header Quarter Miles Journal

Tips Kehamilan Sehat : Sadari Pentingnya Senam Hamil

5 comments
Konten [Tampil]




Salah satu tips kehamilan sehat adalah dengan menyadari pentingnya senam hamil. Hayooo siapa nih momies di sini yang tidak pernah melakukan senam hamil pada masa kehamilan? Jujur saja, aku salah satunya hihi. Salah satu hal yang aku sesali pada masa kehamilan adalah aku tidak pernah melakukan senam hamil ataupun prenatal yoga. Mengapa demikian?
 
Aku tidak menyadari betapa pentingnya senam hamil bagi keshatan Ibu hamil dan janin. Aku salah satu yang merasakan efek pada masa dan pasca kehamilan dari tidak melakukan senam hamil. Parahnya lagi, aku baru menyadari saat mengikuti zoom Hamil Sehat bersama teh Indari dan founder Klinik Kehamilan Sehat.
 

Agus Jatmika Soegiarto Founder Klinik Kehamilan Sehat

founder klinik kehamilan sehat


Agus Jatmika Soegiarto adalah seorang founder atau pendiri Klinik Kehamilan Sehat. Sebelum mendirikan Klinik Kehamilan Sehat, beliau adalah seorang sales untuk alat kesehatan dan obat-obatan. Melalui profesinya, beliau mengenal banyak dokter dan banyak mendengar cerita seputar kehamilan.
 
Dari situlah, beliau membaca peluang bisnis untuk mendirikan Klinik Kehamilan Sehat. Yups, tidak bisa dipungkiri, awal mendirikan klinik, tujuan beliau adalah untuk berbisnis. Hal tersebut dikarenakan, beliau harus tetap memberikan nafkah untuk istri dan anaknya.
 
Namun, berjalannya waktu, saat beliau berkecimpung menjalankan bisnisnya, beliau mulai menyadari bahwa banyak Ibu hamil terutama pada kehamilan pertamanya, memiliki sedikit literasi tentang kehamilan. Kurangnya pengetahuan dan literasi kehamilan tersebut, memotivasi beliau untuk terus mengedukasi ibu hamil dan pasangan dengan memberikan tips kehamilan sehat serta program-program kehamilan sehat.
 
Ditambah, kasus stunting di Indonesia masih terbilang sangat tinggi. Melalui edukasi inilah, beliau juga ingin mengurangi kasus stunting dari masa kehamilan. Masa kehamilan memberi peran penting untuk mencegah stunting. Oleh karena itu, edukasi tentang gizi pada masa kehamilan, menjaga kehamilan agar tetap sehat dan aman adalah hal yang harus dilakukan.
 
Salah satu tips menjaga kehamilan sehat adalah dengan melakukan senam hamil. Nah, sebelum membahas pentingna senam hamil, kita kenalan dulu yuk dengan Klinik Kehamilan Sehat.
 

Mengenal Klinik Kehamilan Sehat

kehamilan sehat


Klinik Kehamilan Sehat didirikan pada tahun 2016. Klnik yang memiliki visi menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi yang pasien rekomendasikan, dokter sarankan dan staf banggakan tersebut, tercatat memiliki 18 cabang yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta Timur, Tangerang, Bekasi, Palembang, Bandung, dan Surabaya. Bahkan, 5 diantara 18 cabang Kehamilan Sehat menyediakan pelayanan persalinan normal yang juga melayani poli anak.

Klinik Kehamilan Sehat memiliki Dokter Spesialis dan Bidan yang telah tersertifikasi SIP. Begitu juga dengan instruktur senam hamilnya, sudah tersertifikasi. So, momies tak perlu wories kalau ingin melakukan senam hamil di Klinik Kehamilan Sehat.
 
Selama kurun waktu kurang dari 5 tahun, Klinik Kehamilan Sehat telah melayani lebih dari 200.000 pasien. Momies yang ingin melakukan persalinan normal, bisa konsultasi atau melakukan pemeriksaan kehamilan di sini, karena Klinik Kehamilan Sehat termasuk klinik yang pro-normal.
 
Ada pelayanan apa saja sih, di Klinik Kehamilan Sehat? Klinik Kehamilan Sehat memiliki pelayanan terlengkap dengan pelayanan setara rumah sakit. Pelayanan yang tersedia di antaranya, persalinan normal, pemeriksaan kehamilan (termasuk USG), program hamil, pemasangan IUD, farmasi dan cek laboratorium, serta senam hamil.
 
Kali ini, aku mau kenalin tentang program senan hamil yang ada di Klinik Kehamilan Sehat. Senam hamil mungkin tampak sepele ya, moms. Tapi, percaya deh kalau banyak sekali manfaat yang di dapat dari melakukan senam hamil. Jangan sampai merasakan efek seperti aku.
 

Tips Kehamilan Sehat : Sadari Pentingnya Senam Hamil

kehamilan sehat


Aku mau sedikit berbagi pengalaman kenapa aku tidak melakukan senam hamil dan efek yang aku dapat. Kenapa sih, sampai memiliki tiga anak aku tidak melakukan senam hamil? Alasan mendasar mengapa aku tidak melakukan senam hamil adalah kurangnya pengetahuan seberapa penting peran senam hamil pada masa kehamilan.

Saat hamil anak pertama, ada keinginan untuk melakukan senam hamil, apalagi saat itu persalinan normal menjadi targetku. Namun, karena tinggal di tempat baru, aku malas mencari tempat senam hamil. Bayangkan jika saat itu, aku sadar pentingnya senam hamil, aku pasti berusaha mencari sampai dapat, tempat untuk melakukan senam hamil.

Lalu apa efek yang aku rasakan? Beberapa kasus yang aku rasakan pada masa dan pasca kehamilan yang seharusnya bisa di atasi dengan senam hamil adalah:

  1. Pada masa kehamilan pertama, seperti yang sudah aku bahas sebelum bahwa aku memimpikan persalinan normal. Aku tepis saran untuk melakukan Caesar. Namun, qadarullah, beberapa minggu menjelang persalinan aku harus memutuskan untuk Caesar karena posisi anak sungsang. Nah, dengan senam hamil posisi bayi masih bisa diusahakan agar tidak sungsang. Sayangnya saat itu aku hanya bisa mengiyakan tanpa berusaha untuk memperbaiki posisinya.
  2. Masa kehamilan kedua, sering mengalami kram, nyeri punggung hebat, bahkan pasca melahirkan sempat sulit miring kanan dan kiri karena tulang punggung dan ekor yang sakit (back pain). Saat konsultasi, dokter mengatakan bahwa ada otot-otot dan syaraf yang tidak berada di posisinya.
  3. Masa kehamilan ketiga menurutku paling parah. Jika kehamilan kedua aku sakit yang luar biasa saat akan tidur miring kanan dan kiri hanya pada pasca melahirkan, di masa kehamilan ketiga ini, aku merasakan sakitnya selama masa kehamilan dan pasca kehamilan. Jika sudah duduk sulit untuk berbaring, karena memang sakit sekali di bagian punggung dan tulang ekor. Bayangkan ketika operasi, saat proses anestesi, petugas medis kesulitan membuatku bergerak duduk. Rasanya sakit sekali untuk duduk. Belum lagi, pasca melahirkan aku masih merasakan sakit yang sama, tidak hilang tidak berkurang. Sakit jahitan belum hilang, ditambah sulit bergerak. Aku juga sempat merasakan gejala eklamsia, bengkak di kaki dan wajah, serta menguning pasca melahirkan.
 
Apakah semua bisa di atasi dengan senam hamil? Jawabannya, "YA"! Bisa di atasi atau paling tidak meminimalisir resiko hal-hal di atas.
 

Manfaat Senam Hamil untuk Kehamilan Sehat

Apa sih, senam hamil itu? Senam hamil merupakan aktivitas olahraga ringan yang dilakukan Ibu hamil untuk memperkuat kondisi kehamilan dan meningkatkan energi pada tubuh. Dengan aktif melakukan senam hamil, dapat membantu tubuh menjelang proses persalinan. Beberapa manfaat senam hamil :

1. Melatih Otot & Pernafasan

Jika momies ingin melakukan persalinan normal, maka senam hamil wajib dilakukan. Senam hamil bermanfaat untuk melatih pernafasan. Sebagaimana yang kita tahu, pernafasan sangat penting untuk memudahkan dan melancarkan persalinan normal. Selain itu, dengan rutin melakukan senam hamil, momies juga telah melatih otot perut, otot dada, otot trisep agar lebih kuat.

2. Mengurangi Rasa Nyeri

Seperti pengalaman yang aku ceritakan di atas, rasa nyeri tidak dapat dihindari Ibu hamil pada masa kehamilan. Kondisi ini kerap dikeluhkan oleh Ibu hamil. Rasa nyeri yang timbul wajar terjadj mengingat semakin tegang otot-otot area selangkangan dan tulang eko seiring bertambahnya usia kehamilan. Nah, dengan senam hamil, keluhan-keluhan seperti ini bisa diatasi.

3. Meminimalisir Risiko Komplikasi

Komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklamsia dapat diminimalisir dengan melakukan senam hamil. Ibu hamil dengan diabetes gestasional, memungkinkan terjadinya risiko bayi dengan berat badan berlebih, namun hal itu dapat diturunkan jika ibu melakukan senam hamil atau berolahrag tiga kali dalam seminggu.
 
Tak hanya itu, risiko melahirkan secara caesar pun akan menurun.
 

4. Mengurangi Berat Badan Berlebih

Siapa nih, momies yang suka tidak PD dengan berat badan setelah melahirkan? Senam hamil dapat mengurangi berat badan berlebih loh, moms. Sehingga, berat badan momies akan terjaga, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 
Selain itu, senam hamil dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati yang bisa membuat momies bahagia dan bersemangat. Jadi, stress saat hamil bisa diminimalisir, tentunya hal ini juga baik untuk janin.
 

5. Mempercepat Persalinan dan Membantu Memulihkan Tubuh Lebih Cepat Pasca Melahirkan

Melakukan senam hamil artinya kita sedang mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan. Rutin berolahraga dapat memperpendek waktu persalinan. Hal tersebut dikarenakan tubuh kita sudah terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat senam. Sehingga, akan mempermudah proses persalinan.
 
Begitu juga saat pemulihan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melakukan senam hamil secara teratur dapat memperkuat otot. Sehingga, tubuh akan cepat pulih setelah melakukan perawatan pasca melahirkan karena otot-otot sudah biasa terlatih.
 
Itulah 5 manfaat senam hamil yang sangat penting dan berguna bagi tubuh, janin, dan proses persalinan. Namun, perlu diingat, dalam melakukan senam hamil pun momies tidak boleh memaksakan diri. Tetap kenali dan baca signal tubuh ya moms.
 
Akan lebih baik lagi, jika momies melakukan senam hamil bersama instruktur senam hamil. Mengapa? Pasalnya, gerakan-gerakan senam hamil berbeda untuk kebutuhan per-trimesternya. Dengan melakukannya bersana instruktur senam, momies akan diawasi, diberi penjelasan gerakan yang benar atau bahkan gerakan-gerakan yang sesuai dengan kebutuhan kondisi momies.

Senam Hamil di Klinik Kehamilan Sehat

senam hamil


Jika momies membutuhkan rekomendasi penyedia layanan senam hamil, bisa loh momies berkunjung ke Klinik Kehamilan Sehat. Karena tidak hanya senam hamil, namun banyak benefit lain yang akan momies dapat, apa saja?
 
1. Memiliki bidan dan instruktur senam bersertifikat. So, momies tidak perlu khawatir, karena instruktur senam di Klinik Kehamilan Sehat sudah tersertifikasi.

2. Tersedia senam hamil dan prenatal yoga couple. Asik ya moms, kalau kita melakukan senam atau prenatal yoga dengan suami. Nah, di Klinik Kehamilan Sehat ini dapat dilakukan secara berpasangan. Tentunya, dapat meningkatkan kualitas hubungan antara momies dan pasangan.
 
Selain itu, gerakan senam juga akan disesuaikan dengan usia kehamilan dan posisi janin. Momies juga akan dilatih tentang bagaimana cara melakukan pernapasan yang baik.
3. Edukasi Mom dan Ayah. Setelah melakukan senam hamil, momies juga bisa mendapatkan edukasi pasca melahirkan, seperti cara menggendong bayi, memandikan bayi, menggantikan popok, cara menyusui, cara memijat agar ASI lancar, dll.
 
Pengetahuan yang disampaikan setelah senam hamil akan sangat berguna bagi momies, khususnya bagi momies yang hamil anak pertama. Menururku, edukasi seperti ini juga dapat mengurangi stress momies setelah melahirkan. Berdasarkan pengalaman ku saat hamil anak pertama, pengetahuan ku tentang ASI, menyusui, memperlancar ASI sangat minim. Hasilnya, banyak drama dan bikin stress. Ingat, busui tidak boleh stress, loh moms!
 
Nah, dalam sesi edukasi dan konsultasi, momies juga bisa menanyakan hal-hal yang dirasa masih membingungkan. Bahkan jika ada keraguan pada gerakan senam ibu hamil yang telah dilakukan, momies juga bisa memperoleh penjelasan.

4. Senam Hamil Online. Jika malas keluar atau sedang repot, Klinik Kehamilan Sehat juga menyediakan senam hamil secara virtual yang dipandu oleh instruktur terlatih.
Harga Kompetitif. Biaya Senam Hamil di sini hanya Rp 30.000 untuk satu kali pertemuan. Wah, cukup terjangkau ya moms. Mendapatkan pelayanan prima dengan harga terjangkau, momies bisa rutin melakukan senan hamil.
Senam Hamil rutin dilakukan setiap minggu di klinik Kehamilan Sehat. Gerakan yang momies pelajari bisa dipraktikan di rumah.

Penutup

Bagaimana tips kehamilan sehat yang sudah aku paparkan, moms? Kehamilan memang perlu perlakuan yang telaten dan hati-hati. Apalagi bagi momies yang sudah mendambakan garis dua. Seperti yang pak Agus Jatmika Soegiarto katakan bahwa banyak yang minim literasi. Oleh karena itu, perbanyak edukasi, dan masukan senam hamil sebagai list wajib. Sudah sadar pentingnya senam hamil kan, moms? Nah, momies bisa langsung cek jadwal dan harga senam hamil di Klinik Kehamilan Sehat. Sesuaikan dengan lokasi terdekat di kota momies ya!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

5 comments

  1. Pas hamil dulu, pas sibuk sibuknya kerja. Juga, tidak pernah ikutan senam hamil karena dulu periksa kandungan di bidan. Beruntung anak lahir normal meski terhutung besar, 3.4 kg. Mantep bener hehehe

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah termasuk yang rutin ikut senam hamil selama menjalani 3x kehamilan. Memang banyak manfaatnya terutama ketika sakit kontraksi melanda. Dan sayangnya dulu belum ada klinik yang bagus seperti ini.

    ReplyDelete
  3. Senam hamil ternyata banyak manfaat, tidak hanya saat masa kehamilan, tetapi juga juga setelah melahirkan. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, Mbak Dea.

    ReplyDelete
  4. Super sekali ulasannya Bun. Terimakasih sharingnya yernya banyak sekali manfaat senam hamil. Jadi tahu bahwa senam hamil bukan hanya mengikuti trend tapi dapat bermanfaat bagi ibu dan janin

    ReplyDelete
  5. Pengen banget nyobain senam hamil. Semoga nanti kalau hamil lagi nisa ikutan, ah. Biar tambah sehat ya ibu dan calon bayinya/ Makasih sharingnya Mbak ^-^

    ReplyDelete

Post a Comment