header Quarter Miles Journal

Kalkulator Investasi Emas : Fungsi dan Jenisnya

Post a Comment
Konten [Tampil]
kalkulator investasi emas

Ketika memutuskan untuk melakukan investasi emas, kalkulator investasi emas merupakan salah satu alat yang penting untuk perencanaan investasi yang matang. Mengapa demikian? Tentu dalam berinvestasi kita ingin memiliki keuntungan, bukan sebaliknya. Oleh karena itu, penghitungan jumlah dana investasi juga tak kalah penting. Maka untuk memudahkan, penghitungan semacam ini dapat dilakukan dengan kalkulator investasi emas.

Seperti kalkulator pada umumnya, fungsi utama kalkulator investasi emas tentu untuk menghitung suatu kombinasi perhitungan. Namun, perhitungan pada kalkulator ini lebih memberikan informasi spesifik berkaitan dengan pola hitung investasi emas. Hasil perhitungan pun ikut dipengaruhi oleh variabel-variabel pendukung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan kita sehingga memberikan gambaran relevan.

Benarkah kalkulator investasi emas bisa mempengaruhi prosentase keuntungan? Keep reading ya!

Kalkulator Investasi Emas


Kalkulator investasi merupakan alat hitung otomatis yang khusus diperuntukkan bagi calon investor atau investor saat akan menanamkan dananya. Umumnya berbagai penyelenggara kalkulator ini hanya menyediakan sebagai sarana simulasi investasi. Sehingga pengguna setidaknya memiliki gambaran bagaimana dana investasi kedepannya bertumbuh dan diperoleh.

Namun, tetap ada satu hal yang menjadi catatan penting saat menggunakan layanan ini. Pahamilah bahwa seluruh hasil perhitungan tersebut bukanlah suatu nilai yang akurat dan relevan di setiap waktu. Maksudnya di sini adalah meskipun hasil hitungan akurat secara matematis, namun belum tentu akurat bagi kondisi setiap investor. Belum lagi dengan variabel lainnya seperti profil risiko yang masih menggunakan rata-rata kinerja sebelumnya.

Dengan demikian, hasil perhitungan tidak merepresentasikan hasil investasi aktual yang akan kita. Sehingga sangat salah jika menjadikan kalkulator sebagai patokan atau tolok ukur pasti. Informasi ini sangat tegas dicantumkan oleh setiap penyelenggara. Biasanya pada bagian setelah kalkulator terdapat disclaimer yang mengingatkan hasil kalkulator hanya bersifat sebatas estimasi.

Jenis-Jenis Kalkulator Investasi Emas

Apa yang kita butuhkan dari kalkulator investasi emas? Terdapat beberapa macam kalkulator yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis kalkulator dari berbagai platform berdasarkan kebutuhannya :

Kalkulator Investasi Emas untuk Penghitungan Investasi Akhir

Kalkulator jenis ini bertujuan untuk mengetahui target nilai investasi emas yang akan kita peroleh. Umumnya muncul dari perhitungan dana awal investasi, pemilihan jangka waktu (apakah bulanan atau tahunan), serta pemilihan profil risiko. Dan pada beberapa platform lain mengharuskan pengguna mencantumkan prosentase inflasi per tahun.

Berikut contoh kalkulator investasi emas untuk perhitungan investasi akhir dari pluang.com

kalkulator investasi emas


Berdasarkan gambar di atas untuk mengetahui perhitungan akhir atau target nilai investasi emas variabel yang dibutuhkan adalah:

a. Besarnya setoran awal yang akan diinvestasikan
b. Besarnya simpanan bulanan yang disetorkan
c. Durasi waktu rencana menabung
d. Estimasi prosentasi inflasi per tahun

Kalkulator Investasi Emas untuk Penghitungan investasi bulanan

Penghitungan secara bulanan ini memiliki dua macam pengertian. Pertama, terdapat kalkulator yang memang mencari berapa jumlah dana investasi yang diperlukan setiap bulan. Dan lainnya dimaksudkan pada pengisian data variabel dana investasi bulanan yang dimiliki saat ini agar ditemukan hasil investasi akhir. Jenis kalkulator ini akan memudahkan anda yang memprioritaskan fase investasi secara rutin.

Untuk perhitungannya memerlukan variabel yang sama dengan gambar di atas, namun kalkulator ini menunjukan besarnya nilai bulanan.

Kalkulator Investasi Emas untuk Penghitungan dana yang harus disiapkan

Pada jenis ini penghitungan sengaja dilakukan untuk mencari seberapa besar dana yang perlu investor siapkan untuk sekali investasi di awal. Variabel hitung lainnya tidak berbeda dari satu jenis ke jenis lainnya. Tentu nilai yang muncul akan lebih besar dibandingkan nilai investasi bulanan.

Dengan kata lain, kalkulator investasi emas ini akan menunjukan dana awal yang harus disiapkan.

