header Quarter Miles Journal

Cek Fakta Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Nyeri Sendi! Ibu Wajib Tahu!

30 comments
Konten [Tampil]
susu kambing etawa

Jika benar susu kambing etawa dapat mengatasi nyeri sendi, Ibu wajib berbahagia! Bagi Ibu usia 30-an atau Ibu yang sudah pernah melahirkan, pasti sudah tidak asing dengan “nikmat”-nya nyeri sendi. Betul kan, Bu? Nyeri sendi pasca melahirkan seringkali terjadi dan membuat banyak Ibu merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Namun, tidak bisa dipungkiri, proses hamil dan melahirkan memberikan banyak perubahan terhadap kondisi tubuh.

Tak terkecuali aku, yang kini mengalami berbagai keluhan nyeri sendi setelah melahirkan 3 anak. Dari nyeri pinggul, punggung, hingga nyeri pergelangan tangan. Tak hanya mennghambat aktivitas, kala itu aku bahkan sulit untuk memiringkan badan saat tidur, hingga sulit berdiri dan berjalan.

Arthritis atau nyeri sendi menurut Orthopaedics and Sport Medicine, University of Washington, adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang di segala usia, termasuk Ibu yang baru melahirkan. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan rasa kaku dan bengkak pada area sendi, yang mengkibatkan sendi mengalami penurunan kemampuan bergerak.

Aku sendiri merasa nyeri sendi sebenarnya sejak usia kehamilan. Namun, ku pikir itu adalah hal wajar karena ketika hamil tentunya berat badan akan bertambah, tubuh pun melebar. Akan tetapi, semakin lama aku mengalami peradangan pada sendi yang mengakibatkan rasa nyeri luar biasa pada pinggul, pergelangan tangan hingga pangkal tangan, pergelangan kaki, lutut, dan juga punggung bahkan sampai bertahun-tahun setelah melahirkan.

Ah, dari yang hanya bisa menahan rasa sakitnya saja, menangis, ikhtiar dengan melakukan akupuntur, sampai hampir dioperasi, sudah aku lewati selama 5 tahun terakhir ini. Lalu, baru-baru ini aku mendapat info bahwa susu kambing etawa dapat mengatasi nyeri sendi, memang benar? Sebelum termakan kabar angin, cek dulu yuk faktanya!

Susu Kambing Etawa

Apa sih, susu kambing etawa itu? Susu kambing etawa merupakan susu hasil persilangan dari kambing jenis Jamunapari atau Jamnapari yang berasal dari distrik Etawah di India dengan kambing lokal Indonesia. Sebagai hewan pertama penghasil susu, banyak sumber yang meyakini bahwa susu kambing etawa lebih menyehatkan dibanding susu sapi.

Lalu, benarkah manfaat susu kambing etawa dapat mengatasi nyeri sendi dibandingkan susu sapi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari lebih dulu kita telusuri penyebab terjadinya nyeri sendi.

Banyak orang berpikir bahwa permasalahan nyeri sendi umumnya terjadi karena faktor penuaan. Ya, aku sering mendengar di kalangan Ibu-ibu ketika merasa sakit pada persendian, kami sering mengatakan, “Duh, sudah tua nih, encok.” , “Duh, faktor U nih, badan nyeri semua.”. Faktanya, nyeri sendi bisa disebabkan bukan hanya karena penuaan, tetapi juga kurangnya konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan protein.

Di mana kedua kandungan tersebut dapat mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis) serta nyeri sendi. Kalsium sangat diperlukan tubuh untuk memenuhi kepadatan massa tulang. Selain berolahraga untuk memenuhi massa otot, menjaga kepadatan massa tulang juga sangat penting untuk menghindari risiko penyakit tulang dan sendi.

Nah, dibanding susu sapi, susu kambing etawa memiliki kandungan kalsium dan protein lebih tinggi.

