header Quarter Miles Journal

Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Berjerawat dan Beruntusan

3 comments
Konten [Tampil]
facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan

Seberapa penting menggunakan facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan secara khusus? Memiliki kulit berjerawat dan beruntusan memang membuat tidak percaya diri. Apalagi kalau sudah sampai breakout. Pasti kesal kan? Teringat pertama kali aku memiliki kulit berjerawat di usia remaja, tepatnya saat aku duduk di bangku SMP. Tentunya jerawat yang muncul membuat masa remaja ku tidak percaya diri.

Tidak selesai pada jerawat yang muncul, bekas jerawat pun terus menghantui rasa percaya diriku. Mungkin menghilangkan jerawat tidak membutuhkan waktu yang lama, namun butuh bertahun-tahun untuk menghilangkan bekas jerawat. Ditambah perawatan wajah yang tidak tepat.

Facial Wash untuk Kulit Berjerawat dan Beruntusan

facial wash


Kembali lagi pada pertanyaan seberapa penting menggunakan facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan secara khusus? Facial wash atau sabun pembasuh muka adalah perawatan wajah paling penting yang pastinya hampir semua orang memakainya. Dilansir sindonews.com berdasarkan hasil survey facial wash banyak dipakai sebagai produk perawatan kulit di Indonesia, yaitu sekitar 72% pengguna perempuan dan 38% pengguna laki-laki.

Tahukah kamu kalau penggunaan facial wash juga dapat membuat kulit kering bahkan iritasi, jika penggunaannya tidak tepat? Apa yang dimaksud dengan penggunaan yang tidak tepat? Penggunaan yang tidak tepat di sini salah satunya adalah memilih facial wash tidak sesuai dengan jenis kulit.

Tidak sedikit pengguna facial wash tidak memperhatikan jenis kulit, "yang penting cuci muka" begitu bagi sebagian orang. Padahal memilih facial wash sesuai jenis kulit untuk membasuh muka sangat penting dilakukan. Sama seperti perawatan kulit lainnya, penggunaan facial wash sesuai jenis kulit dapat merawat kulit lebih maksimal.

Begitu juga dengan masalah kulit berjerawat dan beruntusan, sangat penting memilih facial wash yang diperuntukan khusus untuk masalah kulit tersebut, agar tidak menimbulkan masalah kulit berkelanjutan.

Beberapa tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan :

1. Mengetahui Jenis Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengetahui jenis kulit sangat penting untuk menentukan jenis facial wash apa yang akan kita pakai. Selain dapat merawat kulit secara maksimal, memilih facial wash sesuai jenis kulit juga berguna untuk mencegah masalah kulit lainnya.

Tidak hanya jenis kulit berminyak yang akan menimbulkan jerawat atau beruntusan, namun kulit kering ataupun normal pun memungkinkan timbulnya jerawat.

2. Memilih facial wash yang ampuh menangkat kotoran

Seperti yang kita ketahui, kotoran, sel-sel kulit mati, sebum, serta bakteri penyebab jerawat yang berkembang biak pada kulit dapat menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, memilih facial wash yang ampuh mengankat bakteri dan kotoran di wajah mengurangi risiko timbulnya jerawat. Selain itu, dapat membantu menyerap produk perawatan wajah lainnya secara optimal.

3. Memilih Facial Wash dengan kandungan yang ringan dan lembut

Facial wash yang memiliki kandungan cenderung kasar disertai proses menggosok kulit wajah secara berlebihan, dapat meningkatkan risiko kulit kemerahan, iritasi dan memperparah kondisi jerawat dan beruntusan pada wajah.

Maka dari itu, menggunakan facial wash dengan kandungan yang ringan dan lembut sangat penting untuk wajah berjerawat dan beruntusan.

4. Memerhatikan kandungan bahan aktif utamanya

Facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat melawan jerawat dan memperbaiki kondisi kulir. Kandungan bahan aktif pada facial wash untu kulit berjerawat dan beruntusan diantaranya, Asam Salisilat, Benzoil Peroksida, Sodium Sulfacetamide, Sulfur, dan Alpha Hdroxy Acids (AHA).

