header Quarter Miles Journal

Pencatatan Keuangan UMKM Lengkap dan Praktis dengan Kledo

2 comments
Konten [Tampil]
pencatatan keuangan umkm

Menjajal di dunia bisnis pada tahun 2018 ternyata cukup banyak tantangan yang dihadapi. Beruntungnya, tahun 2018 media sosial sudah marak digunakan oleh masyarakat. Mengapa media sosial? Media sosial menjadi salah satu peran penting dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Begitu juga e-commerce yang menurutku sangat membantu dalam pemasaran para pelaku UMKM sepertiku. Benar kata Mba Mesya Siregar bahwa,

“Pelaku UMKM WAJIB melek digital untuk mendapatkan target market yang lebih besar!”
Ada yang setuju dengan pernyataan Mba Mesya? Selain sebagai seorang public figur, Mba Mesya Siregar ini adalah seorang pelaku UMKM yang sudah merasakan manfaat dari digital marketing. Meski pada awalnya, pemanfaatan digital ini Beliau lakukan karena minimnya budget untuk bisa sewa ruko. Akhirnya, Beliau hanya melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Blackberry Messenger (BBM) dan Facebook. Namun, siapa sangka, justru dari situlah Beliau mendapat target market yang lebih luas.

Bagi pelaku UMKM memiliki market yang luas adalah suatu pencapaian yang sangat penting. Dengan memiliki pangsa pasar yang luas, angka penjualan pun tinggi. Tentunya tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualanpun tercapai. Tapi, pernahkah merasa sudah memiliki angka penjualan yang tinggi, namun keuntungan yang didapat tidak terlalu besar?

Dua tahun pertama menjalani sebagai pelaku UMKM, aku merasakan hal serupa. Keuntungan yang didapat kecil, bahkan tidak tahu ke mana larinya modal sehingga aku tidak bisa stock barang. Keadaan seperti ini terjadi diakibatkan tidak adanya pencatatan keuangan yang baik. Ya, seringkali pelaku UMKM atau pebisnis pemula yang lalai dengan pencatatan keuangan. Padahal, pencatatan keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam perencanaan bisnis.

Pencatatan Keuangan UMKM

umkm


Pencatatan keuangan UMKM dan bagi pelaku bisnis lainnya, sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan. Melalu pencatatan keuangan, kita bisa melihat sehat atau tidaknya bisnis yang sedang kita jalani.

Berikut adalah 3 manfaat pencatatan keuangan bagi pelaku UMKM berdasarkan ukmindonesia.id :

1. Meidentifikasi dan Mengontrol Tingkat Keuntungan Bisnis

Manfaat pertama yang didapatkan dari pencatatan keuangan adalah kemampuan untuk mengidentifikasi tingkat keuangan dari usaha. Dalam 2 tahun pertama, sebagai pelaku UKM aku sendiri masih belum mampu mengidentifikasi dengan tepat keuntungan yang aku dapatkan dari penjualan produk. Aku hanya menghitung keuntungan dari selisih harga beli dan total penjualan yang aku dapatkan. 

Tanpa sadar, biaya operasional tidak aku masukan sehingga sebenarnya pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Dengan disiplin mencatatkan pencatatan keuangan, sebenarnya kita mampu untuk mengidentifikasi secara lebih cepat, apakah usaha yang kita jalani menguntungkan atau tidak.

Selain untuk mengetahui tingkat keuntungan, pencatatan keuangan UMKM juga dapat membantu mengontrol tingkat keuntungan itu sendiri. Mengontrol keuntungan di sini dapat dilakukan dengan melakukan penyesuaian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan. Misalnya dengan menekan biaya operasional, mobilisasi, dan lain sebagainya.

2. Monitoring Perkembangan Usaha

Sebagai pelaku bisnis, apakah kita pernah merasa bahwa bertahun-tahun usaha yang kita jalankan hanya berkutat pada level yang sama? Mungkin tidak sedikit pelaku UMKM yang merasakan hal demikian, termasuk aku. Hal ini dikarenakan, para pelaku UMKM tidak mampu mengidentifikasi perkembangan usahanya dari waktu ke waktu.

Monitoring usaha dalam rangka untuk mengidentifikasi perkembangan usaha dapat dilakukan tidak hanya melalui jumlah pendapatan, tetapi juga dari sisi profit. Selain itu, perkembangan usaha juga dapat dilihat melalui pertumbuhan aset. Hal ini dapat terlihat dari pencatatan kepemilikan aset. Dari sini, dapat diidentifikasi jenis aset mana yang mengalami pertumbuhan. Jenis aset ini disebut aset lancar dan aset tetap.

3. Sebagai Dasar Perencanaan Bisnis

Manfaat besar lainnya adalah membantu -p;dalam melakukan perencanaan bisnis ke depannya. Perencanaan bisnis ini mencakup perencanaan investasi yang mungkin dilakukan dari keuntungan. Dalam prinsip akuntansi, investasi memang berasal dari keuntungan usaha yang didapatkan pada laporan laba rugi.

Pencatatan Keuangan UMKM Lengkap dan Praktis dengan Kledo

kledo


Dilansir sikapiuangmu.ojk.go.id, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, loh. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 99% bentuk usaha di Indonesia adalah UMKM.

Oleh karena itu, pentinnya keberadaan UMKM tentu mewajibkan kita untuk andal dalam mengelola bisnis. Salah satunya adalah dengan disiplin administrasi, Digital tidak hanya memudahkan dalam mencapai target market yang lebih luas, tetapi juga memudahkan dalam pencatatan keuangan pebisnis. Bagaimana digital dapat membantu pencatatan keuangan?

Jika sebelumnya, kita mencatat keuangan secara konvensional di kertas, atau membuat tabel-tabel excel, kini hanya dengan satu software pencatatan keuangan tersusun rapi . Salah satunya adalah dengan hadirnya Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang membantu merapikan sisi keuangan dan sisi bisnis usaha kecil menengah. Teringat saat memulai bisnis, aku membuat tabel-tabel pencatatan keuangan menggunakan excel. Berkali-kali trial error karena tidak menemukan format yang pas dan lengkap. Sekarang, tidak perlu repot lagi.

Kledo, software akuntansi online yang menurutku user friendly, simple, mudah digunakan tetapi memiliki fitur yang lengkap. Bagi pengusaha pemula, Kledo juga menyediakan paket gratis selamanya. Nah, apa sih, keunggulan Kledo?

Keunggulan Kledo sebagai Solusi Online Shop

Berikut ini, adalah keunggulan Kledo untuk pelaku bisnis yang memiliki toko online sepertiku :

1. Berbasis Cloud (online)

Dengan sistem berbasis cloud Kledo dapat digunakan di mana saja, baik melalui PC, tablet, ataupun handphone. Basis cloud juga memungkinkan kita mengecek langsung laporan keuangan secara langsung dan realtime.

2. Auto Sinkronisasi Marketplace

Auto sinkronisasi ini penting sekali. Bayangkan jika kita memeliki toko online di beberapa marketplace. Dengan fitur auto sinkronisasi marketplace, Kledo secara otomatis melakukan dengan berbagai marketplace di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, bahkan toko online berbasis WordPress atau Woocommerce.

3. Manajemen Inventory

Kledo membantu kelola stock lebih mudah dan laporan secara realtime. Jadi, tidak lagi khawatir akan kehabisan stock. Begitu juga dengan pengelolaan multi gudang atau multi cabang yang dapat dipantau dalam satu aplikasi.

4. Invoicing Lebih Cepat

Invoicing dapat dilakukan lebih cepat , praktis, dan akan mendapatkan laporan secara automatis.

5. Proses Konsinyasi

Kledo dapat melakukan pencatatan proses konsinyasi dengan mudah dan praktis.

Keren ya, dalam satu aplikasi sejuta manfaat, hihi. Ya, kemajuan teknologi membuat kita mampu bergerak cepat, serba praktis, dan mudah. Kuncinya, kita mau belajar dan mengikuti perkembangan teknologi.

Intip Fitur Kledo

Sudah mulai penasaran apa saja fitur software Kledo? Kledo terbilang software akutansi yang memiliki fitur lengkap. Meski beberapa fiturnya hanya dapat dinikmati dalam paket berbayar.

Terdapat 3 paket Kledo, yaitu paket gratis selamanya, paket pro, dan paket elite. Untuk lebih jelasnya fitur apa saja yang didapat tiap paketnya, simak gambar di bawah ya!
harga kledo

Nah, di sini aku mau berbagi cara mendaftar dan intip fitur gratis dari Kledo.

Cara Mendaftar Kledo

daftar kledo
1. Caranya cukup mudah, jika tidak ingin mendownload aplikasinya, teman-teman bisa membuka website Kledo, yaitu https://kledo.com/, klik daftar atau coba gratis

2. Pilih paket yang akan kita gunakan, misalnya paket gratis selamanya. Jika teman-teman penasaran dengan fitur paket pro dan elite, teman-teman bisa juga mencobanya gratis selama 14 hari.

3. Setelah memilih paket, isi kolom data yang harus diisi, lalu klik daftar sekarang.

4. Jadi deh! Akun teman-teman sudah terdafar. Teman-teman bisa cek email atau nomer handphone yang terdaftar untuk informasi log in, ya!

Fitur Kledo

Setelah log in teman-teman akan di bawa ke dashboard Kledo di https://app.kledo.com. berikut adalah fitur-fitur unggulan dari Kledo :
laporang keuangan kledo



1. Beranda

Pada dashboard beranda akan diperlihatkan, grafik dan diagram overview dari semua data yang sudah kita masukan. Kita bisa cek semuanya melaui grafik yang terdapat dalam beranda ini.

2. Penjualan

Fitur penjualan berisi overview, tagihan, dan pemesanan.

- overview melalui overview penjualan kita dengan mudah melihat grafik dan diagram penjualan alias summary dari penjualan dalam satu bulan.

- tagihan berisi invoice dari semua tagihan penjualan, dari tagihan yang belum dibayar, dibayar sebagian, lunas, jatuh tempo , retur, dan transaksi berulang berikut nilai total tagihannya.

- pemesanan pada dasarnya pemesanan ini berisi data produk yang dipesan, namun fitur ini tidak tersedia dalam paket gratis.

3. Pembelian

Sama seperti penjualan, fitur pembelian terdapat overview grafik dan diagram, tagihan, dan pembelian stock barang per vendor dalam 1 bulan.

4. Biaya

Fitur biaya berisi biaya-biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan.seperti mobilisasi, komisi,dan biaya operasional lainnya. Dalam fitur ini juga terdapat grafik dan diagram agar untuk laporan yang lebih detail.

5. Produk

Fitur produk berisi data stock produk, harga beli, harga jual, dan total jumlahnya.

6. Inventory

Fitur inventory berisi stock dalam multi gudang dan multi cabang.

7. Laporan

Nah, detail laporan pergerakan produk, dll bisa kita pantau dari fitur laporan. Dalam fitur ini lengkap semua laporan bisa dilihat realtime.

8. Kas dan Bank

Memantau keuangan dalam kas dan beberapa bank, cukup dalam fitur kas dan bank di software Kledo. Semua transaksi keluar masuk keuangan bisa dipantau dalam fitur kas dan bank.

9. Aset

Aset yang kita miliki bisa kita masukan dalam fitur aset. Fitur aset ini juga bisa menunjukan perkembangan bisnis kita, loh.

10. Kontak

Data kontak pelanggan ataupun vendor bisa kita simpan dalam fitur kontak. Pencatatan kontak pelanggan atau vendor ini sangat penting.

Penutup

Bagaimana, tertarik mencoba Kledo sebagai software pencatatan keuangan UMKM? Jika, masih belum paham dengan pengisian fitur-fitur dalam software ini, Kledo juga memberi layanan demo dan konsultasi online gratis melalui zoom, loh! Ingat, pencatatan keuangan untuk perkembangan bisnis itu penting, hihi

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

2 comments

  1. wah mantep ya si Kledo, bisa trial dulu untuk versi gratisnya kali ya.
    Memang bener si, yg namanya pencatatan keuangan itu penting banget. Biar bisa terus memantau perkembangan bisnis apakah di posisi laba atau rugi. Kalau bisnis sudah besar dan di skala perusahaan, area pencatatan keuangan ini bakal jadi bagian analisa fundamental perusahaan

    ReplyDelete

Post a Comment