Perbandingan Nutrisi Susu Kambing Etawa dan Susu Sapi


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbandingan kandungan susu kambing etawa dan susu sapi dalam takaran 200 mililiter:

Susu Kambing Etawa Susu Sapi
Protein 9 gram 6 gram
Lemak 5 gram 7 gram
Karbohidrat 13 gram 4,3 gram
Kalsium 200 miligram 143 miligram
Fosfor 160 miligram 60 miligram
Zat Besi 5 miligram 1,7 miligram
Natrium 70 miligram 36 miligram
Kalium 320 miligram 149 miligram


Note: kandungan susu sapi bisa berbeda tergantung jenis susu sapi

Berdasarkan perbandingan kandungan nutrisi dari dua jenis susu pada tabel di atas, tak heran jika susu kambing etawa yang kini banyak digemari masyarakat Indonesia menjadikannya susu untuk kesehatan yang baik atasi pengapuran tulang dan susu nyeri sendi.

Manfaat Kandungan Susu Kambing Etawa


Tak hanya tulang dan sendi, berdasarkan kandungan nutrisinya, manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Mencegah Stunting

Protein merupakan kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel dan jaringan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, serta sebagai sumber energi. Dalam masa pertumbuhan, asupan prostein sangat berperan penting bagi tumbuh kembang anak-anak.

Memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh anak, dengan memberikan susu kambing etawa yang kaya akan protein dibanding susu sapi, dapat membantu mencegah stunting pada anak.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada susu kambing etawa dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Di mana kedua mineral tersebut, sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi.

Anak-anak yang terpenuhi kebutuhan kalsiumnya, akan memiliki pondasi kekuatan tulang di kemudian hari. Sedangkan untuk orang dewasa, kalsium sangat penting untuk mencegah osteoporosis, pengapuran tulang, fungsi saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

3. Menjaga Kadar Kolesterol

Berdasarkan tabel di atas, susu kambing etawa memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah dibanding susu sapi. Bagi penderita kolesterol tinggi, susu kambing dapat menjadi pilihan. Mengonsumsi susu kambing juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kandungan susu etawa berikutnya adalah adanya prebiotik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan lebih tinggi daripada susu sapi. Bahkan, jenis prebiotik yang terkandung pada susu kambing etawa sama dengan prebiotik dalam ASI. Oleh karena itu, susu kambing etawa memiliki manfaat yang baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Vitamin A, vitamin B, dan vitamin D pada kandungan susu etawa dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Mengurangi Risiko Alergi dan Intoleransi Laktosa


Susu kambing etawa memiliki kandungan laktosa lebih rendah dibanding susu sapi, oleh karenanya susu kambing etawa relatif lebih aman untuk dikonsumsi intoleransi laktosa dan penderita alergi susu sapi.

7. Mengatasi gangguan pernapasan dan Mengatasi insomnia


Pada susu kambing etawa terdapat kandungan zat yang dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga susu kambing etawa dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan seperti bronkitis dan batuk.

Selain itu, kandungan triptofan atau asam amino pada susu kambing etawa dapat membantu meningkatkan produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur.

etawarich : Rekomendasi Susu Kambing Etawa

susu etawarich


Pertama kali aku mengenal susu kambing etawa yaitu saat aku kuliah di Yogyakarta tahun 2009 lalu. Tahun-tahun itu menjamur cafe-cafe susu sapi murni dengan berbagai rasa di sana. Namun, ada satu cafe yang khusus menjual susu kambing. Hal yang terlintas dibenakku saat itu adalah

“Hah? Susu kambing? Memang kambing ada susunya? Memang susunya engga bau prengus?”
Ya, meski faktanya susu kambing etawa lebih banyak kandungan nutrisinya bahkan lebih aman untuk pencernaan, banyak orang sudah “mundur” dahulu membayangkan bau prengus yang ditimbulkan susu kambing etawa ini. Eits, jangan mundur dahulu sebelum mengenal susu kambing etawa etawarich. Karena, susu etawarich bebas bau prengus, loh!

Kok, bisa? Hal ini dikarenakan pada susu kambing etawa etawarich memiliki proses pengeringan dan penambahan micronutrien sesuai kebutuhan yang dapat mengurangi bau prengus. So, konsumsi susu etawarich aman dari bau prengus, ya! Tidak heran, kalau susu etawarich banyak direkomendasikan pengguna susu kambing. Tak hanya soal bau, kandungan dan manfaat yang ditawarkan susu kambing etawarich pun beragam. Khasiat susu kambing etawarich juga diyakini sebagai susu untuk pengeroposan tulang dan nyeri sendi yang direkomendasikan. 

Kandungan Susu Kambing Etawa etawarich

kandungan susu etawa



Susu kambing etawarich merupakan susu kambing etawa berkualitas tinggi yang rendah gula dan lemak tanpa bahan pengawet, dengan bahan-bahan berkhasiat. Berikut  khasiat susu kambing etawarich berdasarkan bahan utamanya:

1. Susu Kambing Etawa

Susu etawarich memiliki kandungan 98% susu kambing etawa yang kaya akan kandungan fosfor, kalsium, sodium dan flourin yang manfaatnya sudah kita sebutkan di atas.

2. Kayu Manis

Kandungan kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol pada kayu manis memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk peningkatan metabolisme, pengendalian kadar gula darah, pencegahan peradangan, serta dapat membantu melawan radikal bebas.

3. Gamat

Ekstrak gamat dapat mengatasi nyeri sendi dan membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh karena ekstrak gamat memiliki banyak kandungan gizi tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin.

4. Bee Pollen

Susu etawarich juga mengandung bee pollen di mana flavaoid, quercetin, dan glutathione pada bee pollen dapat menangkal efek radikal bebas, memelihara fungsi hati, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta menjaga kesehatan jantung.

5. Daun Sirsak

Bahan berkhasiat lainnya adalah daun sirsak. Kandungan flavanoid pada daun sirsak mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase

6. Gula Stevia

Kelebihan lainya dari susu etawarich adalah aman dikonsumsi penderita diabetes karena menggunakan gula stevia. Gula Stevia (Stevia rebaudiana) merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori.

Manfaat Utama Susu Kambing etawarich

manfaat susu etawa etawarich


Melihat kandungan utama yang kesemuanya baik untuk kesehatan, berikut adalah manfaat susu etawa etawarich :

1. Memperlancar pencernaan

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Menjaga pengeroposan tulang dan nyeri sendi

4. Mengatasi Permasalahan Sistem Pernapasan

5. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

6. Mencegah Pengeroposan Tulang Dan Anemia

So, jika teman Journey memiliki permasalahan di atas, mengonsumsi susu kambing etawarich bisa menjadi salah satu ikhtiar dalam mengatasinya. Seperti aku yang saat ini menderita nyeri sendi yang berkepanjangan, mulai mengonsumsi susu etawarich.

Terlebih lagi, susu etawarich ini 100% produk organik yang aman dikonsumsi segala usia, termasuk anak-anak di atas 2 tahun, dan bermanfaat untuk ibu menyusui. Dibanding susu sapi yang rawan membuat alergi dan intoleransi laktosa, manfaat susu etawa etawarich bisa menjadi alternatif sebagai susu untuk kesehatan keluarga. Dengan susu yang berkualitas tinggi, nutrisi 3x lebih baik, serta kalsium yang lebih tinggi.

Namun, teman Journey juga wajib memerhatikan produk asli susu etawarich, agar manfaat susu tulang keropos dan nyeri sendi ini, dapat dirasakan teman Journey. Bukan produk palsu atau tiruan serta ilegal yang justru membahayakan tubuh. 

Teman Journey bisa membelinya di distributor resmi susu kambing etawa etawarich, yaitu etawarich official store yang ada di  e-commerce kesayangan kalian, seperti shopee : https://shopee.co.id/etawarich.id dan tokopedia : https://www.tokopedia.com/etawarich. Melalui distributor resmi, produk susu etawarich yang dijual, dijamin keasliannya.

Begini Cara Penyajian Susu Kambing etawarich yang Benar!

cara penyajian susu etawarich sebagai susu untuk pengeroposan tulang


Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah dalam penyajian atau cara konsumsi susu kambing etawarich yang akan memengaruhi terhadap khasiatnya.

Berikut ini adalah cara penyajian setiap sachet susu tulang keropos etawarich yang benar :

1. Gunakan cangkir kecil tuangkan 1 sachet susu kambing etawarich

2. Tuangkan air panas sebanyak 120 ml saja (Warning! Hanya 120ml saja ya, teman Journey! Tidak boleh kelebihan karena rasanya akan hambar). dengan hanya menggunakan air panas sebanyak 120 ml, susu akan terasa lebih nikat dan khasiatnya langsung terasa.

3. Aduk rata, dan selamat menikmati khasiatnya!

Penutup

Berdasarkan kandungannya yang memiliki kalsium dan protein lebih tinggi, susu kambing etawa sangat baik untuk atasi nyeri sendi adalah fakta ya, teman Journey! Teman Journey yang mengalami masalah nyeri sendi patut berbahagia nih, dengan rutin konsumsi susu kambing etawa sebagai susu nyeri sendi dapat menjadi solusi mengatasi sakit yang tidak tertahankan akibat nyeri sendi. Kabar baiknya lagi, sebagai susu untuk pengeroposan tulang dan sendi, susu kambing etawarich hadir untuk memberikan pengalaman konsumsi susu kambing tanpa bau prengus serta menggunakan gula Stevia yang aman untuk diabetes dan nol kalori. Salam sehat, selamat mencoba!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

30 comments

  1. Oalah, ternyata emang bener ya nyeri sendi bisa karena efek setelah melahirkan. Ini yang aku alamin banget Mbak. Malah kapan hari sampai lutut kakiku susah bergerak. Shalat sampai sambil duduk sambil nangis. Sembuh lutut, eh ganti jari kelingkingku jari manisku yang susah bergerak. Ternyata bisa ya disembuhin kalau pakai susu etawa. Kapan-kapan nyoba juga ini juga deh.

    ReplyDelete
  2. Banyak banget manfaat dari susu kambing etawarich ini ya kak. Wajar sih, soalnya kandungannya gak main-main, gak cuma susu kambing saja. ada gamat, kayu manis, dan lainnya yang emang kaya akan manfaat bagi tubuh.

    ReplyDelete
  3. w.a.w ternyata untuk pencegahan stunting yang terjadi pada anak, harus diberikan protein yang baik kaya susu etawa ini ya buat si momy. Etawa ini rekomended banget buat di konsumsi yaa kak, karena kaya akan manfaat dan berbagai macam kelebihan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan juga ya mba, dengan adanya susu Etawa ini bisa di jadikan persediaan rutin untuk dikonsumsi anak di rumah serta keluarga

      Delete
  4. wah, jika dibandingkan sama susu sapi, perbedaannya sungguh nyata ya kak. Susu etawarich banyak manfaatnya. Tidak bau prengus pula. Emak jadi tahu. Cocok buat jaga kesehatan tulang para ibu-ibu

    ReplyDelete
  5. Kalau saya rasanya di lutut. Mulai sering nyeri deh sendinya. Malah sempat terganggu aktivitas karena sendinya sakit. Saya suka minum susu. Jadi pertarik juga pengen cobain Etawarich. Berharap sakit sendi pun hilang.

    ReplyDelete
  6. Huhu sayang banget aku waktu hamil dan melahirkan nggak tahu kalau susu etawarich bisa dikonsumsi untuk ibu hamil juga. Padahal yang aku rasakan juga mirip sama mbak Dea, sendi semua pada nyeri. Mungkin karena kelebihan berat badan ya jadi mengakibatkan nyeri sendi.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu bahwa etawa itu persilangan kambing lokal dan India,khasiat susunya sangat bermanfaat bagi semua

    ReplyDelete
  8. Sejak minum susu kambing etawa nyeri sendi ibuku jauh berkurang. Selain itu beliau juga tidur lebih nyenyak kala malam hari. Jauh lebih baik kondisinya daripada dulu yang susah tidur dan sering mengeluh nyeri sendi. Kolestrolnya juga terjaga stabil

    ReplyDelete
  9. saya sering nih mengalami linu sepertinya harus mulai mengkonsumsi susu kambing etawa agar lebih fit

    ReplyDelete
  10. Kita jadi nggak perlu pusing lagi mengatasi nyeri sendi yang memang rawan sekali terjadi, ya, Mba. Duh, nyeri sendi emang pengalaman nggak mengenakkan yang jelas mengganggu aktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya etawrich bisa dikonsumsi bahkan dari anak usia 2 tahun dan lansia ini sangat membantu ya

      Delete
  11. Sebagus itu ya Susu Kambing Etawa yang banyak nutrisi dan bagus untuk yang punya masalah sendi. Tidak heran juga banyak yang merekomendasikan susu etawa ini.

    ReplyDelete
  12. Eh seriusan bagus buat sendi? Sama banget sejak lahiran anak pertama dan hamil apalagi anak kedua, sendi tuh kayak udah mau copot huhu. Nanti deh mau nyobain susu kambing, nutrisinya ternyata lebih oke ya

    ReplyDelete
  13. Suau Etawa memang sebagus itu untuk nyeri sendi. Banyak manfaat yang didapat yah dari susu ini. Selain untuk sendi untuk tulang juga bagus.

    ReplyDelete
  14. Selama ini pun mikir kalo nyeri sendi efek udah tua aja ternyata dari makanan yang dikonsumsi juga ya. Wah ini manfaat susuk kambing banget banget, uda cocok dikonsumsi para keluarga deh.

    ReplyDelete
  15. mbakkk nyeri sendi mah gak nikmat tapi menyiksa hehehe.. aku seneng deh ada susu kesehatan untuk mengatasi tulang gini. apalgi bisa dikonsumsi anak usia 2 tahun dan lansia. sebagai anak yang memiliki kedua orang tua yng sudah sepuhh tentu memilih susu harus lebih hati-hati

    ReplyDelete
  16. Wah, ternyata kandungan nutrisi susu kambing lebih bagus dari susu sapi ya mba. Soal rasa juga menurutku lebih enak, lebih gurih dan creamy.

    ReplyDelete
  17. aku senang banget minum susu kambing yang gak mau dan segar di badan berasa happy banget kalau badan jaid makin sehat

    ReplyDelete
  18. Bisa untuk mencegah stunting juga ya? Mulai usia berapa anak boleh diberikan susu etawarich ini ya? Apakah patokannya sama seperti susu sapi?

    ReplyDelete
  19. yaa Allah semoga cepat sembuh yaa mbaa..alhamdulillah ya ada susu untuk kesehatan yang bagus dari susu kambing etawa

    ReplyDelete
  20. Ternyata banyak juga ya manfaat dari susu etawa ini, apalagi sekarang ada produk susu kambing seperti etawarich yang tidak bau prengus, pastinya akan banyak yang suka, karena manfaatnya dapat, enaknya juga dapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ya pak manfaatnya bentuk ikhtiar kita menjaga kesehatan. Alhamdulillah aku suka kalau yang nggak bau prengus. Pantas saja susu etawarich banyak digemari berbagai kalangan.

      Delete
  21. Ternyata susu kambing etawarich bisa mengatasi nyeri sendi dan tidak prengus. Saya yang sudah lanaia ini sering banget nyeri sendi dan susah tidur. Perlu dicoba juga ini, susu yang tidak prengus dan manfaatnya banyak ini

    ReplyDelete
  22. Konsumsi ini benar-benar berkhasiat untuk tulang dan sendi ya mbak. Enak

    ReplyDelete
  23. Ya jelas doong susu kambing lebih bagus daripada susu sapi. RAsulullah minumnya susu kambing juga ya kayaknya. Cuman ya itu, kurang populer di Indonesia ya. Kalau ada yang kemasan praktis gini pasti banyak yang mau, apalagi kalau yang udah pada tau manfaatnya

    ReplyDelete
  24. Kandungan susu etawarich ini luar biasa juga ya. Apalagi ada kandungan gula stevia sebagai pemanis dengan nol kalori. Susu kambing yang identik dengan bau kambing, bisa bebas bau prengusnya kambing itu hebat banget lho.

    ReplyDelete
  25. Jadi referensi yang keren buat saya yang sedang mencari alternatif lain pengganti susu sapi formula

    ReplyDelete
  26. Wah, serem juga, ya, Mbak, dari nyeri sendi bisa berakhir di meja operasi. Mending cepat-cepat ikhtiar dengan susu kambing Etawarich. Sudah kaya nutrisi, enak lagi. Dan yang terpenting tidak bau prengus.

    ReplyDelete
  27. Nyeri sendi bisa dialami siapa saja, apalagi ibu hamil, dan menyusui. Beban berat selama kehamilan bis amenjadi penyebab nyeri sendi juga. Konsumsi susu etawarich bisa jadi solusi, karena juga aman bagi ibu hamil

    ReplyDelete

Post a Comment