bisnis, meski hanya bisnis kecil-kecilan, aku pun sempat goyah dengan tantangan-tantangan sebagai perempuan yang ingin menjadi pengusaha. 

Berbagai peran yang harus aku hadapai, sebagai Ibu dari tiga balita, sebagai Istri, ternyata tak mudah untuk mengimbangi semuanya. Namun, kekuatan terbesar yang mampu membuat ku bertahan adalah aku ingin berpenghasilan, aku ingin mengembangkan diriku. Menurut ku ini caraku untuk membalikan pandangan orang-orang tentang Ibu Rumah Tangga. 

Ibu Parwati Surjaudaja adalah Presiden Direktur Bank OCBC NISP yang masuk ke dalam jajaran Businessperson of The Year. Pada sesi Women in the Workplace dalam Fortune Indonesia Summit 2022 di The Westin, Jakarta, beliau mengatakan bahwa Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha perempuan agar dapat terus mengembangkan usaha dan mengambil peran yang lebih besar untuk berkontribusi pada ekonomi, sosial dan lingkungan. 

Menurutnya, pengusaha perempuan memiliki potensi yang besar dalam berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Perempuan dinilai lebih disiplin dan hati-hati selama pandemi, sehingga usaha yang dikelola perempuan diyakini lebih bisa menghadapi perubahan. 

Melalui program "Women Warriors", Bank OCBC NISP memberi perhatian bagi para perempuan tangguh agar pelaku usaha perempuan mengambil peran lebih besar dalam memajukan perekonomian bangsa. 

Tidak hanya pembiayaan finansial bagi perempuan pengusaha, tetapi program Women Warriors juga memberikan pendampingan kemampuan berbisnis dan dukungan untuk mengembangkan bisnis. Dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan cara membangun komunitas usaha dan penyediaan program edukasi melalui berbagai forum online.

Melalui digitalisasi, diharapkan perempuan dapat menyeimbangkan perannya dalam urusan rumah tangga dan keinginannya untuk berkembang. 

Pun, aku termasuk perempuan yang pernah diberdayakan oleh Bank OCBC NISP. Melalui programnya dalam Kompetisi Modal Usaha Mom, Bank OCBC NISP memberi edukasi kepada kami para perempuan pengusaha yang mau berkembang. 

Penutup

Fortune Indonesia Summit 2022, memberikan gambaran bahwa perempuan mampu menjadi businessperson yang berpengaruh. Apalagi di zaman yang serba dimudahkan dengan digitalisasi. Yuk, mulai melek digital! 


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment