header Quarter Miles Journal

Investasi Emas Terbaik : Pilih Emas Batangan, Emas Koin, atau Emas Perhiasan?

Post a Comment
Konten [Tampil]
investasi emas

Mana investasi emas terbaik? Emas batangan, koin, atau perhiasan? Investasi emas sudah sejak dulu menjadi barang yang dijadikan investasi. Meski dulu, masyarakat hanya berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, seperti kalung, cincin, gelang, dsb. Kini investasi emas lebih berkembang dengan adanya koin atau dinar dan emas batangan.

Masing-masing jenis emas memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai barang investasi. Untuk dapat memilih jenis investasi emas terbaik, kita perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Apa saja sih, kelebihan dan kekurangan emas batangan, koin, atau perhiasan sebagai investasi? Simak yuk!

Investasi Emas Terbaik


Jika kita ingin memulai investasi emas, tentunya kita harus memikirkan mana investasi emas terbaik yang sebaiknya kita ambil sebagai instrument investasi. Karena pemilihan jenis emas akan mempengaruhi nilai investasi. Tentunya setiap orang akan memiliki pendapat yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. 
Karakteristik Jenis Investasi Emas :

1. Investasi Emas Batangan

investasi emas

Dewasa ini, emas batangan sering kali dijadikan investasi emas paling banyak dipilih. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi paling ideal dilakukan dalam kurun waktu lama karena harga jual emas batangan terbilang tinggi dan stabil.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan investasi emas batangan :

Kelebihan Investasi Emas Batangan :

a. Kadar karatnya 24, yang dianggap masyarakat sebagai kadar emas yang sempurna sehingga mudah laku. Emas 24 karat juga lebih sering digunakan sebagai bahan pembuat perhiasan.

b. Harganya ditetapkan secara tersentral oleh pemerintah lewat PT Aneka Tambang (Antam) dan berlaku secara nasional karena Antam adalah perusahaan negara.

c. Tersedia dalam berbagai ukuran berat, dari 1 gram hingga 1 kilogram.

d. Populer di kalangan masyarakat umum sehingga lebih mudah dijual.

e. Tidak dikenai pajak pertambahan nilai 10 persen

f. Tidak ada biaya cetak untuk ukuran 1 kilogram.

Kekurangan Investasi Emas Batangan:

a. Tidak ada standar selisih harga jual-beli. Toko emas bisa menetapkan sendiri harga beli kepada masyarakat yang hendak menjual emasnya.

b. Harga jual kembali emas batangan cetakan Maret 2011 dan sebelumnya lebih murah Rp 1.000-2.000 per gram dibanding cetakan baru.

c. Biaya cetak tidak dihitung dalam komponen penjualan, sehingga harganya hanya dihitung berdasarkan bobot per gram.

d. Tidak bisa memecah ukuran emas batangan ketika hendak menjual. Misalnya kita punya 100 gram emas batangan dan membutuhkan dana senilai 50 gram emas itu. Kita harus menjual seluruh emas batangan 100 gram itu, tak bisa hanya menjual separonya.

e. Toko emas bisa bermain ketika harga emas dunia turun dengan tidak menjual emas batangan atau menjualnya secara terbatas.

2. Investasi Emas Koin

investasi emas

Sebagian kalangan menganggap bahwa investasi koin emas dinar sangat menguntungkan. Alasannya karena koin emas dinar sudah digunakan sejak zaman Mesir kuno yang mana pada saat itu koin emas dinar berfungsi sebagai alat tukar.

Saat ini, koin emas dinar memang sudah diakui oleh beberapa negara tertentu sehingga cakupannya tidak hanya terbatas dijual di Indonesia saja.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan investasi koin mas :

Kelebihan Investasi Koin Emas

a. Dibanding emas batangan, koin emas lebih kuat karena memiliki kadar 22 karat. Karena itu, ketika jatuh atau terbentur, koin emas tidak akan mudah lecet. Walhasil, harga jualnya terjaga karena kondisinya mulus.

b. Koin emas punya satuan tunggal sehingga fleksibel untuk diperjualbelikan. Umpamanya kita punya 10 dinar dan memerlukan dana senilai 2 dinar. Maka kita bisa menjual yang 2 dinar, sementara 8 dinar tetap kita simpan.

c. Jika dijual, selisih harganya dengan saat kita beli hanya sekitar 4 persen lebih rendah.

d. Jika digadaikan ke bank syariah, nilainya mencapai 90 persen dari nilai taksir.

e. Harga standar berlaku secara nasional dan diperbarui empat kali sehari. Misalnya, harga koin emas di Aceh sama dengan di Papua.

f. Agen dinar berkewajiban membeli kembali koin dinar dari nasabahnya jika nasabah tersebut hendak menjual koinnya.

g. Mendapat sertifikat Komite Akreditasi Nasional dan London Bullion Market Association yang berlaku secara internasional.

h. Khusus bagi kalangan muslim, investasi koin dinar berarti menjalankan syariat Islam. Selain itu, koin ini bisa dijadikan mahar pernikahan.

Kekurangan Investasi Koin Emas

a. Dikenai pajak pertambahan nilai 10 persen karena koin emas termasuk kategori perhiasan.

b. Kurang populer di tengah masyarakat. Sebagian toko emas bahkan tak mau membeli karena tak terbiasa dengan koin emas. Jikapun mau, harganya lebih rendah daripada harga di agen koin emas.

c. Hanya dijual di tempat-tempat tertentu, sulit ditemukan di toko emas.

d. Dianggap hanya digunakan oleh kalangan muslim. Padahal investasi koin emas boleh dilakukan siapa pun.

