header Quarter Miles Journal

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? 4 Profesi ini Banyak dicari di Era Digital!

Konten [Tampil]
kursus komputer


Kursus komputer bisa kerja apa? Kursus komputer menjadi salah satu kursus yang menjanjikan di dunia kerja. Apalagi di era digital saat ini, hampir semua lapangan kerja membutuhkan skill komputer. Minimal sudah expert di program basic komputer yaitu MS. Office. Jangan salah, setelah aku lulus jurusan Teknik Sipil, aku sempat menyesal kenapa dulu aku tidak memilih jurusan Teknologi Informatika wkwkw.

Setelah terjun ke dunia kerja, aku baru menyadari bahwa banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan Teknologi Informatika. Yups, bekerja di bidang apapun dan di perusahaan manapun, Teknologi Informatika dibutuhkan. Namun, jangan khawatir, bagi lulusan SMA yang tidak bisa lanjut ke bangku kuliah, kursus komputer bisa menjadi pilihan untuk menuju sukses dan bersaing di dunia kerja.

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa?

profesi era digital



Era yang semakin canggih, sejujurnya memang memudahkan kita dalam mengeksplore banyak hal. Apalagi orang-orang yang memiliki skill komputer dan internet. Dengan memiliki skill komputer, kita mampu bersaing di dunia kerja bahkan bisa memiliki lapangan kerja sendiri. Kursus komputer bisa kerja apa? Berikut adalah beberapa pekerjaan yang menjanjikan setelah memgikuti kursus komputer.

1. Administrasi Perkantoran


Administrasi perkantoran merupakan salah satu prospek cerah di dunia kerja. Administrasi perkantoran menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan hampir semua perusahaan. Beberapa profesi administrasi perkantoran yang banyak digunakan di perusahaan adalah Sekretaris, Staf Administrasi, Staff Personalia, Personal Assistant, Public Relation.

Tugas Administrasi Perkantoran

Beberapa tugas administrasi perkantoran diantaranya adalah melakukan rekapitulasi data, mengelola dokumen, dan menyusun dokumen secara terstuktur. Lulusan Administtasi perkantoran juga, harus mampu berkomunikasi dengan baik. Dilihat dari tugasnya, seorang administrasi perkantoran memegang peran penting dalam suatu perusahaan. Yes, data is everything.

Gaji Adminitrasi Perkantoran

Berdasarkan lifepal.co.id gaji seorang yang berprofesi di bidang administrasi perkantoran tergantung UMR wilayahnya. Rata-rata gajinya adalah 3-5 juta Rupiah. Namun, untuk perusahaan besar bisa sampai 9-12 juta Rupiah, loh.

Administrasi perkantoran ini tidak hanya bisa dipelajari di SMK, Program Vokasi, ataupun Sarjana. Namun, banyak lembaga kursus komputer yang menyediakan program administrasi perkantoran. Bahkan ada yang setaraf D1. Nah, program kursus komputer administrasi perkantoran bisa menjadi pertimbangan teman-teman untuk diikuti.

2. Digital Marketer

Cukup banyak lapangan kerja yang tersedia bagi digital marketer. Saat ini, banyak perusahaan yang menjalankan digital marketing sebagai salah satu cara untuk menekan biaya promosi, mempertahankan, serta meningkatkan jumlah pelanggan. Dengan kata lain, Digital Marketer adalah seorang yang bekerja di bidang pemasaran dengan platform digital, yaitu email, media sosial, dan website.

Untuk lebih memahami apa itu Digital Marketer kita perlu tahu dulu nih, apa saja tugas Digital Marketer.

Tugas Digital Marketer

a. Content Marketing

Membuat konten yang berkualitas untuk memudahkan audiens mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan adalah tugas dari content marketing. Pemasaran secara digital ini memang content is the key, ya. Harus bisa memastikan konten yang dibuat menarik dan sesuai dengan target market.

b. Search Engine Optimization (SEO)

Semenjak serius menekuni dunia blog, aku juga baru tahu nih, kalau untuk mendapatkan rank prtama di kolom pencarian atau search engine, harus paham dan menerapkan SEO. Yups bener, untuk melakukan pemasaran produk / jasa menggunakan website, digital marketer harus mampu menerapkan SEO.

Dengan menerapkan SEO, website kita berpeluang mendapat banyak pengunjung karena situs kita berada di halaman atas kolom pencarian.

c. Social Media Marketing

Dari namanya pasti sudah bisa nebak dong tugasnya? Social Media Marketing bertugas untuk menjangkau target market melalui social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dll.

Saat ini, social media menjadi media yang sangat penting untuk membangun brand awarness produk atau jasa. Oleh karena itu, social media marketing juga digunakan sebagai strategi brand awarness sampai mendapatkan pelanggan dari media sosial.

d. Affiliate Marketing

Belakangan ini, Affiliate Marketing banyak dibutuhkan memasarkan produk. Bahkan beberapa market place membuka affiliare marketing untuk memasarkan produknya. Apa sih, Affiliate Marketing itu? Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan atau menjual produk.

Gaji Digital Marketer

Berdasarkan Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 oleh Glints, gaji digital marketer berdasarkan tingkatannya adalah :

a. Digital Marketing

1. Digital Marketing Staff : IDR 5.000.000 - IDR 8.000.000
2. Digital Marketing Specialist : IDR 6.000.000 - IDR 10.000.000
3. Digital Marketing Manager : IDR 12.000.000 - IDR 18.000.000

b. Cotent Marketing

1. Digital Marketing Staff : IDR 5.500.000 - IDR 8.000.000
2. Digital Marketing Specialist : IDR 6.000.000 - IDR 10.000.000
3. Digital Marketing Manager : IDR 16.000.000 - IDR 25.000.000

c. Social Media Marketing

1. Digital Marketing Staff : IDR 6.000.000 - IDR 8.000.000
2. Digital Marketing Specialist : IDR 7.000.000 - IDR 11.000.000
3. Digital Marketing Manager : IDR 12.000.000 - IDR 13.000.000

Nah, sudah ada gambaran ingin fokus dibagian apa? Belajar digital marketing ini memang bisa dilakukan secara otodidak. Namun, akan lebih baik lagi jika teman-teman mengikuti kursusnya. Selain lebih banyak ilmu yang di dapat, teman-teman juga bisa mendapat sertifikat yang mana sertifikat ini akan lebih meyakinkan perusahaan dan mampu bersaing dengan yang lainnya.

3. Web Developer

Apa sih web developer itu? Web developer adalah orang yang ahli membangun aplikasi berbasis web. Banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang digital web developer menjadi profesi yang menjanjikan dengan gaji tinggi. Apalagi saat ini industri digital dan teknologi semakin kuat, web developer tentunya akan banyak dicari. Selain itu, teman-teman juga bisa membuka usaha sendiri dengan menawarkan jasa pembuatan dan pengelolaan web.

Tugas Web Developer

a. Frontend Web Developer

Frontend Web Developer adalah pengembang web yang bertugas mendesain dan membangun antarmuka web, serta bertanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user. Tentunya, seorang Frontend Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman sepert HTML, CSS dan Javascript.

b. Backend Web Developer

Backend Web Developer adalah seseorang yang bertugas mengelola bagian sisi dalam website seperti server, aplikasi dan database. Backend developer bertugas melakukan perhitungan, menyimpan data pengguna, memproses form pendaftaran, dsb. Bahasa pemograman yang harus dikuasai oleh seorang Backend Developer adalah PHP, Python, NodeJS, SQL, Ruby dll.

c. Fullstack Web Developer

Fullstack Web Developer adalah pengembang web yang bertugas membuat sisi luar dan dalam website. Dengan kata lain, fulstack developer harus menguasi frontend dan backend sekaligus. Waw, cukup sulit ya!

Gaji Web Developer

Berdasarkan Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 oleh Glints, gaji web developer sesuai jobdesknya adalah :

a. Frontend Web Developer

1. Frontend Web Developer : IDR 9.050.000 - IDR 17.000.000
2. Senior Frontend Web Developer : IDR 15.000.000 - IDR 28.000.000
3. Frontend Engineer: IDR 15.500.000 - IDR 20.000.000

b. Backend Web Developer

1. Backend Web Developer : IDR10.000.000 - IDR 17.000.000
2. BackendEngineer: IDR 13.000.000 - IDR 19.000.000
3. Senior BackendWeb Developer : IDR 20.000.000 - IDR 30.000.000

c. Fullstack Web Developer

1. Fullstack Web Developer : IDR11.200.000 - IDR 20.000.000
2. Senior Fullstack Web Developer : IDR 14.000.000 - IDR 25.000.000

Wah, gimana? Gajinya fantastis ya, hihi. Teman-teman bisa mengikuti kursus komputer dengan program web developer. Biarpun biayanya sedikit mahal, tapi sebanding dengan penghasilan yang akan didapat kan?

4. Graphic Designer


Menurut Glints.com graphic designer adalah seorang komunikator visual yang menciptakan konsep visual secara manual atau dengan software komputer. Dengan adanya graphic designer, sebuah pesan atau informasi bisa divisualkan ke dalam gambar, tulisan, juga grafik.

Tugas Graphic Designer

Beberapa tugas graphic designer adalah sebagai berikut :

1. menyiapkan segala material untuk diubah ke dalam bentuk visual.

2. membuat rencana dan konsep dari segala informasi dan material yang diberikan oleh klien

3. mengilustrasikan konsep dengan membuat draf kasar dari ilustrasi dan copy-nya

4. menyelesaikan proyek dan mengoordinasikannya dengan pihak luar seperti agency, art service, percetakan, dan lain-lain

5. berkontribusi dengan tim untuk mencapai tujuan dari sebuah proyek

6. bertemu dengan klien atau art director untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek yang diberikan

7. melakukan brainstorming bersama klien dan memberikan masukan atas desain yang ingin dibuat sesuai dengan target market atau audiens yang ingin disasar

8. membuat ilustrasi atau gambar yang mengidentifikasikan pesan dari sebuh produk

9. membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo, dan website

10. memilih warna, gambar, font, dan juga layout

11. mempresentasikan hasil ilustrasi yang sudah dibuat kepada klien atau art director

12. melakukan revisi dari klien

13. melakukan quality check terhadap ilutrasi sebelum dicetak atau dipublikasikan

Gaji Graphic Designer

Masih dari sumber yang sama, yaitu Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021 oleh Glints, gaji graphic designer adalah sebagai berkut :

1. Graphic Designer : IDR 5.600.000 - IDR 8.000.000
2. Senior Graphic Designer : IDR 8.000.000 - IDR 11.000.000
3. Ilustrator : IDR 5.600.000 - IDR 8.000.000
4. Motion Designer : IDR 12.000.000 - IDR 24.000.000


Penutup

Kursus komputer bisa kerja apa? Nah, itulah 4 profesi yang banyak dicari dan bergaji tinggi setelah mengikut kursus komputer di era digital. Walaupun beberapa profesi bisa dipelajari secara otodidak, alangkah lebih baik teman-teman mempelajarinya ewat lembaga kursus komputer, pelatihan, atau sertifikasi. Ketika teman-teman memilki sertifikat dari lembaga kursus, teman-teman akan memiliki daya saing dan lebih profesional. Bahkan saat ini, banyak lembaga kursus komputer atau pelatihan yang menjamin langsung kerja, loh! Jadi, sudah ada bayangan akan fokus ke bidang apa? Good luck, ya!



Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment