header Quarter Miles Journal

Promo Tabungan Berjangka : Rencanakan Masa Depan dengan Taka OCBC NISP

Post a Comment
Konten [Tampil]
promo tabungan berjangka

Promo tabungan berjangka terbilang cukup menggiurkan. Bahkan bisa mendapat hadiah langsung dengan membuka tabungan berjangka. Salah satunya promo tabungan berjangka dari OCBC NISP. Aku mengenal tabungan berjangka pertama kali di Bank OCBC NISP ini, dulu namanya masih Bank NISP. Kebetulan kakaku saat itu adalah pegawai bank di OCBC NISP.

Kenapa berminat membuka tabungan berjangka? Tabungan berjangka membuat kita disiplin menabung. Misalnya, jika kita ingin menabung untuk membeli sesuatu namun budget kita belum mencukupi, bisa nih gunakan tabungan berjangka. Dengan menggunakan tabungan berjangka kita harus menyetorkan secara rutin dana simpanan dalam jangka waktu tertentu. Dalam jangka waktu tersebut, dana yang telah ditabungkan tidak bisa diambil. So, barang impian atau apapun tujuan menabungnya bisa tercapai deh.

Kalau terpaksa mau tarik dananya gimana? Bisa sih, tapi ada biaya penalti yang harus dibayarkan.

Promo Tabungan Berjangka


Promo tabungan berjangka berbeda-beda di setiap bank. Termasuk suku bunga yang di dapat. Oh iya, dibandingkan dengan tabungan biasa suku bunga tabungan berjangka lebih tinggi. Akan tetapi lebih rendah daripada deposito. Nah, salah satu pertimbanganku memilih tabungan berjangka adalah suku bunga yang di dapat.

Pada Tabungan Berjangka (Taka) OCBC NISP, suku bunga yang didapat termasuk tinggi pertahunnya. Selain suku bunga tabungan yang lebih tinggi, benefit lainnya yang di dapat adalah gratis asuransi jiwa sejak saat pertama kali menabung, suku bunga tetap selama menabung, gratis biaya administrasi dan autodebet yang membuat kita lebih mudah memberikan setoran selama menabung.

Besarnya suku bunga yang di dapat dari Taka NISP pun berbeda-beda bergantung jenis Taka NISP yang diambil. Jenis Taka NISP bermacam-macam, yaitu Taka Bunga OCBC NISP, Taka Bunga Pasti OCBC NISP, Taka Bunga Hadiah, dan Taka Angsuran Tetap.

Dengan beragam jenis Taka NISP, kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Taka NISP juga tersedia pilihan mata uang rupiah dan mata uang asing. Salah satunya adalah Taka Hadiah di mana kita bisa memilih hadiah sesuai dengan dana yang direncanakan.

Promo Tabungan Berjangka Hadiah OCBC NISP


Tabungan Berjangka Hadiah OCBC NISP memiliki promo tabungan berjangka yang cukup menarik. Di mana kita sebagai nasabah bisa memilih hadiah sesuai dengan dana yang direncanakan.

Benefit Taka Hadiah OCBC NISP


Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat membuka rekening Taka Hadiah NISP, seperti:

· Banyak pilihan hadiah ; mewujudkan rencana di masa depan dan pasti dapat hadiah yang diinginkan
· Tabungan menggunakan mata uang rupiah
· Gratis biaya administrasi
· Gratis asuransi jiwa sejak saat pertama kali menabung hingga 69 tahun
· Bebas memilih jangka waktu menabung
· Bebas pilih target dana ditetapkan di awal masa pembukaan rekening
· Suku bunga tetap (fixed) selama 1 tahun.

Pilihan Hadiah Taka Hadiah 


Promo tabungan berjangka di Taka Hadiah NISP sangat beragam. kitapun bis pilih sesuai kebutuhan, yaitu:
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp

taka hadiah nisp
taka hadiah nisp

taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
taka hadiah nisp
sumber : ocbcnisp.com


Simulasi tabungan


Berikut adalah simulasi Taka Hadiah NISP yang diambil dari informasi produk ocbcnisp.com:

Contoh: Target dana Rp. 80,000,000,- dengan jangka waktu 12 bulan, suku bunga 0.50%, setoran bulanan Rp6,652,236,- hadiah cashback senilai Rp 500 ribu nett, penalty hadiah sebesar Rp 718,750,-, maka simulasinya adalah sebagai berikut :

simulasi tabungan
sumber : ocbcnisp.com



Syarat dan Ketentuan Program


1. Pembukaan rekening dilakukan melalui Kantor Cabang.

2. Pembukaan rekening Taka Hadiah melalui Kantor Cabang terdapat pilihan produk dengan Perlindungan Asuransi.

3. Target dana adalah dana yang diperoleh nasabah pada akhir masa menabung.

4. Tahun adalah jangka waktu menabung.

5. Skema setoran dimuka 1x artinya setoran bulan pertama dan seterusnya sesuai dengan setoran bulanannya.

6. Setoran bulanan dengan indikasi suku bunga 0.5%p.a (IDR)*

7. Apabila nasabah tutup rekening sebelum jatuh tempo maka dikenakan pinalti hadiah dan pinalti penutupan rekening.

8. Apabila terjadi keterlambatan setoran bulanan maka dikenakan biaya keterlambatan sesuai ketentuan berlaku.

9. Apabila terdapat keterlambatan setoran bulanan lebih dari 6 (enam) bulan maka rekening TAKA akan ditutup otomatis dan setoran bulanan yang telah dibayarkan nasabah akan dikreditkan ke rekening relasi setelah dikurangi pinalti yang ada.

10. Nasabah tidak diperkenankan memilih warna hadiah, warna sesuai dengan persediaan yang ada.

11. SLA pengiriman hadiah barang maksimal 21 (dua puluh satu) hari kerja terhitung sejak pembukaan rekening dilakukan di kantor cabang OCBC NISP.

12. Jika Hadiah mengalami discontinued (penghentian produksi) maka bank berhak mengganti dengan hadiah lain yang setara nilainya (bisa beda tipe dan merek).

13. Ketentuan Umum Taka Hadiah tertera pada Formulir Pembukaan Rekening TAKA Hadiah/TAKA Fix Installment yang tersedia web intranet.ocbcnisp.co.id.


Cara membuka rekening tabungan berjangka

Untuk membuka rekening tabungan berjangka, calon nasabah yang diterima adalah warga negara Indonesia atau asing berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Kemudian, calon nasabah juga perlu menyiapkan setoran awal yang jumlahnya ditentukan oleh masing-masing bank.

Adapun tahapan pembukaan rekening tabungan berjangka secara umum dijelaskan pada poin-poin berikut:

1. Siapkan persyaratan administratif, yaitu kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor), NPWP, dan Kartu Keluarga (WNI), KIMS/KITAS/KITAP (WNA)
2. Siapkan setoran awal sesuai ketentuan bank.
3. Datang ke kantor cabang bank terdekat. Ambil nomor antrean dan jelaskan bahwa tujuan kita adalah membuka rekening tabungan berjangka.
4. Petugas bank akan membantu membuka rekening dan menjelaskan setoran per bulan beserta ilustrasi pendapatan. Isi formulir yang diberikan petugas bank dan tanda tangani.
5. Petugas bank akan memberikan buku tabungan berjangka.
6. Jika setuju, setoran per bulan rekening tabungan berjangka dapat ditarik secara otomatis (autodebet) dari tabungan biasa.

Promo Produk Tabungan Berjangka OCBC NISP

Berikut beberapa promo tabungan berjangka OCBC NISP beserta persyaratan umur, pilihan jangka waktu, dan minimal setoran bulanan:

Produk Tabungan Berjangka

Suku Bunga per Tahun (floating)

Umur 

Jangka Waktu 

Setoran Bulanan Minimal

Tabungan Berjangka Hadiah

0,50%

12-74 tahun

1-10 tahun

Sesuai hadiah yang diambil

Tabungan Berjangka Bunga

2,75-3,50%

17-74 tahun

6 bulan-10 tahun

Rp2.000.000

Tabungan Berjangka Bunga Pasti

3,50%

17-74 tahun

1-3 tahun

Rp2.000.000

Tabungan Berjangka Angsuran Tetap

2,50%

17-74 tahun

6 bulan-10 tahun

Rp100.000


Keuntungan dan Kerugian Tabungan Berjangka

1. Setoran awal cukup ringan

Dibandingkan deposito, setoran awal dan bulanan tabungan berjangka dinilai cukup ringan. Sebagai informasi, deposito menerapkan setoran dana minimal Rp8 juta. Memang setoran tersebut hanya dilakukan sekali saja dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

Sementara itu, sebagian besar tabungan berjangka memperbolehkan setoran awal dan bulanan minimal Rp100 ribu saja per bulan. Jadi, bagi Anda yang memang ingin membiasakan diri menabung dapat dengan mudah memulainya melalui tabungan berjangka.

2. Suku bunga di atas tabungan biasa

Tabungan biasa memiliki rata-rata suku bunga tidak sampai 2 persen, bahkan 1 persen. Itu pun belum dipotong biaya administrasi bulanan. Di lain sisi, suku bunga tabungan berjangka terbilang lebih tinggi.

Rata-rata tabungan berjangka memiliki suku bunga sekitar 3 persen. Memang ada juga yang hanya 2 persen. Namun, ada pula bank yang berani memberikan kisaran bunga 6-7 persen per tahun.

3. Berdisiplin dalam menabung

Dengan jangka waktu yang mengikat, tabungan berjangka pun mengajarkan nasabah untuk disiplin menabung. Terkesan seperti “dipaksa”, namun efek yang ditimbulkan adalah positif bagi nasabah dalam menepati komitmen.

4. Dilengkapi asuransi

Memang tidak semuanya, namun sebagian besar produk tabungan berjangka sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa. Dengan demikian, Anda tidak hanya mendapatkan pengembalian dana di akhir masa tabungan, tetapi juga terproteksi di sepanjang masa menabung.

5. Dana dijamin oleh LPS

Karena tabungan berjangka masih bagian dari kategori simpanan, maka dana Anda dijamin bebas risiko oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

6. Tidak dapat dijadikan jaminan

Hanya saja, tabungan berjangka tidak dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman bank. Hal ini berbeda dengan sertifikat deposito yang dikategorikan sebagai aset sehingga bisa dijaminkan.

Tips Memilih Tabungan Berjangka Terbaik

Agar semakin untung, ada baiknya jika kita benar-benar perhatikan secara detail berbagai syarat dan ketentuan suatu produk tabungan berjangka. Sebab bisa saja bunganya tinggi, tetapi ternyata cukup banyak “biaya tersembunyi” yang terlewatkan.

Nah, bagi yang berencana membuka tabungan berjangka, perhatikan poin-poin berikut.

1. Pilih tabungan berjangka dengan jangka waktu sesuai tujuan. Contoh, apabila memang ditujukan untuk liburan, maka pilih produk yang menawarkan jangka waktu satu tahun atau dua tahun.

2. Pastikan tabungan berjangka dilengkapi oleh asuransi jiwa. Dengan demikian, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan selama tabungan berjangka masih berjalan, kita tidak perlu khawatir dana hangus. Malah ahli waris bisa mendapatkan uang pertanggungan melebihi nilai tabungan berjangka yang kita miliki.

3. Pilih tabungan berjangka yang menerapkan bebas biaya administrasi sehingga jumlah dana yang disetorkan tidak terpotong.

4. Pilih tabungan berjangka dengan fitur bebas biaya gagal autodebet beberapa kali. Karena kita tidak tahu, bisa saja autodebet gagal karena sistem atau saldo tabungan utama ternyata tidak mencukupi. Jadi, kita tidak merugi karena dikenakan denda atau tabungan berjangka ditutup oleh pihak bank.

Penutup

Promo tabungan berjangka yang sangat menarik bisa memberi keuntungan lebih dalam merencanakan masa depan. Tidak ada salahnya berinvestasi dengan membuka tabungan berjangka, karena tabungan berjangka pun menawarkan benefit yang menguntungkan. semoga bermanfaat!

sumber : https://www.ocbcnisp.com/, https://www.lifepal.co.id/



Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment