header Quarter Miles Journal

9+ Ide Usaha Rumahan Modal Kecil yang Wajib Kamu Coba

1 comment
Konten [Tampil]
ide usaha rumahan modal kecil


Masih bingung dengan ide usaha rumahan modal kecil? Bisnis usaha rumahan modal kecil di era digital ini sebenarnya banyak yang menjanjikan loh. Namun, banyak orang seringkali bingung dan menjadi kendala untuk terjun ke dunia bisnis.

Tak dipungkiri, dulu aku pun seperti tak ada ide bagaimana memulai bisnis dengan modal kecil. Jangankan memulai, menemukan ide usaha rumahan modal kecil saja aku tidak tahu. Ya, tepatnya tahun 2015 silam saat aku masih mengikuti perusahaan konstruksi. Saat itu status ku masih menjadi pegawai kontrak yang mana sewaktu-waktu jika proyek sudah selesai bisa jadi aku diberhentikan. Sedangkan mau tidak mau aku harus membantu menghidupi keluarga.

Aku mulai berpikir bahwa "Wah, engga enak ya ikut kerja sama orang, bergantung dengan gaji tiap bulan untuk membiayai hidup". Dari situlah aku memiliki keinginan kuat terjun ke dunia bisnis. Memiliki bisnis sendiri. Sayangnya terhenti pada " keinginan" semata, tidak ada realisasi karena tidak menemukan ide usaha rumahan modal kecil.

Namun, awal tahun 2018 ketika aku memutuskan untuk resign karena memiliki anak, aku mulai kembali berkeinginan untuk berbisnis. Terbiasa mencari uang sendiri, membuatku ingin terus berpenghasilan walaupun sembari mengurus anak di rumah. Beruntungnya, di tahun 2018 ini zaman semakin canggih. Aku mulai menemukan beberapa ide usaha rumahan modal kecil.

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Ide Usaha Rumahan


Berani terjun ke dunia bisnis ternyata membuat mindset kita berbeda, loh. Kalau dulu, sulit menemukan ide usaha, namun setelah terjun ke dunia bisnis, apa saja bisa dijadikan ide untuk usaha. Beberapa diantaranya, ide usaha rumahan modal kecil yang akan aku sharing pernah atau sedang aku jalani.

Ide usaha rumahan modal kecil yang akan aku bagi, cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Bahkan bisa nenjadi usaha rumahan modal kecil dengan keuntungan besar. Apa saja itu? Simak yuk!

9+ Ide Usaha Rumahan Modal Kecil


1. Menjadi Dropshiper dan Reseller


Menjadi dropshiper dan reseller adalah langkah awalku memulai untuk terjun ke dunia bisnis. Sistem ini, nudah dijalankan dengan modal kecil. Hanya memerlukan gadget dan internet. Sudah tahu aoa itu Dropshiper? apa bedanya dengan reseller? Sistem dropship berbeda ya dengan reseller.

Menurut Wikipedia, dropship adalah sebuah sistem bisnis di mana seseorang yang menjalankan sistem bisnis ini melakukan penjualan barang tanpa melakukan stok barang. Jadi, setelah melalukan pemasaran dan mendapatkan pembeli, dropshipper hanya perlu melakukan pemesanan ke supplier untuk kemudian dikirim oleh supplier ke pembeli.

Melalui sistem dropship ini, kita tidak perlu repot kirim barang ataupun harus bermodal untuk stock barang terlebih dahulu. Untuk memulainya, kita bisa terlebih dahulu menentukan barang yang akan kita jual, kemudian menemukan supplier yang sesuai dan terpercaya.

Bagaimana caranya menemukan supplier yang sesuai? Jika sulit menemukan, teman-teman bisa memulainya dengan mencari barang di market place lalu kirim sebagai dropshipper. Mudah bukan?

Berbeda dengan dropshipper, reseller ini harus menyetok barangnya terlebih dahulu lalu mengirimkannya ke pembeli. Namun, biasanya keuntungan yang didapat lebih besar dibandingkan dengan dropshipper. Mengapa demikian? Reseller umumnya dapat membeli dengan harga khusus, di mana selisih dari harga supplier ini bisa menjadi keuntungan reseller.

Setelah barang ditangan, reseller bisa bebas menentukan harga sendiri. Untuk menjadi seoranh reseller, teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat dari supplier. Beberapa supplier ada yang mementukan harus melakukan pembelian dengan nominal tertentu terlebih dahulu untuk dapat menjadi reseller.

Sudah ada gambaran tentang dropshipper dan reseller? Keduanya memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri, namun sama-sama memiliki modal kecil. Jadi, pilih dropshipper atau reseller?

2. Affiliate Marketing


Affiliate marketing belakangan ini sedang tren dilakukan banyak orang. Termasuk aku, selain menjadi dropshipper dan reseller, aku pun pernah menjadi affiliate marketing. Affiliate marketing termasuk ide usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan.

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan memasarkan sebuah produk atau jasa yang nantinya akan mendapatkan imbalan jasa berupa komisi. Jumlah komisi sebagai affiliate marketing cukup besar loh, hanya dengan memasarkan produk saja. Bagaimana cara menjadi affiliate marketing?

Mudah, karena belakangan ini banyak penyedia jasa yang membutuhkan affiliate marketing. Teman-teman cukup cari info di media sosial atau bisa mendaftarkan diri ke beberapa market place yang membutuhkan jasa affiliate marketing.

3. Menjual Barang Preloved


Pernah mendengar Tinkerlust? Tinkerlust merupakan marketplace preloved di Indonesia yang didirikan oleh Samira Shihab dan Aliya Amitra. Berkaca dari Startup preloved ini, barang bekas yang kita punya artinya masih bisa dijadikan ide bisnis rumahan.

Kalau ada pertanyaan apakah barang yang dijual harus branded? Aku bisa menjawab tidak. Ide usaha nomor 3 ini pun pernah aku jalani. Awalnya, aku hanya mengumpulkan baju-baju, tas, dan barang lainnya yang sudah tidak terpakai untuk disumbangkan. Namun, ternyata sumbangan berupa barang ini, sering kali sudah over. Jadi, banyak yang sudah tidak menerima.

Akhirnya, aku memilih barang-barang yang masih bagus untuk dijual. Aku buat akun nstagram untuk barang preloved. Tidak hanya itu, aku pun mencoba menjualnya ke pasar komunitas. Siapa sangka, ternyata banyak peminatnya loh!

Selain menjual barang preloved milik sendiri, kita bisa juga membuka jasa untuk memasarkan barang-barang preloved.

4. Blogger


Saat ini, banyak perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan bloger untuk mempromosikan produk atau jasanya. So, bloger bisa menjadi salah satu ide usaha modal kecil yang patut dipertimbangkan.

Perlu diingat, menjadi bloger pun harus mau belajar. Belajar SEO, belajar konsisten menulis artikel, belajar membaca peluang bisnis, dll. Selain bisa berpenghasilan dari job yang ditawarkan perusahaan atau perorangan, bloger juga bisa berpenghasilan dengan mendaftarkan Google AdSense untuk blognya.

5. Make Up Artist


Suka make-up? Yuk, manfaatin skill make-up yang kamu punya jadi ide usaha modal kecil. Bisa dimulai mencari pelanggan dari kerabat terdekat terlebih dahulu. Misal make up untuk acara wisuda, pre-wedding, kondangan, dll.

Jika, sudah percaya diri dengan skill yang dimiliki, barulah mulai merambah mencari kerja sama dengan fotografer, wedding organizer, dll.

6. Influencer


Era digital juga memudahkan para influencer menemukan wadah untuk mencari job. Belakangan ini, banyak platform yang menjembatani para influencer mendapatkan job, seperti Orami dengan ibu sibuk influencer, The Asian Parents, dll. Begitu juga beberapa management influencer yang baru-baru ini aku tahu.

Konisten membuat konten berkualitas di media sosial, jumlah followers, engagement rate, tampilan feed media sosial, dll biasanya menjadi syarat diterimanya influencer untuk mempromosikan sebuah produk.

7. Menjual Snack dan Minuman Kemasan


Nomor 7 ini belum pernah aku coba namun sangat ingin aku coba. Di era pandemi ini, terlebih kemarin saat aktivitas terhambat dan banyak menghabiskan waktu di rumah, kebutuhan asupan makanan ringan semakin tinggi.

Basreng alias bakso goreng, makaroni kering, keripik singkong, keripik pisang, bisa menjadi pilihan ide usaha rumahan dengan modal kecil. Di instagram ataupun aplikasi resep masakan, banyak menyediakan ide ide makanan kreatif untuk bisa dijual.

Begitu juga dengan berbagai macam minuman kemasan seperti kopi, dalgona, susu kurma, minuman-minuman lainnya yang menarik dan mungkin sedang trend bisa dimanfaatkan untuk usaha. Selain memasarkan lewat media sosial, bisa juga bekerja sama dengan platform penyedia layanan pesan antar.


8. Menjadi Agen Pulsa, Internet, dan Token


Aku kira menjadi agen pulsa, internet, ataupun token sudah tidak laku lagi di zaman yang serba online bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, ternyata salah besar. Hal itu aku rasakan ketika aku harus membeli token listrik, namun tidak ada jaringan internet karena wifi mati jika listrik mati. So, aku harus membelinya di agen atau mini market yang menyediakan penjualan token listrik

Dari pengalaman di atas, pasti tidak hanya aku yang pernah mengalami hal itu, bisa terjadi oleh banyak orang. Jadi, jangan ragu untuk mencoba menjadi agen pulsa, internet, dan token. Teman-teman bisa bergabung menjadi mitra, seperti mitra buka lapak atau mitra shopee.

9. Membuka Usaha Jasa Titip (Jasa Titip)


Membuka usaha jasa titip juga patut dicoba. Beberapa orang yang aku kenal yang sudah lebih dahulu menjalankan jasa titip bisa tiap tahun jalan-jalan ke luar negeri loh dari keuntungannya! Menggiurkan ya hihi.

Teman-teman juga bisa coba dari hal kecil dahulu. Misal, teman-teman berada di wilayah yang banyak tempat makanan favorit, teman-teman bisa menawarkan jasa titip ke target market. Contohnya, ketika berada di Yogyakarta, bisa open jastip Bakpia Tugu. Tidak hanya makanan, aksesories, baju, tas, sepatu, pun bisa dijadikan barang untuk jastip.

By the way, lebaran Idul Fitri kemarin, aku melihat teman-teman yang membuka jastip baju, hijab, tas, sepatu di Tanah Abang. Target market mereka adalah mereka yang berada di luar kota, atau malas berdesak-desakan di Tanah Abang. Aku lihat pesanannya bisa berkoper-koper loh.


10 Usaha Frozen Food


Contoh lain dari ide usaha rumahan modal kecil yang belum banyak pesaing adalah bisnis Frozen Food. Hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan akan produk frozen food pun semakin meningkat di era pandemi. Semakin banyak orang memerlukan makanan yang praktis dan bisa disimpan lama di dalam kulkas. Tak heran bisnis frozen food untuk produk-produk seperti sosis, nugget, dan french fries semakin ramai peminatnya.

Tips Memulai Ide Usaha Rumahan Modal Kecil


Mendirikan usaha rumahan modal kecil memang membutuhkan keberanian dan kegigihan untuk melangkah maju. Tapi, membuka usaha kecil-kecilan dari rumah bisa menjadi langkah awal untuk terjun ke dunia bisnis. Untuk mewujudkan bisnis tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membangun ide usaha rumahan modal kecil.


1. Jangan Takut Gagal


Pasti kita sudah paham betul, melakukan bisnis akan berhadapan dengan dua pilihan, yaitu sukses atau gagal. Untuk bisa memulai, kita harus bisa mengatasi rasa takut gagal, karena akan mempengaruhi setiap keputusan yang kita buat. Hal yang perlu dilakukan adalah bangkitkan mentak pemenang dan yakinkan diri bahwa kita bisa memiliki segala sesuatu untuk membuat bisnis sukses.

2. Pilih Ide Bisnis Rumahan Sesuai dengan Minat


Mengenali diri dan minat adalah modal utama dalan mendirikan usaha rumahan modal kecil. Mengapa demikian? Membangun bisnis adalah hal yang sulit. Membuna usaha yang tidak kita kuasai akan menjadu beban bagi diri kita. Sebaliknya, jika memulai bisni sesuai dengan passion akan membuatnya terasa mudah, karena kita benar-benae menyukau apa yang kita lakukan.

3. Cermat Melihat Peluang di Sekitar Rumah


Pengusaha yang sukses merupakan pengusaha yang jeli dalam melihat peluang yang ada di pasar. Ketahui apa yang dibutuhkan di lingkungan rumah dan jadikan itu pasar kita. Kombinasikan potensi dan peluang di sekitar rumah untuk mengetahui ide usaha rumahan modal kecil apa yang bisa kita dirikan.

4. Mengelola Administrasi


Pengelolaan administrasu dalam berbisnis itu oenting sih menurut ku. Meskipun ide usaha rumahan berlangsung secara kecil-kecilan, penting untuk mempelajari hal dasar dari pengelolaan administrasi yang baik. Hal penting yang harus diperhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan mempermudah kelangsungan usaha rumahan yang sedang di jalan

5. Menghitung Kebutuhan Modal


Setelah kita menentukan ingin memulai usaha apa, perlu kita hitung apakah kita mempunyai modal yang cukup untuk memulai usaha yang akan dipilih. Hindari membeli barang-barang yang belum perlu agar bisa mengalokasikannya ke hal yang benar-benar esensial.

Penutup


Adakah satu dari 9+ ide usaha rumahan modal kecil yang ingin dicoba? Jangan takut untuk memulai bisnis, pilih dari usaha kecil-kecilan dahulu dan pilihlah sesuai passion. Dulu aku ragu untuk memulai berbisnis dan takut gagal, namun setelah terjun pasti kita akan menemukan banyak cara untuk membuat bisnis kita tidak gagal.
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

1 comment

Post a Comment