header Quarter Miles Journal

5 Rekomendasi Air Terjun Malang Batu Terbaik, Bikin Betah!

8 comments
Konten [Tampil]
air terjun malang batu

Berada di kawasan dataran tinggi, membuat Malang Batu memiliki wisata alam yang memukau. Tidak hanya pantai, air terjun merupakan wisata alam terbaik di Malang. Air terjun atau yang lebih dikenal dengan kata coban di Malang Batu ini menyuguhkan pesona alam yang indah dan menenangkan.

Dengan suara gemericik air, hembusan udara yang sejuk, pepohonan yang rindang, membuat destinasi teman Journey tak terlupakan. Dalam artikel ini, kita akan mengekspolari air terjun Malang Batu terbaik, yang bisa teman Journey kunjungi

Air Terjun Malang Batu Terbaik

Beberapa air terjun Malang Batu tersebar di beberapa lokasi di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Air terjun Malang Batu memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, yang akan memanjakan mata teman Journey saat mengunjunginya.

Berikut air terjun Malang Batu yang cocok untuk teman Journey jelajahi :

1. Coban Rondo

coban rondo
Coban Rondo meruapakan salah satu air terjun yang populer di Malang. Lokasi Coban Rondo sendiri terletak di kawasan Pujon, tepatnya di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Pujon. Akses jalan ke lokasi air terjun pun termasuk mudah di mana kendaraan roda dua dan roda empat dapat dengan mudah menuju area wisata Coban Rondo.

Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter dengan pepohonan yang mengililinginya membuat suasana dan udara sekitar air terjun menjadi sejuk dan menenangkan. Teman Journey bisa menikmati air terjun di bebatuan besar dengan air yang jernih dan cukup deras.

taman labirin coban rondo
Selain menikmati keindahan air terjun, daya tarik lain yang ada di Coban Rondo adalah destinasi wisata taman labirinyang cukup populer, area playground, panahan, sampai dengan kawasan outbound dan camping.

Jam buka Coban Rondo sendiri sekitar pukul 08.00 hingga pukul 17.00.
 

2. Coban Putri

coban putri
Masih ingat cerita Ken Dedes dan Ken Arok? Coban Putri dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat mandi Putri Ken Dedes, loh teman Journey. Itulah mengapa air terjun satu ini disebut Coban Putri.

Coban Putri berlokasi di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Letaknya sekitar 5 km ke arah selatan dari alun-alun Kota Batu. Coban Putri memiliki keunikan tersendiri dengan adanya 2 buah aliran yang berdampingan dan memiliki ketinggan sekitar 10-30 km. Lebar air terjun sepanjang 3 meter membuatnya tampak seperti kolam air terjun, namun kolam ini tidak terlalu dalam dan dapat menjadi tempat bermain anak-anak. Hemm.. bisa dibayangkan bukan teman Journey, betapa senangnya anak-anak ketika bermain air yang airmya jernih seperti cermin ini.

Coba Putri mnemilki spot foto jembatan yang berlatar belakang air terjun, yang pastinya akan membuat feed instagram teman Journey lebih aestethic.

Jika ingin berkunjung pastikan teman Journey datang antara pukul 09.00 hingga 17.00, ya!

3. Coban Talun

air terjun malang coban talun
Air terjun Malang Batu terbaik selanjutnya adalah Coban Talun. Coban Talun memiliki ketinggian yang cukup tinggi, yaitu sekitar 75 meter. Terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, teman Journey tidak perlu berlama-lama berkendara untuk mencapai lokasi Coban Talun, dari pusat Kota Malang.

Coban Talun menjadi sangat populer karena keunikannya yang memiliki warna pelangi akibat butiran curahan air terjun yang tersapu angin saat cuaca cerah. Selain keindahan dan keunikan Coban Talun, air terjun satu ini juga memiliki berbagai wahana yang bisa dijadikan spot foro, diantaranya hutan pinus, bebatuan gunung, taman bunga, ayunan, dan lainnya.

coban talun
Jam bukan Coban Talun mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Namun, jika teman Journey ingin bermalam di sini, Coban Talun memiliki penginapan unik seperti Apache Camp serta Pagupon Camp.

4. Coban Watu Ondo

coban kembar watu ondo
Jika teman Journey mengunjungi pemandian Air Panas Cangar, sempatkan berjalan-jalan ke Coban Watu Ondo, karena lokasinya yang masih satu kawasan di Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Dinamakan Coban Watu Ondo jika diartikan dari bahasa Jawa, artinya jembatan batu. Ya, untuk dapat menuju air terjun, teman Journey perlu melewati anak tangga dari bebatuan yang sudah tertata.

Coban Watu Ondo juga dinamakan Coban Kembar dikarenakan air terjun satu ini memiliki dua air terjun yang saling berhadapan, namun memiliki ketinggian yang berbeda. Air terjun sebelah kanan memiliki ketyinggian 15 meter, sedangkan ketinggian sebelah kiri sekitar 69 meter. Pemandangan yang indah serta mengalirkan air yang segar.

Pepohonan yang rindang, suasana yang masih asri menambah kesejukan dan ketenangan di air terjun ini.

Teman Journey bisa menikmati keindahan Coban Watu Ondo pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

5. Coban Nirwana

air terjun malang batu
Bagi pecinta fotografi, Coban Nirwana adalah air terjun yang cocok untuk dikunjungi saat ke Malang. Coban Nirwana terletak di di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, Coban Nirwana memiliki air yang jernih dan segar yang jatuh dari tebing yang tinggi.

Meski teman Journey harus sedikit effort dengan melewati perjalanan yang cukup menantan, Coban Nirwana menawarkan pemandangan alam yang memukau dan udara sejuk yang menyegarkan.

Seperti namanya, Nirwana, air terjun Malang Batu ini memiliki keindahan alami yang memukai dengan dipenuhi pephonnan hijau, serta bebatuan besar yang menambahan kesan alami, membuat siapapun yang mengunjunginya merasa nyaman dan tenang.

Selain menikmati keindahan alam Coban Nirwana Malang, teman Journey juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun, berfoto-foto di sekitar coban, atau sekadar bersantai sambil menikmati segarnya udara pegunungan.

Tidak heran jika Coban Nirwana cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki banyak spot keren untuk berfoto. Teman Journey juga bisa menikmatinya selama 24 jam dan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Penutup

Keindahan alam yang dimiliki air terjun Malang Batu, menjadi detinasi yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi teman Journey dan keluarga. Udara yang sejuk, suara gemericik air yang menenangkan, akan membuat teman Journey menyatu dengan alam. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke air terjun, ya teman Journey!

Selain menikmati air terjun Malang Batu, teman Journey juga bisa menikmati wisata buatan seperti Jatim Park 2 Kota Batu. Ada apa saja di Jatim Park 2? Teman Journey bisa cek artikel destinasi lengkap jatim Park 2, ya!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

8 comments

  1. coban = air terjun ya? hehehe baru paham saya mbak, terlihat sejuk dan masih asri ya tempatnya, sepertinya patut untuk dikunjungi nih

    ReplyDelete
  2. Daripada penasaran sama air terjunnya, aku lebih penasaran sama taman labirinnya Coban Rondo. Lebih menantang kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Dari kelima rekomendasi, aku baru pernah ke tuban rondo sama talun aja. Yang tiga belum, bisa nih dicoba kalo ada rencana main air di Malang

    ReplyDelete
  4. Sudha lama banget nih ga main ke Coban dkknya, kiddosku belum diajakin ke sana juga, explore Batu dan sekitarnya sebetulnya ga ada habisnya kok

    ReplyDelete
  5. sayang sekali selama tinggal di Jatim dulu gak pernah main ke salah satu coban..hiiikkss..sekarang lihat artikel ini malah jadi pengen

    ReplyDelete
  6. achhh,,, jadi kangen malang, Coban Rondo aku pernah kesana sekali. Sejuk bangettt... meski capek, tapi seneng banget bisa sampek sana...

    ReplyDelete
  7. Sudah dua tahunan tidak mudik ke Malang jadi kangen lihat beberapa destinasi di atas. Jadi pengen main-main ke sana

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata banyak air terjun di Malang ya mbak. Bisa jadi alternative pilihan kalau main ke sana

    ReplyDelete

Post a Comment