5. Mempertimbangan kandungan pelembab di dalamnya

Tidak hanya pelembab pada cream wajah, mempertimbangkan kandungan pelembab pada facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan juga penting agar kulit tetap terhidrasi dan tidak kehilangan kelembapan setelah mencuci muka.

6. Menghindari kandungan tertentu

Pada kulit berminyak dan kulit kombinasi sebaiknya menghindari facial wash yang terdapat kandungan minyak di dalamnya, karena akan menyumbat pori-pori wajah. Sedangkan untuk kulit yang sensitif agar dapat menghindari facial wash yang mengandung zat iritan, seperti paraben, pewangi, dan alkohol karena akan membuat kulit semakin kering. Selain itu, alkohol dapat merusak lapisan kulit apabila digunakan dalam jangka waktu panjang.

Berdasarkan tips di atas, memilih facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan secara khusus sangat penting, karena dalam kondisi kulit berjerawat dan beruntusan harus memperhatikan beberapa kandungan agar tidak memperparah kondisi jerawat yang sedang dialami.

Scarlett Acne Facial Wash

scarlett acne facial wash

April 2022 lalu, Scarlett meluncurkan produk terbarunya yaitu Scarlett Acne Facial Wash. Peluncuran produk bernuansa ungu tersebut dihadiri para beauty enthusiast, dan dimeriahkan oleh Rossa dan Doni Sibarani.

Sebelumnya, Scarlett hanya mengeluarkan facial wash brightening series. Aku sempat bertanya-tanya sih, acne facial washnya kok engga ada? Hemm... ternyata tim RnD Scarlett sedang berusaha menemukan formula terbaik untuk Acne Facial Wash.

“Sebelum merilis suatu produk, kami butuh waktu untuk riset dan pengembangan yang matang, bahkan sampai bisa berbulan-bulan untuk memastikan produk terbaru kami selalu memenuhi standar yang tinggi. Oleh karena itu, Scarlett bangga bisa meluncurkan Acne Facial Wash yang bukan hanya bisa meredakan peradangan jerawat, tapi juga melembabkan dan mencerahkan kulit,” - Felicya Angelista
Taadaaa... dengan diluncurkannya Scarlett Acne Facial Wash, kini rangkaian acne series sudah lengkap untuk mengatasi serta merawat kulit berjerawat dan beruntusan.

Kandungan utama dari Scarlett Acne Facial Wash ini memang diformulasikan khusus untuk membantu masalah kulit berjerawat dan beruntusan, bahkan untuk kulit yang berpotensi memiliki jerawat dan breakout. Makin penasaran kan apa saja kandungan utama Scarlett Acne Facial Wash?

9 Kandungan Utama dan Manfaat Scarlett Acne Facial Wash :

kandungan scalett acne facial wash


“Seawed Extract, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Tea Tree Extract, Lemon Water, Jeju Roesmary, Jeju Aloe Vera, Centella Asiatica, Pomegranate Extract”

 

1. Seaweed Extract bermanfaat untuk membersihkan minyak berlebih sebagai salah satu penyebab terjadinya jerawat, serta menghambat terjadinya hiperpigmentasi pada kulit

2. Mugwort Hydrosol dapat membantu menghidrasi kulit dan memberikan efek menenangkan pada kulit berjerawat.

3. Vitamin C dikenal dapat membantu meratakan kulit serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

4. Tea Tree Extract dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan membantu mengurangi munculnya komedo.

5. Lemon Water bermanfaat untuk mengeksfoilasi sel kulit mati pada permukaan kulit dan memudarkan flek dan hiperpigmentasi pasca jerawat.

6. Jeju Rosemary juga dapat melawan bakteri penyebab jerawat serta membantu menyejukan kulit yang teriritasi.

7. Jeju Aloe Vera bermanfaat membantu kulit berjerawat, membantu mengurangi inflamasi akibat jerawat, serta merawat elastisitas dan keremajaan kulit serta mengunci kelembapan pada permukaan kulit.

8. Centella Asiatica memiliki manfaat menjaga kelembapan dan elsatisitas kulit, memberikan efek menenangkan pada kulit berjerawat, dan membantu proses penyembuhan luka pada jerawat dengan membantu produksi kolagen.

9. Pomegranate Extract bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan melindungi dari efek buruk sinar UV.

Itulah 9 kandung utama Scarlett Acne Facial Wash yang mampu merawat kulit berjerawat dan beruntusan. Selain itu, Scarlett Acne Facial Wash dibuat tanpa kandungan alkohol, SLS-free, dengan nilai PH 5,5-6,8 yang seimbang sehingga cocok untuk kulit sensitif dan tidak membuat kulit kering setelah cuci muka.

Review Scarlett Acne Facial Wash

review scarlett acne facial wash


Dua minggu lalu, giliranku nyobain Scarlett Acne Facial Wash setelah Brightening Facial Wash ku habis hihi. Jenis kulitku termasuk kulit kombinasi karena pada area T (T Zone) kulitku berminyak, sedangkan area lainnya kering cenderung sensitif. Melihat jenis kulit ku, meski sedang tidak berjerawat dan hanya sedikit beruntusan, aku pilih facial wash acne series.

Yups, Scarlett Acne Facial Wash diperuntukan untuk jenis kulit berminyak, sensitif, berjerawat, beruntusan, serta kulit yang berpotensi memiliki jerawat dan breakout. Nah, ini dia review Scarlett Acne Facial Wash :

Teksture dan Aroma

Sama seperti face wash sebelumnya dari brightening series, tekstur Acne Facial Wash Scarlett seperti Gel berwarna bening. Di dalamnya terdapat beads berwarna ungu yang berfungsi sebagai scrub lembut untuk membantu membersihkan muka secara maksimal. Selain beads, terdapat rose petals yang juga berwarna ungu.

Untuk aroma Scarlett Acne Facial Wash, menurutku lebih dominan ke aroma lemon dan tea tree. Jadi lebih terasa sensasi segarnya, and true menenangkan banget setelah pemakaian. Apalagi setelah aktivitas di luar rumah, bikin seeegeeer.
 

Packaging


Aku suka banget sama packagingnya Scarlett facial wash, baik yang acne ataupun brightening karena travel friendly. Memakai botol plastik yang ramping, mudah dibawa ke mana-mana.

Meski sama-sama menggunakan botol plastik, yang membedakan antara brightening dan acne facial wash adalah warnanya. Untuk acne facial wash, kemasan bening dengan strip berwarna ungu, senada dengan acne series lainnya. Aku suka kemasannya yang bening ini membuat isinya yang tampak seperti gel bergelembung terlihat. Sedangkan tutup kemasan 100 ml ini, berbentuk flip top berwarna putih solid yang aman, tidak mudah bocor.

Tidak hanya dikemas dalam botol, namun Scarlett Acne Facial Wash dibungkus cantik dengan outer packaging berupa box berwarna ungu. Terdapat stoppernya juga untuk menahan box anti penyok agar botol lebih aman.

Akan tetapi, jika ingin membuang box-nya, momies tidak perlu khawatir akan kehilangan informasi yang dibutuhkan, karena label pemakaian, manfaat, kandungan utama, expired date, serta nomer BPOM terdapat pada kemasan botol.

Harga dan Ukuran

Scarlett Acne Facial Wash hanya tersedia satu ukuran, yaitu ukuran 100 ml. Untuk 100 ml Scarlett Acne Facial Wash dibanderol Rp 75.000,-. Menurutku harganya cukup terjangkau dengan kualitasnya yang bagus. Apalagi bisa tahan lama hingga kurang lebih 2 bulan pemakaian. Mau lebih murah? Momies bisa beli di linktr.ee/scarlett_whitening, selain dijamin keasliannya, membeli produk Scarlett di Official Store Scarlett banyak diskon dan promonya, loh moms! Ssssttt di Official Store Scarlett sedang ada promo gratis emas loh!

Oh iya, untuk lebih meyakinkan keaslian produk Scarlett, momies juga bisa loh cek mandiri. Caranya gampang kok, cukup buka link berikut https://verify.scarlettwhitening.com/ , lalu isi data yang diminta dan masukan kode di bawah barcode yang terdapat pada kemasan produk untuk cek kode seri. 

Cara Pemakaian agar Hasil Optimal

Pada dasarnya pemakaian Scarlett Acne Facial Wash sama dengan facial wash pada umumnya, yaitu :

1. Tuangkan facial wash secukupnya ke telapak tangan. Kalau aku biasanya 3-5 tetes sudah cukup.
2. Usap secara merata ke seluruh area wajah secara perlahan, lalu bilas.
3. Gunakan secara rutin setiap hari (pagi dan malam)

Namun, untuk hasil maksimal setelah mencuci muka menggunakan Scarlett Acne Facial Wash, lakukan tips pemakaian perawatan wajah seperti ini :

4. Gunakan Scarlett Acne Essence Toner agar PH kulit wajah lebih seimbang, gunakan maksimal 5 menit setelah mencuci muka ya moms, supaya lebih meresap. Penggunaan Scarlett Essence Toner ini terbukti banget sih buat aku, menenangkan kulit wajah, wajah juga jadi terasa lebih lembab.

5. Setelah menggunakan Scarlett Acne Essence Toner, dilanjutkan dengan menggunakan Scarlett Acne Serum untuk membantu mengurangi kulit berjerawat dan beruntusan secara optimal.

6. Untuk mengunci kelembaban kulit dilanjutkan dengan penggunaan Scarlett Acne Day/Night Cream.
7. Last, jangan lupa memakai Sunscreen di pagi hari ya!

Efek Langsung Pemakaian

Scarlett Acne Facial Wash tekturnya yang berbentuk gel, tidak memiliki banyak busa dan ringan di wajah. Ada efek licin dan lembut di kulit wajah setelah di bilas. Beads sebagai scrubnya pun lembut dan tidak terasa kasar di kulit. Aroma tea tree dan lemon langsung terasa saat diusapkan ke wajah membuat wajah lebih segar dan rileks. Setelah pemakaian tidak membuat wajah kaku dan “ketarik”, serta tidak kering di wajah.
 

Penutup

Merawat kulit yang berjerawat dan beruntusan memang bukanlah perkara mudah. Bahkan untuk menggunakan facial wash tidak boleh sembarangan, disarankan untuk menggunakan produk facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan secara khusus yang memiliki kandungan yang dapat merawat kulit berjerawat dan mengangkat kotoran serta bakteri penyebab jerawat.

Scarlett Acne Facial Wash adalah rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan. Di dalamnya terdapat kandungan utama yang dapat merawat serta mencegah kulit berjerawat dan beruntusan. Menurutku, Scarlett Acne Facial Wash ini sesuai dengan klaimnya, apalagi membuat kulitku yang sensitif ini tidak iritasi, tidak membuat kering, dan kaku.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time
Newest Older

Related Posts

3 comments

  1. Scarlett saya lihat terus berinovasi ya, Mbak. Berarti Scarlett bisa digunakan oleh pira juga nih. Boleh nih nanti dicoba biar bisa merasakan manfaat dari Scarlett Face Care

    ReplyDelete
  2. Waah pas banget wajahku lagi bruntusan dan jerawatan nih. Setiap baca review Scarlett pasti jadi mupeng gara-gara komposisinya yang alami banget. Scarlett udah bisa dikirim ke luar negri belum, ya? 😄

    ReplyDelete
  3. Wohoo... Recomended banget dong ini mbak... Makin penasaran aku sama Facial washnya Scarlett ini

    ReplyDelete

Post a Comment