Kalkulator Investasi Emas untuk Menentukan Periode

Memiliki sejumlah dana dengan proyeksi nilai investasi akhir namun belum tahu berapa lama kita harus berinvestasi? Sebaiknya pilihlah kalkulator yang lengkap dengan penghitungan periode investasi. Setelah melengkapi kolom variabel yang disediakan, perkiraan jangka waktu tahunan otomatis muncul tanpa harus menghitung manual.

Berikut adalah contoh kalkultor investasi emas untuk menentukan periode dari lifepal.co.id

kalkulator investasi emas


Berdasarkan gambar di atas untuk menperiode investasi emas variabel yang dibutuhkan adalah
a. Besarnya setoran awal yang akan diinvestasikan
b. Besarnya simpanan bulanan yang disetorkan
c. Estimasi prosentasi inflasi per tahun
d. Besarnya nilai akhir atau target nilai investasi akhir

Dimana Kalkulator Investasi Emas Dapat Ditemukan?

Kalkulator ini bukanlah semacam kalkulator fisik ataupun benda yang harus didapatkan di kantor penyelenggara seperti bank atau perusahaan sekuritas. Dengan kemudahan digital, kini kita bisa mendapatkan akses perhitungan langsung secara online. Cukup ketikkan ‘kalkulator investasi emas’ pada search engine, nantinya akan muncul berbagai platform yang menyediakan layanan kalkulator.

Seperti contoh di atas, masing-masing platform menawarkan faslitas perhitungan dengan jenis yang bervariasi. Setiap variasi tentu tak ada salahnya untuk kita coba sebagai perkiraan kasar potensi investasi.

Di samping itu, perlu ketelitian saat memutuskan memilih kalkulator investasi suatu platform. Pastikan terlebih dahulu platform tersebut milik institusi terdaftar OJK. Meski telah disebutkan hasil hitungan tidak mencerminkan potensi masa depan, namun setidaknya perhitungan dilakukan oleh penyelenggara yang kredibel.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi Emas?

Perubahan harga emas dipengaruhi sejumlah faktor. Ketika kita akan berinvestasi emas, sebaiknya memperhatikan faktor-faktor tersebut. Berdasarlan lifepal.co.id faktor-faktor tersebut adalah :

1. Ketika bank sentral Amerika Serikat, The Fed, menurunkan suku bunga

Harga emas secara global bergantung pada tingkat suku bunga acuan yang diputuskan The Fed. Kalau bank sentral Amerika Serikat tersebut memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan, nilai Dolar menjadi turun. Itu berarti, investasi dalam bentuk mata uang Dolar jadi tidak menarik.

Emas kemudian dilirik para investor sebagai alternatif menyimpan uang yang mereka miliki. Harga emas pun terdongkrak oleh aksi beli para investor yang memilih menghindar dari Dolar.

2. Kondisi ekonomi dan turunnya harga saham

Keputusan The Fed menurunkan suku bunga acuan didasari kondisi ekonomi di Amerika Serikat. Kondisi ekonomi yang kurang baik cenderung mendorong The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan. Inilah yang kemudian menurunkan nilai Dolar dan menaikkan nilai emas.

Dampak dari ekonomi yang jelek juga tercermin dari turunnya harga saham, terutama saham blue chips. Melihat kondisi tersebut, investor kurang begitu tertarik menempatkan uangnya di saham. Alhasil, emas pun dipilih dan yang mengakibatkan naiknya harga emas.

3. Gejolak politik dan inflasi

Tak bisa disangkal kalau gejolak politik membuat ekonomi terpuruk. Akibatnya, inflasi pun naik dan membuat nilai mata uang menurun.

Ketika ada gejala inflasi akan naik, itulah saatnya untuk berinvestasi emas untuk mengamankan nilai uang yang kita miliki. Dengan begitu, nilai uang yang kita pegang terhindar dari tergerusnya nilai mata uang akibat inflasi.

4. Jangan berinvestasi saat harga emas tinggi

Harga emas menunjukkan tren kenaikan dalam beberapa waktu terakhir. Di balik harga emas yang sudah di angka Rp1 juta ini, disarankan untuk tidak membeli emas saat ini. Alasannya, meskipun emas merupakan safe haven (aset lindung nilai yang aman), namun kenaikan yang terjadi sejak beberapa waktu terakhir, diduga lebih dipengaruhi oleh psikologi pelaku pasar.

Kalau kita membeli emas saat harga melambung, maka khawatir akan kondisi perekonomian Indonesia yang diproyeksikan negatif.

Penutup

Kalkulator investasi emas sangat berperan penting untu perencanaan investasi emas. Dengan variabel yang dibutuhkan kita dapat mengetahui estimasi yang kita butuhkan. Adanya kalkulator investasi emas akan sangat membantu bagi kita yang masih pemula dan belum tahu cara perhitungan investasi. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan faktor eksternal seperti besarnya inflasi setiap tahun. Dengan begitu, estimasi yang didapat telah mempertimbangkan segala faktor.

sumber :https://www.jojonomic.com/blog/kalkulator-investasi/
https://www.lifepal.co.id


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment