header Quarter Miles Journal

Tidak Hanya Menghangatkan, Ini 7 Manfaat Minyak Telon Beserta Rekomendasinya!

Konten [Tampil]
manfaat minyak telon
source pic: canva

Minyak telon merupakan salah satu produk perawatan bayi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sudah menjadi ciri khas aroma bayi dan minyak telon wajib ada diantara deretan produk perawatan bayi.

Tahukah teman Journey, kalau minyak telon sendiri biasanya berasal dari campuran tiga bahan utama, yaitu campuran minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas. Ketiga bahan utama ini memiliki perannya masing-masing sehingga manfaat minyak telon menjadikannya sebagai minyak yang diandalkan masyarakat Indonesia untuk merawat kesehatan bayi.

Misalnya, minyak kayu putih yang dapat memperluas aliran darah dengan melebarkan pori-pori sehingga badan terasa lebih hangat. Minyak adas yang berperan sebagai antibakteri, dan mengurangi perut kembung. Sedangkan minyak kelapa pada minyak telon, dapat membantu menjaga kelembapan kulit bayi.

Jadi, apakah minyak telon hanya untuk menghangatkan badan bayi?

Manfaat Minyak Telon untuk Kesehatan Bayi

Selain menghangatkan, minyak telon memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat minyak telon untuk bayi yang perlu teman Journey ketahui!

1. Meredakan Masuk Angin

Cuaca yang tidak menentu atau pada saat hujan, biasanya membuat bayi mudah terkena masuk angin. Kandungan minyak kayu putih pada minyak telon dapat mengatasi masuk angin pada bayi dengan cepat dan efektif.

2. Menghangatkan Tubuh Bayi

Kulit bayi yang lembut dan masih tipis seringkali membuatnya mudah dingin. Dengan kandungan cineole yang terdapat pada minyak kayu putih, minyak telon dapat menghangatkan dan menenangkan tubuh bayi, sehingga bayi terhindar dari dingin.

3. Menghindari Gigitan Nyamuk

Teman Journey pasti setuju kalau, serangan nyamuk paling membuat khawatir. Apalagi bayi dan anak-anak sangat rentan terkena gigitan nyamuk dan serangga. Nah, aroma dari kandungan minyak telon seperti, anetol dari minyak adas, bunga cengkih, aroma minyak kayu putih, yang tidak disukai oleh nyamuk, sangat efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Bayi seringkali mengalami masalah pencernaan dan kembung. Kandungan minyak cengkeh dan adas pada minyak telon dapat membantu meredakan kembung pada perut dan rasa sakit. Jika bayi sering mengalami masalah pencernaan atau kembung, teman Journey bisa memijat perut bayi dengan lembut menggunakan minyak telon.

5. Meredakan Kolik

Salah satu gejala kolik yang sering terjadi pada bayi adalah dengan ditandai tangisan berlebihan dan merasa gelisah. Kandungan minyak adas dan aroma menenangkan dari minyak telon dapat membantu meredakan gejala kolik. Teman Journey bisa memberikan minyak telon dengan gerakan memijat yang lembut.

6. Meringankan Gejala Flu dan Batuk

Manfaat lain dari minyak telon adalah dapat meringankan gejala flu dan batuk. Kandungan minyak kayu putih yang terdapat pada minyak telon dapat membantu meredakan flu dan batuk. Teman Journey bisa mengoleskan minyak telon pada dada dan punggung bayi, sehingga aroma minyak telon dapat membantu membersihkan saluran pernapasan dan meredakan hidung tersumbat.

Hal ini disebabkan kandungan cineola dalam minyak kayu putih, dapat mengencerkan lendir dalam hidung sehingga mudah dikeluarkan.

7. Melembabkan Kulit

Kandungan minyak alami seperti minyak kelapa dalam minyak telon juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit bayi, mencegah kulit kering, dan membuat kulit bayi tetap lembut dan halus.

Rekomendasi Minyak Telon Terbaik untuk Bayi

Kulit bayi yang sensitif acapkali membuat kita trial error ya teman Journey mencoba produk perawatan bayi yang cocok. Terlebih lagi minyak telon merupakan produk iritan yang jika berlebihan dalam penggunaannya akan membuat kulit bayi iritasi.

Berikut adalah rekomendasi minyak telon untuk menghangatkan badan bayi :

1. My Baby Minyak Telon Plus

minyak telon my baby


Dengan harga yang cukup terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu 57 ml, 90 ml, dan 150 ml, My Baby Minyak Telon Plus banyak dipilih oleh Ibu untuk merawat si kecil. Akupun termasuk penggunanya, hihi.

Kandungan minyak telon My Baby Seperti lemongrass, citronella, chamomile, serta eucalyptus mampu mencegah dan melindungi bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, meredakan rasa kembung di perut, dan menghangatkan badan.
 

2. Konicare Minyak Telon Plus

minyak telon konicare

Konicare Minyak Telon Plus memiliki kandungan bahan alami seperti, minyak kayu putih, minyak kelapa, minyak adas manis, minyak lavender, dan minyak geranium. Selain aromanya menenangkan, minyak telon Konicare memiliki banyak manfaat dari kombinasi bahan alaminya tersebut.

Konicare Minyak Telon Plus dapat memberikan rasa hangat, meredakan perut kembung dan masuk angin, serta terhindar dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Sedangkan kandungan lavendernya sendiri dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi serta memberikan aroma lavender yang khas pula. Minyak geranium sendiri bermanfaat dapat membantu meredakan gatal.

3. Doodle Exclusive Telon Oil

minyak telon doodle


Sejujurnya, Doodle Exclusive Telon Oil adalah favoritku! Banyak dikalangan Ibu-ibu yang mengatakan kalau minyak telon satu ini adalah minyak telon sultan!

Aroma green tea yang terkandung dalam minyak telon Doodle memang sangat menenangkan, berbeda dari minyak telon pada umumnya. Aromanya juga mampu bertahan seharian. Selain itu, minyak green tea manis mampu mengusir nyamuk dan serangga.

Doodle Exclusive Telon Oil tersedia dalam ukuran 60 ml dan 100ml.
 

Penutup

Itulah berbagai manfaat minyak telon beserta rekomendasi minyak telon yang dapat teman Journey pilih. Dengan banyaknya manfaat minyak telon, tentu produk perawatan bayi satu ini wajib berada di rumah. Namun, perlu diingat kalau minyak telon adalah produk iritan. Oleh karena itu, teman Journey perlu memperhatikan kandungan dan komposisi minyak telon yang akan teman Journey gunakan.


Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment