header Quarter Miles Journal

Review Niacinamide 5% dan Retinol Serum Scarlett untuk Kulit Kusam

2 comments
Konten [Tampil]

review serum scarlett

Hola... aku seneng banget nih, akhirnya bisa review Niacinamide 5% dan Retinol Serum Scarlett. Tahu dong dua serum ini? Akhirnya, Scarlett launching juga nih, niacinamide dan retinol serum. Kerennya, dua serum ini launching di Paris, loh!

Pasti sudah tidak asing ya dengan niacinamide serum dan retinol di jajaran serum berbagai merk. Tapi, karena aku sudah terlanjur cocok sama produk face care Scarlett, aku memang lagi nungguin banget nih niacinamide dan retinol serum dari Scarlett.

Review Niacinamide 5% dan Retinol Scarlett untuk Kulit Kusam

Akhir-akhir ini, kulitku lagi sensitif banget dan kusam karena perubahan iklim. Ya, kulitku termasuk jenis kulit yang sensitif dengan perubahan cuaca atau suhu. Apalagi sudah memasuki usia 30an. Ditambah aku yang lagi kambuh jarang pake skincare. Hemmm rawan deh, tanda-tanda penuaan kulit bermunculan.

Kulit kusam, kering, iritasi pasti bikin tidak nyaman, ya. Apalagi sampai gatal-gatal, kulit panas, duuuh ingin rasanya rendam muka di air dingin. Selain kusam, kering, dan iritasi, akhir-akhir ini tanda-tanda penuaan kulit lainnya juga terlihat jelas di wajahku. Honestly, bikin kurang percaya diri.

Tanda- Tanda Penuaan Kulit

tanda-tanda penuaan kulit

Mungkin, ada momies yang mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti ini?

1. Munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit

Garis-garis halus pada dahi, sangat jelas terlihat di wajahku nih, moms. Garis-garis halus dan kerutan pada kulit merupakan tanda penuaan yang sangat mudah terlihat. Munculnya garis-garis halus dan kerutan disebabkan adanya penurunan kadar kolagen. Seiring bertambanya usia, produksi kolagen menurun sehingga jumlah kolagen pun menurun. Selain itu, radikal bebas dan paparan sinar UV pun menyebabkan kerusakan pada sel-sel penghasil kolagen. Alhasil kulit melemah, sehingga memunculkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

2. Kulit Kering

Seiring bertambahnya usia, kadar air dalam kulit berkurang akibat menurunnya kadar hormon yang menjadi penghalang kelembapan. Sehingga, kulit menjadi kering dan dehidrasi. Selain itu, perawatan kulit yang tidak benar, sinar UV, dan cuaca ekstrim juga memengaruhi kekeringan pada kulit. Tanda penuaan satu ini sering sekali aku alami saat perubahan cuaca, apalagi saat aku tidak telaten menggunakan skin care.

3. Kulit Kusam dan Kasar

Kulit muda yang sehat akan terlihat halus dan bercahaya, karena proses regeneratif atau pembaruan kulit yang lebih cepat. Berbeda dengan bertambahnya usia, proses regenaratif lebih lama alias lajunya menurun. Akibatnya, kulit tampak lebih kusam dan tekstur kulit menjadi kasar.

4. Hilangnya Kekencangan Pada Kulit.

Pasti kita sering melihat kulit pada usia lanjut terlihat mengendur. Hal itu adalah tanda penuaan kulit. Hilangnya kekencangan kulit terjadi karena produksi elastin terhambat. Sehingga kulit menjadi lebih kendur, terutama di area garis rahang, leher, dan sekitar mata. Selain itu, perilaku kerut yang berulang juga dapat meregangkan serat elastin secara permanen.

5. Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit tidak merata dapat terjadi ketika penuaan kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya kemungkinan bahwa bagian kulit tertentu menyimpan lebih banyak melanin daripada yang lain.

6. Noda dan Bintik-Bintik Penuaan

Ketidakseimbangan hormon pada usia lanjut mnegakibatkan aktivitas melanosit berkurang. Selain itu, paparan sinar UV yang berlebihan menstimulasi melanosit untuk membesar dan berkelompok menjadi satu. Sehingga menghasilkan bercak pigmentasi yang disebut bintik-bintik penuaan.

7. Pori-pori Membesar

Pori-pori cenderung tampak lebih besar, seiring bertambahnya usia. Pori yang membesar disebabkan adanya penumpukan sel-sel mati di sekitar pori-pori. Penurunan produksi kolagen, mengakibatkan sel-sel tampak melar. Pada bagian pipi terlihat jelas nih moms, pori-poriku membesar.

Dari 7 tanda penuaan di atas, mana nih yang sedang momies alami? Kalau aku, hampir ketujuh tanda sedang aku alami. Nah, pas sekali, niacinamide 5% dan retino serum Scralett mengklaim bisa atasi 7 tanda penuaan di atas nih, moms. Penasaran sama reviewnya? Keep reading ya, moms!

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum Scarlett

niacinamide serum

Produk niacinamide 5% serum Scarlett termasuk ke dalam serum niacinamide lokal yang direkomendasikan. Pasalnya, sudah banyak yang membuktikan hasilnya. Yuk, langsung saja ke produk detailnya.

Ingredients

kandungan niacinamide

Niacinamide 5% aman tidak untuk pemula? Untuk kandungan 5% Niacinamide termasuk ke dalam kategori sedang ya, moms. Jadi, aman untuk pemula memakai niacinamide dengan kadar 5%. Bahkan, dari info yang aku dapat di instagran Scralett Whitening, banyak penelitian yang mengatakan kadar 5% adalah kadar maksimal untuk kulit.

Niacinamide 5% Scarlett tidak dikombinasikan dengan Vitamin C. Terdapat plant oil juga, yaitu castor oil dan lavender oil. Bagi momies yang memiliki kulit sensitif dengan kandungan-kandungan tertentu, cek lagi ya.

6 Kandungan Utama dan Manfaatnya

Sebenarnya nama Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett adalah kandungan utama dari serum itu sendiri. Terdapat 6 kandungan utama dari Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett yang memiliki multiple benefit buat kulit wajah kita, moms, diantaranya:

1. Niacinamide 5%

Kandungan satu ini memang favorit banget di berbagai skin care, karena manfaatnya bagus untuk perawatan kulit. Manfaat niacinamide diantaranya, memperbaiki skin barrier, antiinflamasi, antioksidan, mencerahkan kulit, membantu mengontrol produksi sebum, dan menyamarkan hiperpigmentasi.

2. Beta Glucan

Buat momies mengalami tanda penuaan seperti aku, pas banget deh beta glucan ini memiliki kemampuan untuk merevitalisasi kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dan mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Tego Cosmo C100 (Creatin)

Kandungan yang ketiga, bermanfaat untuk menenangkan kulit dan melembabkan kulit. Serta berfungsi sebagai anti aging juga loh, yang mampu meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang kita tahu, bertambahnya usia produksi kolagen akan berkurang.

4. Allantoin

Berfungsi untuk membantu menghidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Triple Ceramide Complex

Triple Ceramide complex memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, memperbaiki skin barrier, dan membantu mengunci kelembapan kulit.

6. 7 Phyto Extract


Kandungan phyto extract ini adalah kandungan senyawa kimia alami dari hasil extract tumbuhan dan buah-buahan.

- Moringa Extract : mempercepat proses regenerasi kulit

- Mugwort Extract : membantu menenangkan kulit berjerawat

- Chamomile Extra : menenangkan kulit iritasi, menyamarkan bekas luka, dan mengurangi flek hitam

- Bifida Ferment Extract : memperkuat skin barrier, mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV

- Pomegranate Extract : membantu mencerahkan dan mengurangi garis halus pada wajah

- Lotus Extract : melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas

- Centella Asiatica Extract :membantu menenangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen

aroma dan tekstur niacinamide

Aroma dan Tekstur

Aroma Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett menurutku dominan aroma lavender dan rempah-rempah. Tidak menyengat tapi menenangkan.

Teksturnya tidak cair masih ada sedikit tekstur kental. Warnanya bening. Ketika diaplikasikan sekilas seperti gel tapi tidak lengket. Cepat merata dan menyerap di kulit.

Packaging

Sama seperti serum lainnya, Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett hadir dalam kemasan botol akrilik bening doff. Namun, warnanya hampir sama dengan Whitening Acne Serum yaitu berawarna ungu, yang membedakan bagian pipetnya. Pada Niacinamide 5% serum, pipetnya juga berwarna ungu, sedangkan Whitening Acne Serum berwarna putih. Dilapisi sticker berwarna unggu putih dengan tulisan glossy.

Untuk outer packagingnya, box dengan warna senada yaitu ungu putih. Dilengkapi dengan plastic stopper agar tidak mudah goyang dan pecah.

Baik pada kemasan luar maupun dalam, terdapat Nomor BPOM, Ingredients, not tested in animal, skin types, dan cara pemakaian. Namun, nomor seri untuk cek keasliam terdapat di box luar.

Harga dan Ukuran

Sama seperti serum lainnya, serum ini dikemas dalam botol 15ml dengan harga hanya RP. 75.000.

Cara Pemakaian dan Skin Types

Jangan lupa, baca aturan pakai setiap kali pemakaian produk ya momies. Karena setiap produk memungkinkan berbeda aturan pakainya. Untuk Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett sendiri, seperti ini cara pemakaiannya :

1. Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan menggunakan face wash.

2. Gunakan toner atau Essence Toner Scarlett, agar kulit terhidrasi, dan serum lebih mudah meresap.

3. Aplikasikan 3 tetes serum Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett, oleskan secara merata.

4. Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett, bisa diaplikasikan dengan serum lain ya moms. Misalnya, momies punya serum Scarlett series lainnya, bisa diaplikasikan secara bersamaan dengan memberi jarak sekitar 1-3 menit agar serum meresap terlebih dahulu. Kalau momies menggunakan Brightly Ever After serum, digunakan sebelum Niacinamide 5% serum. Sebaliknya, kalau momies juga menggunakan Glowthening Serum, Niacinamide 5% serum digunakan sebelum Glowthening serum.

5. Jangan lupa, setelah menggunakan serum, aplikasikan cream pagi dan malam. Sunscreen tidak boleh ketinggalan ya moms saat pagi hari.
 
cara pemakaian serum
source : Instagram Scarlett


Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett aman digunakan baik pagi dan malam hari. Namun, lebih baik pada awal pemakaian jangan digunakan setiap hari ya moms. Gunakan secara bertahap. Misal, minggu pertama hanya satu kali, minggu kedua 2kali seminggu, dst.

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett dapat digunakan pada kulit kusam, kering, dan kulit dengan noda hitam bekas jerawat. Namun, Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett juga mengklaim dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Review Pemakaian

review pemakaian

Sejujurnya aku baru pakai kurang lebih satu minggu, dan belum pada tahap pemakaian setiap hari. Masih bertahap. Namun, kesan pertama saat pengaplikasian, Niacinamide 5% serum tidak lengket di kulit. Untuk jenis kulitku yang sensitif, serum ini tidak menimbulkan efek gatal dan panas di kulit, namun langsung terhidrasi.

Kulit kusamku langsung berkurang karena terhidrasi. Garis halus di dahi berkurang, namun pori-pori masih terlihat. Wajar sih, karena aku pun baru pakai beberapa kali dalam seminggu ini. Momies bisa gunakan secara rutin hingga 18 hari atau sekitar 3 minggu untuk hasil maksimal.

Meski demikian, Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Scarlett, menurutku bereaksi cepat di kulit.

Oh ya, untuk momies yang sedang hamil dan menyusui jangan khawatir ya Niacinamide 5% serum ini aman untuk Ibu hamil dan menyusui. Bisa digunakan juga untuk remaja mulai dari 13 tahun.

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett

retinol serum

Melihat banyaknya review dari beauty influencer tentang Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett, bikin ngiler deh, sama hasilnya. Apalagi manfaat utamanya yang bagus banget untuk memgatasi tanda-tanda penuaan, aku jadi semakin tergoda untuk pakai hihi. Keep reading yuk moms, cek ulasannya!

Ingredients

kandungan retinol serum

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett memiliki beberpa kandungan alkohol yang masih terbilang aman, yaitu T-Butyl Alcohol dan Cetaryl Alcohol. Namun, untuk momies yang semsitif terhadap semua jenis alkohol, mungkin harus diperhatikan pemakaiannya.

5 Kamdungan Utama dan Manfaatnya

Dalam Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett terdapat 5 kandungan utama yang manfaatnya bagus sekali untuk mengatasi tanda-tanda penuaan :

1. Retinol

Kandungan retinol bagus untuk mengatasi penuaan kulit. Retinol bermanfaat untuk membantu menyamarkan garis-garis halus, meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga sel kulit mati terangkat dan kulit terlihat cerah serta halus. Retinol juga membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

2. Hexapeptide-8

Hexapeptide-8 membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, membantu meningkatkan hidrasi kulit. Kalau kulit momies sedang iritasi, Hexapeptide-8 dapat membantu menenangkan kulit iritasi pada kulit. Selain retinol, Hexapeptide-8 juga meningkatkan produksi kolagen dan natural Hyaluronic Acid pada kulit.

3. Pomegranate Extract

Pomegranate Extract kaya akan Vitamin C yang dapat membantu mencegah kerusakan pada kulit akibat efek radikal bebas. Membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, meningkatkan proses regenerasi kulit, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab berjerawat.

4. Vitamin C

Berbeda dengan Niacinamide serum, retinol serum memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C di sini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Mencegah menurunnya produksi kolagen sehingga dapat mencegah tanda-tanda penuaan kulit serta membantu mencegah efek buruk radikal bebas.

5. Allantoin

Sama seperti kandungan pada niacinamide serum, alantoin berfungsi untuk membantu menghidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka, serta menghaluskan tekstur kulit.

aroma dan tesktur retinol serum

Aroma dan Tekstur

Sejujurnya aku tidak bisa mendeskripsikan aroma dari Skin Smoothing Retinol Serum, namun aromanya memang soft banget dan tidak menyengat.

Warna Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett lebih pekat dari Niacinamide 5% serum yaitu berwarna putih. Teksturnya lebih kental, namun cepat merata dan menyerap di kulit.

Packaging

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett dikemas dalam botol akrilik bening doff. Dibalut sticker berwarna tosca dan putih dengan tulisan glossy. Untuk outer packagingnya, box dengan warna senada yaitu tosca dan putih. Dilengkapi dengan plastic stopper untuk keamanan produk agar tidak mudah goyang dan pecah.

Baik pada kemasan luar maupun dalam, terdapat Nomor BPOM, Ingredients, not tested in animal, skin types, cara pemakaian. Namun, nomor seri untuk cek keasliam terdapat di box luar.

Harga dan Ukuran

Sama seperti serum lainnya, serum ini dikemas dalam botol 15ml dengan harga hanya RP. 75.000.

Cara Pemakaian dan Skin Types

Nah, retinol ini lebih poten dari Niacinamide, moms. So, retinol memiliki cara kerja dan aturan pemakaian yang berbeda. Sebelum pemakaian pada wajah, lebih baik monies cek dulu pada area kulit lain.
Cara pemakaian Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett yang tepat:

1. Seperti biasa selalu bersihkan terlebih dahulu wajah dengan menggunakan face wash.

2. Gunakan toner atau Essence Toner Scarlett, agar kulit terhidrasi, dan serum lebih mudah meresap.

3. Oleskan tiga tetes serum secara merata pada wajah.

4. Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett dapat diaplikasikan secara bersamaan dengan Niacinamide serum. Namun, harus diberi jarak waktu 1-3 menit agar meresap terlebih dahulu.

5. Gunakan pelembab setelah memaikai Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett.

6. Wajib menggunakan Sunscreen di pagi hari, karena penggunaan retinol membuat kulit lebih bereaksi dengan paparan sinar matahari.

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett hanya dapat digunakan pada malam hari, ya moms. Apakah aman digunakan setiap hari? Untuk pemula, lebih baik gunakan secara bertahap. Momies juga bisa cek nih, alternatif jadwal pemakaian Scarlett yang aku dapat dari instagram Scarlett.

cara pemakaian retinol

Pemakaian retinol tepat untuk kulit yang memiliki permukaan yang kasar dan berjerawat. Juga untuk kulit yang memiliki tanda-tanda penuaan. Berdasarkan manfaat dalam kandungan serum secara keseluruhan, memang sangat bagus untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Sayangnya, untuk kulit sensitif pemakaian retinol serum harus lebih hati-hati.

Review Pemakaian

Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, aku memiliki kulit wajah yang sensitif. Apalagi perubahan cuaca akhir-akhir ini yang membuat kulit menjadi lebih sensitif. Alhasil, aku menghentikan dahulu pemakaian retinol. Meski, pada pemakaian pertama aman-aman saja sih saat penggunaan. Namun, untuk berjaga-jaga lebih baik aku hentikan terlebih dahulu.

Huhu padahal sudah tidak sabar melihat hasilnya, karena kondisi kulitku yang sedang mengalami tanda-tanda penuaan, seperti berteriak ingin diolesi retinol serum wkwkwk. But, it's okay, aku bisa mencobanya lagi nanti.

Perlu diperhatikan juga ya moms, selain tidak disarankan untuk kulit sensitif, untuk berhati-hati Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett juga tidak disarankan untuk Ibu hamil dan menyusui. Kandungan aktifnya dikhawatirkan dapat mengganggu janin dan bayi.

Penutup

Dari review Niacinamide 5% dan Retinol Scarlett, dua serum ini bagus banget untuk memperbaiki kulit kusam dan tanda-tanda penuaan lainnya. Usia 30+ akun saranin wajib deh, pakai duo serum ini hihi. Namun, jangan lupa tetap sesuai dengan aturan pakai ya, moms. Perhatikan do dan don't-nya agar kulit wajah terawat lebih maksimal. Buat, momies yang sudah mulai penasaran dan tidak sabar ingin coba, bisa langsung cek Official Store Scarlett untuk mendapatkan produknya.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

2 comments

  1. Yuhuuu keren ya duo serumnya Scarlett ini di launchingkan di Paris euy. Daan aku jatuh cinta banget sama duo serum ini, terutama si unyu Niacinamide lho.. Benar-benar bikin kulit brightening. Ku syukaaa

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah nyobain serum yang terbaru ini. Baru yang acne serum & glowtening serum. Jadi ada gambaran step by step cara pakainya. Mantap bgt kandungan serum yg ini. Yang aku suka dari produk Scarlett ini, doi ramah untuk remaja up 13 y & bumil busui. Aku pake yg acne ;)

    ReplyDelete

Post a Comment