3. Investasi Emas Perhiasan

investasi emas


Investasi emas dalam bentuk perhiasan sejatinya banyak disukai dan sudah dilakukan masyarakat sejak dulu. Selain berinvestasi, perhiasan bisa dipakai untuk membuat penampilan lebih fashionable, emas yang berbentuk kalung, cincin, gelang atau yang lainnya itu tetap bernilai di masa depan.

Perhiasan emas disebut investasi sebenarnya bikin pro kontra. Mereka yang pro beralasan sudah membuktikan punya perhiasan emas tetap menguntungkan. Sedangkan yang kontra beralibi perhiasan tidak bisa disebut investasi karena perlakuan jual belinya tidak ada standar seperti emas batangan. Pasalnya, perhiasan emas ada kandungan selera dan seni sehingga cocoknya disebut produk fashion.

Berikut kelebihan dan kekurangan investasi emas perhiasan:

Kelebihan Investasi Emas Perhiasan

a. Banyak masyarakat yang memilih perhiasan sebagai investasi sejak dulu

b. Mudah ditemukan di mana pun, baik kota besar ataupun wilayah kecamatan karena banyak toko emas yang menjual perhiasan.

c. Emas perhiasan memiliki nilai yang tinggi dibandingkan emas batangan

Kekurangan Investasi Emas Perhiasan

a. Bukan emas murni, terdapat campuran logam lainnya karena sifat perhiasan yang lunak. Perhiasan yang memiliki kadar emas tinggi akan cepat rusak.

b. Ekstra hati-hati dalam pemakaian jika kadar emas yang kita beli memiliki kemurnian yang tinggi.

c. Emas dalam bentuk perhiasan ini juga akan dikenai sejumah biaya pembuatan yang bisa dibilang cukup besar sekali. Tak tanggung – tanggung, jumlah biaya dari pembuatan emas perhiasan tersebut berkisar antara 15% - 20% dari nilai emas itu sendiri.

d. Biaya pembuatan tidak akan dihitung pada saat akan menjualnya kembali. Artinya toko perhiasan akan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan nilai emas pada perhiasan tersebut, dimana hal ini akan membuat kita kehilangan sejumlah uang yang sudah kita bayarkan sebagai biaya pembuatan emas perhiasan yang sudah kita beli.

Sudah bisa memutuskan mana investasi emas terbaik berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Selain mengetahui karakteristik dalam memilih jenis investasi emas kita juga perlu tahu bagaimana sih, tips memilih investasi emas?

Tips Memilih Jenis Investasi Emas

tips investasi


Setelah mengetahui karakteristik emas, apakah kita sudah bisa menentukan jenis invetasi emas terbaik yang akan kita ambil? Jangan terburu-buru memutuskan sebelum memperhatikan 3 hal berikut :

1. Ketahui tujuan dari investasi

Apa tujuan kita berinvestasi emas? Mengetahui tujuan investasi sangat penting agar kita tahu besar keuntungan yang didapat dari investasi emas koin, emas batangan, ataupun emas perhiasan. Mengapa demikian? Agar kita tidak salah pilih, hingga akhirnya tidak mendapatkan keuntungan maksimal di masa akan datang.

Apabila tujuan dari investasi dalam jangka waktu cukup panjang, maka sangat disarankan sekali agar melakukan investasi dalam bentuk emas koin atau batangan. Kenapa demikian? Emas dalam bentuk ini nanti akan memiliki nilai jual lebih stabil dibandingkan dengan emas perhiasan. Emas perhiasan akan memerlukan sejumlah biaya pembuatan yang tidak sedikit, alias banyak sekali untuk sebuah perhiasan emas yang bentuknya rumit, tetapi pada saat akan menjualnya kembali, tentunya biaya yang sudah kita keluarkan untuk membentuk perhiasan tersebut tidak akan dihitung.

2. Cek harga di pasaran

Mencermati harga emas terbaru di pasaran pada saat kita memang tertarik untuk melakukan investasi dalam bentuk logam mulia sangat penting. Apabila harga emas terkini memang sedang tidak stabil dan cenderung naik – turun selama beberapa pekan terakhir, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan investasi tersebut. Disarankan agar tidak berinvestasi dalam bentuk emas pada saat harga emas melonjak tinggi, sebab yang hal itu juga akan beresiko menimbulkan kerugian di masa akan datang, terutama apabila harga emas turun di pasaran.

3. Pastikan membeli di tempat yang aman dan terpercaya

Ini tentu saja menjadi hal paling penting untuk dipertimbangkan pada saat akan melakukan investasi emas koin, emas perhiasan atau emas batangan. Jangan sampai membeli emas yang palsu, atau memiliki kadar yang tidak sesuai harga. Oleh karena itu, kita harus membeli emas di toko emas terpercaya seperti logammulia.com.

Penutup


Sudah semakin mantap memilih investasi emas terbaik yang akan diambil? Portofolio emas memang dianggap paling aman. Tetapi bukan berarti tidak ada risiko. Investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek apalagi jika ingin mendapatkan keuntungan yang signifikan. Sesuaikan jenis investasi emas dengan ketujuan investasi agar manfaat investasi akan lebih maksimal. Semoga bermanfaat!




Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment