header Quarter Miles Journal

Serunya, Ikut Digital Marketing Mini Course RevoU, Gratis!

2 comments
Konten [Tampil]
digital marketing revou

Hai, teman Journey! Beberapa hari lalu aku mengikuti digital marketing mini course yang diadakan oleh RevoU. Berawal dari aku yang sedang aktif mencari lowongan pekerjaan di instagram, sampai akhirnya beberapa kali aku berpapasan dengan iklan digital marketing mini course RevoU. Satu, dua kali aku lewati saja iklan ajakan belajar digital marketing itu. Namun, semakin sering aku mencari lowongan pekerjaan, ternyata Digital Marketer adalah lowongan yang sedang banyak dicari.

Hemm.. apa ini petunjuk untukku belajar dgital marketing supaya aku bisa melamar dan berkecimpung di dunia Digital Marketer? Hihi begitulah pikirku. Sebagai blogger sebenarnya aku termasuk sebagai digital marketer. Akan tetapi, untuk bekerja secara profesional di bidang digital marketing, aku butuh pengetahuan lebih tentang digital marketing. Bahkan, aku membutuhkan sertifikat digital marketing sebagai pelengkap curiculum vitae yang dapat meyakinkan sebuah perusahaan untuk me-recruitku.

Nah, bagaimana pengalamanku mengikuti mini course digital marketing RevoU? Apa saja materi yang aku dapat? Simak sampai akhir, ya!

Apa itu Digital Marketing?

Menurut Wikipedia, Digital Marketing (atau Online Marketing) adalah pemasaran produk atau layanan menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, namun juga termasuk telepon genggam, display advertising, dan sarana digital lainnya.

Tak, heran jika di era digital ini, digital marketing sangat diperlukan baik di perusahaan besar atau UMKM sekalipun. Oleh karenanya, prospek kerja digital marketing pun semakin luas.

Selain prosepek kerja, setelah mengikuti mini course digital marketing RevoU, aku baru tahu kalau bidang digital marketing ini sangat banyak sekali. Dua hal di atas, menjadi alasan banyak orang tertarik mempelajari lebih dalam tentang digital marketing.

Apa yang Dipelajari Dalam Digital Marketing Mini Course RevoU?


Digital Marketing Mini Course RevoU diadakan selama 10 hari, yang dibagi menjadi week-1 (senin-jumat week-1) dan week-2 (senin-jumat week-2). Daan… kegiatan selama 10 hari ini, freee!!! alias gratis, tidak dipungut biaya apapun. Tapi, meskipun gratis, materi yang diberikan bukan kaleng-kaleng! Super lengkap! Teman Journey akan merasakan mini course gratis serasa mini course premium berbayar.

Materi apa saja yang dipelajari dalam digital marketing mini course RevoU? Berikut adalah materi selama 10 hari dalam mini course digital marketing Revou :

materi digital marketing revou

Topik Week 1 - Day 1 :

- Tips memulai belajar digital marketing
- Sharing Session mengenai karir di digital marketing

Pada hari pertama di week-1, peserta mini course akan diperkenalkan terlebih dahulu mengenai basic digital marketing. Seperti apa itu digital marketing, bagaimana memulai belajar digital marketing, alasan mengapa perlu belajar digital marketing, sampai dengan apa saja karir yang ada di bidang digital marketing.

Topik Week 1 - Day 2 :

- Perbedaan antara organic vs paid channels, acquisition vs retention channel
- Digital marketing landscape

Di hari kedua ini kita diajak untuk mengenal tipe-tipe digital marketing. Wah, ternyata banyak sekali teknik pemasaran yang bisa kita pilih, seperti Seacrh Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Pay Per Click (PPC), Social Media Marketing, Content Marketing, One Public Relation, dan Email Marketing.

Untuk memilih teknik pemasaran kita tidak bisa asal pilih ya, teman Journey. Harus melalui analisis terlebih dahulu. Nah, di hari kedua ini, setelah diperkenalkan dengan berbagai tipe dgital marketing, kita pun diajarkan bagaimana menganalisis untuk memilih pemasaran yang tepat berdasarkan berbagai kondisi. Hal ini dimaksudkan agar pemasaran tepat sasaran dan tidak membuat perusahaan merugi.

Topik Week 1 - Day 3 :

- Apa itu persona audience dan target audience
- Pentingnya persona audience dan target audience untuk sosial media
- Apa itu content pilar

Aku pernah mempelajari persona audience saat mengikuti kelas copy writing, namun baru di RevoU mini course ini, penjelasan membuat persona audience lebih jelas dan mengena. Persona audience merupakan profil atau karakter fisik yang mewakili target market yang sudah ditentukan akan memakai produk atau sebuah layanan. Membuat persona audience dan menentukan target market juga sangat penting untuk menentukan bagaimana kita membuat pemasaran, serta media apa yang akan kita gunakan berdasarkan persona audience tersebut.

Dari materi ini peserta akan diberikan tugas (tidak wajib) untuk membuat persona audience, target audience, dan content pilar berdasarkan sebuah case study yang diberikan oleh RevoU.

Topik Week 1 - Day 4 :

- Tips & trick mempersiapkan karir dari RevoU career coach
- Bagaimana membuat CV sebagai digital marketing
- CV review

- Q&A with career mentor

Setelah mengikuti kelas hari ke-4 ternyata CV yang aku buat banyak yang perlu dibenahi, hihi. Yups, tidak hanya belajar seputar digital marketing, tetapi juga kita diajarkan bagaimana mempersiapkan karir di bidang digital marketing. Salah satunya, membuat CV yang simple, berbobot, dan pastinya menarik perhatian recruiter.

Pada hari pertama sebelum kelas dimulai, peserta dipersilahkan untuk mendaftarkan CV- nya untuk di review oleh RevoU Career Coach. Tentunya tidak semua CV yang masuk akan di-review. Tim RevoU akan memilih 3 CV yang nantinya di review pada kelas hari ke-4 ini.

Topik Week 1 - Day 5 :

- Penjelasan proses memulai karir di digital marketing
- Tips seputar karir

Membangun sebuah karir baru, apalagi untuk career switcher memang tidak mudah. Tetapi, RevoU punya tips menyenangkan bagaimana memulai karir di digital marketing.

Topik Week 2 - Day 1 :

- Bagaimana mengenali konten yang bagus
- Bagaimana mengaplikasikannya ke platform social media
- Bagaimana menentukan metriks untuk social media

Membuat konten ternyata memerlukan banyak detail yang perlu diperhatikan. Pada minggu kedua, peserta akan diajak bagaimana cara membuat konten yang baik, tepat sasaran, dan bagaimana mengaplikasikannya ke platform social media.

Topik Week 2 - Day 2 :

- Case study presentation
- Case study review sesion by team lead
- Best practice tips on how to solve the case study
- Q&A session with team lead


Saatnya presentasi! Tenang, tidak semua peserta prsentasi kok, hihi. Presentasi case study ini adalah prsentasi tugas yang diberikan pada week- 1, yaitu tentang persona audience. Terdapat 3 candidate yang akan mempresentasikan hasil case study-nya yang kemudian akan di-review langsung oleh team lead RevoU.

Setelah memberikan review, team lead juga akan memberikan tips dan trick bagaimana menyelesaikan case study yang tepat sasaran.

Topik Week 2 - Day 3 :

- Tips & trick mempersiapkan karir dari RevoU career mentor
- Membuat portofolio sebagai digital marketer
- Portofolio review
- Q&a with career mentor

Apakah CV dan Portofolio itu sama? Tidak ya, teman Journey. CV dan Portofilio itu berbeda. Untuk memulai karir di digital marketing, portofolio sangat penting untuk meyakinkan recruiter. Di sini, kita akan diajarkan bagaimana membuat portofolio digital marketer yang baik.

Topik Week 2 - Day 4 :

- Tips & trick mempersiapkan karir dari RevoU career coach
- Live competition : Self introduction in interview
- Tips memperkenalkan diri saat interview
- Q&A with career mentor

Hari ke-4 di week-2 akan ada live competition untuk memperkenalkan diri saat interview kerja. Bagi teman Journey yang merasa tertantang, boleh loh mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Akan dipilih 3 candidate yang akan mempraktikan bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview. Career coach RevoU akan memberi review secara langsung dan tips memperkenalkan diri saat interview.

Topik Week 2 - Day 5 :

- Mengapa kita perlu membuat strategi content
- Langkah-langkah untuk membangun kerangka pembuatan content
- Kesalahan umum dalam pembuatan content

Membuat konten tentunya harus memiliki strategi. Bagaimana strategi yang tepat dalam membuat konten? Tenang, di hari terakhir mini course ini, RevoU akan memberikan tips langkah-langkah membangun kerangka pembuatan konten, serta kesalahan umum yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan konten.

 Serunya, Ikut Digital Marketing Mini Course RevoU!

sertifikat digital marketing revou


Overall,  mengikuti mini course digital marketing di Revou sangat menyenangkan. Aku memiliki pengalaman yang berbeda dengan segudang materi yang kesemuanya sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, selama 10 hari, setiap jam 7 malam aku sudah duduk manis bersiap mengikuti materi.

Sebetulnya, sebelum mengikuti mini course digital marketing, aku pernah mengikuti mini course Data Analyst di RevoU. Namun, karena saat itu menggunakan Discord, platform yang masih awam aku gunakan, membuatku sering tertinggal kelas. Kali ini, RevoU menggunakan platform Telegram untuk membagikan informasi-informasi penting selama mini course berlangsung.

Kelas pun diadakan secara live di Channel Youtube RevoU. Akan tetapi, untuk mendapatkan link kelas, teman Journey wajib mengisi form kehadiran terlebih dahulu sebelum kelas dimulai pukul 7 malam. Setiap pukul 5 sore akan diadakan diskusi di channel telegram. Bagi teman Journey yang ingin bertanya terkait materi, teman Journey bisa mengikuri diskusi ini.

Menurutku, tidak hanya materinya yang oke, mentor dan metode pembelajarannya pun menyenangkan dan interaktif. RevoU memiliki mentor-mentor yang asik dan memberi penjelasan materi secara gamblang dan mudah dipahami. 

Setelah mengikuti mini course, teman Journey juga akan diberikan sertifikat. Eits, ada syarat dan ketentuanya loh untuk mendapatkan sertifikat dari RevoU! Selain syarat kehadiran yang terpenuhi (so, jangan lupa mengisi form absen setelah materi selesai), teman Journey juga wajib mengerjakan test yang diberikan pada week-1. Test ini berisi soal-soal pilihan ganda sebanyak 20 soal, tentang materi yang sudah dipelajari pada hari ke-2. 

Bagaimana? Tertarik mengikuti Digital Marketing Mini Course RevoU? Jika tertarik, teman Journey bisa mendaftar Digital Marketing Mini Course RevoU gratis di sini, ya! Semoga bermanfaat & keep learning!



Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

2 comments

  1. yes aku dulu juga ikutan mini course di Revou, next nya pengen ambil kelasnya yang full, nabung dulu soalnya biayanya juga lumayan

    ReplyDelete
  2. Yg ini baru mini class tapi udh sebanyak itu materi dan harinya ya mba 👍. Apalagj yg full course.

    Bbrp kali denger revou dari tulisan beberapa teman. Sekarang ini rasanya yg berbau digital udh menguasai setiap lini kerjaan ya 😄. Jadi memang ada bagusnya bagi para pencari kerja, ya punya basic tentang digital, ntah itu digital marketing, analys atau lainnya. Semoga setelah mengambil mini course ini, jadi memperlancar dalam mencari kerjaannya juga mba 👍

    ReplyDelete

Post a Comment