header Quarter Miles Journal

9 Jenis Measurement Tools dan Fungsinya

16 comments
Konten [Tampil]
alat ukur

Measurement tools atau alat ukur merupakan perangkat yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Saat duduk dibangku SMP, melalui Fisika, kita sudah dikenalkan dengan berbagai macam alat ukur beserta fungsinya dengan satuan yang sudah ditentukan, yaitu Satuan Internasional.

Alat ukur sendiri digunakan sebagai instrumen pengukuran suatu besaran baik besaran fisik maupun kuantitas tertentu, seperti mengukur panjang, suhu, kecepatan, masa, dimensi, tekanan, bahkan sampai dengan mengukur kebisingan suara. Tentunya dengan penggunaan alat ukur yang berbeda-beda. Oleh karenanya, untuk mengukur suatu besaran harus digunakan alat ukur yang tepat dan sesuai fungsinya.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas jenis- jenis measurement tools beserta fungsinya. Simak sampai habis, ya!

9 Jenis Measurement Tools dan Fungsinya


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa measurement tools memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Measurement tools yang digunakan pada bidang Industri pun berbeda dengan yang digunakan pada bidang konstruksi meskipun sama-sama untuk mengukur panjang.


Berikut ini adalah jenis measurement tools dan fungsinya, yang perlu teman Journey ketahui :

1. Jangka Sorong

jangka sorong

Salah satu measurement tools untuk mengukur panjang adalah jangka sorong. Berbeda dengan penggaris yang digunakan untuk mengukur panjang benda yang lebih pendek, jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur benda yang lebih panjang. Selain itu, jangka sorong juga digunakan untuk mengukur kedalaman dan diameter dalam dan luar benda (dimensi) dengan tingkat ketelitian 0,01mm.

Misalnya dalam bidang konstruksi, jangka sorong dapat digunakan dalam mengukur diameter pipa, atau ketebalan benda logam lainnya.

Selain jangka sorong, terdapat caliper yang bentuknya hampir serupa dengan jangka sorong. Namun, biasanya caliper lebih banyak digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda. Dengan menggunakan alat ukur ini, teman Journey bisa mengetahui ketebalan suatu benda tanpa harus menghitung rumus.

Caliper memiliki 2 jenis, yaitu dial caliper dan dig caliper. Berbeda dengan dig caliper yang menggunakan sensor elektronik untuk membaca dimensi yang lebih cepat dan tepat, dial caliper menggunakan prinsip skala nonius dalam pengukurannya.

2. Mikrometer Sekrup

mikrometer sekrup

Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan jangka sorong, mikro meter sekrup juga measurement yang digunakan untuk mengukur panjang dan dimensi. Namun, mikro meter sekrup memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibanding jangka sorong, yaitu hingga 0,001mm.

Jika teman Journey ingin mengukur benda dengan tingkat presisi yang tinggi, seperti rambut atau kertas, teman Journey bisa menggunakan mikrometer sekrup sebagai alat ukur panjangnya.

3. Digital Indicator

dig indicator


Digital indicator atau dig indicator dapat difungsikan sebagai alat untuk mengukur kerataan suatu permukaan bidang datar, mengukur kerataan permukaan dinding silinder dalam skala kecil, atau kebulatan poros. Perhitungan dig indicator ini lebih akurat dan lebih cepat dibanding dial indicator, yang memungkinkan adanya human error.

Teman Journey bisa menggunakan dig indicator dari Mitutoyo yang sudah menggunakan teknologi canggih untuk alat ukur.

4. Waterpass

waterpass


Dalam bidang kosntruksi bangunin tentunya sudah tidak asing dengan measurement tool waterpass. Waterpass merupakan alat yang sangat penting dalam bidang konstruksi, karena fungsinya yang digunakan untuk mengukur ketinggian dan kemiringan suatu permukaan.

Pengukuran menggunakan waterpass dapat digunakan baik secara horizontal maupun vertikal. Biasanya untuk mengetahui bidang yang akan diukur stabil, terdapat tabung yang diisi dengan cairan serta dilengkapi juga dengan skala pengukuran.
 

5. Theodolite

Sama seperti waterpass, penggunaan theodolite dalam bidang konstruksi juga tidak bisa diabaikan. Theodolit memiliki fungsi sebagai alat untuk menentukan elevasi dan arah dari suatu titik.

Untuk memastikan keakuratan dalam pengukuran, theodolite memiliki komponen seperti teleskop, level spirit, dan pembacaan sudut. Sehingga dalam menentukan sudut horizontal dan vertikal theodolite memberikan pengukuran dengan akurasi tinggi.

6. Borematic & Holtest

borematic


Untuk mengukur diameter lubang bor, teman Journey bisa menggunakan borematic. Borematic memiliki tingkat akurasi yang tinggi untuk memastikan bahwa lubang bor yang dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Fitur canggih seperti penggunaan layar LCD pada borematic, memudahkan penggunanya membaca hasil pengukuran.

Selain borematic, terdapat alat ukur holtest yang sama-sama digunakan untuk mengukur lubang. Akan tetapi, holtest menggunakan sistem holtest gauge yaitu untuk mengukur diameter luar.

Baik borematic maupun holtest telah dilengkapi layar LCD yang memudahkan membaca hasil pengukuran dengan akurasi tinggi.

7. Sound Level Meter

Dalam proyek konstruksi, sound level meter merupakan alat ukur yang sangat penting untuk mengukur tingkat kebisingan. Misalnya saja, dalam proyek pembangunan hotel yang terletak dipinggir jalan, sound level meter dapat digunakan untuk mengidentifikasi sumber kebisingan yang menyebabkan gangguan.

Dengan pengukuran tersebut, teman Journey dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengurangi kebisingan tersebut.

8. Ohmmeter

Seringkali kita menemukan perangkat elektronik yang tiba-tiba mati. Ohmmeter dapat digunakan untuk mengukur hambatan listrik suatu benda. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah adanya kebocoran listrik, sehingga dapat memastikan komponen listrik berfungsi secara optimal.

9. Kompas

Untuk menentukan posisi yang tepat dalam pembangunan suatu proyek konstruksi, pekerja konstruksi biasanya menggunakan kompas sebagai alat ukur. Dengan menggunakan kompas, pengukuran arah dan sudut dapat sesuai dengan desain perencanaan.

Pentingnya Alat Ukur dalam Bidang Konstruksi

Sebagai perangkat pengukuran, measurement tools memiliki peran penting dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang konstruksi. Saat aku masih berkecimpung di dunia konstruksi, alat ukur menjadi alat yang sangat vital dalam memastikan kelancaran suatu proyek konstruksi.

Dari mengukur kekuatan beton, mengukur jarak, elevasi, mengukur sudut, serta mengukur ketinggian membutuhkan alat ukur yang tepat. Hal ini disebabkan, konstruksi membutuhkan angka yang akurat dalam melaksanakan proyek agar tidak mengalami kesulitan yang dapat menghambat jalannya perkembangan proyek.

Pengukuran yang tidak tepat akan memberikan efek domino dalam bidang konstruksi. Seperti pembengkakan RAB dan RAP, kualitas bangunan yang tidak memenuhi standar, waktu yang terhambat tidak sesuai target, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak hanya paham tentang measurement tools dan fungsinya, tetapi juga memilih penting bagi kita untuk memiliki kualitas alat ukur yang baik. Kualitas alat ukur yang baik akan memberikan hasil pengukuran dengan konsistensi yang diharapkan.

Teman journey bisa membeli measurement tools Mitutoyo dari Kawan Lama sebagai distributor terpercaya yang menyediakan berbagai jenis alat ukur berkualitas tinggi.
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

16 comments

  1. Alat ukur merupakan elemen penting dalam berbagai bidang, mulai dari sains dan teknik hingga kehidupan sehari-hari. Alat-alat ini memungkinkan kita untuk mengukur berbagai besaran fisik dengan tingkat ketelitian yang bervariasi.
    pilihnnya ada beberapa dan disesuaikan dengan kebutuhan yah

    ReplyDelete
  2. Yang pernah saya lihat langsung tuh waterpass. Karena suami saya memang suka bangun-bangun rumah. Jadi, alat ukur seperti itu juga dibutuhkan

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya alat ukur apalagi untuk bidang kontruksi. Ternyata sedetail itu untuk membangun sebuah infrastruktur. Harus detail untuk menjaga kestabilan RAB dan bangunan itu sendiri. Tidak usah bingung lagi mencari alat ukur karena semua sudah tersedia di Kawan Lama.

    ReplyDelete
  4. Mengenal berbagai alat ukur manual dan digital untuk instruksi sangat menambah pengetahuan. Sesuatu hal termasuk kontruksi sangatlah perlu ketepatan dengan alat ukur untuk infrastuktur. Keterampilan penggunaan alat ukur termasuk dalam kegiatan literasi numerasi.

    ReplyDelete
  5. Penggunaan alat ukur dalam penyelesaian masalah matematika mendorong pendekatan sistematis, berpikir kritis, dan kemampuan analitis. Ini melibatkan pertimbangan berbagai variabel dan penerapan alat yang tepat untuk menemukan solusi yang efektif.

    ReplyDelete
  6. Mitutoyo ini bagus kualitasnya, beberapa peralatan alat ukurnya menggunakan mitutoyo, selain memiliki ketelitian yang tinggi, infonya awet juga, jadi bisa presisi untuk fabrikasi

    ReplyDelete
  7. Gak kebayang deh kalau hidup tanpa measurement tools. Aku juga baru tahu nama² measurement tools yang lainnya dari tulisan ini. Ternyata masih banyak yang belum pernah lihat secara langsung.

    ReplyDelete
  8. Jadi inget daku pernah lihat waterpass itu pas kecil, kebetulan di rumah lagi renovasi bagian lantai. Suka iseng lihat pak tukang pakai alat itu, yang mengukurnya ciamik banget hihi

    ReplyDelete
  9. Di rumah ada jangka sorong, kompas, dan meteran biasa. Alat ukur yang lain dulu pernah dipelajari di sekolah, tapi sampai sekarang belum pernah pegang langsung karena nggak bersinggungan langsung. Beda sama yang kerja di bidang konstruksi, alat ukur yang presisi wajib banget dimiliki agar bisa digunakan sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  10. Alat ukur itu memang bermacam-macam ya. Kalau untuk keperluan rumah biasanya yang tersedia paling banter meteran doang sih. Tapi memang masing-masing alat ukur akan berfungsi maksimal jika berada di tangan yang tepat dan ahlinya

    ReplyDelete
  11. Jadi inget pelajaran fisika. Hehe.. memang alat ukur ini banyak di sekeliling kita. Pilih alat ukur yang pas dan berkualitas.. mikrometer sih masih jarang digunakan untuk sehari-hari kecuali di laboratorium (supadilah/Padil)

    ReplyDelete
  12. Thanks infonya kak nanti mau juga ah beli measurement tools Mitutoyo dari Kawan Lama sebagai distributor terpercaya yang menyediakan berbagai jenis alat ukur berkualitas tinggi.

    ReplyDelete
  13. Beberapa alat sudah familiar karena pak suami sering utak-atik sendiri di rumah, tapi banyak juga alat yang asing. Terima kasih atas rekomendasinya, bisa jadi alternatifnya jika suatu saat butuh alat pengukuran

    ReplyDelete
  14. Kawan lama ini benar-benar lengkap barang-barang yang dijualnya, beragam jenis measurement tools saja tersedia lengkap ya di Kawan Lama. Tak heran banyak yang merekomendasikan belanja di Kawan lama

    ReplyDelete
  15. Sering banget lihat alat ukur ini di customer. Kebetulan pekerjaan berhubungan dengan bidang industri manufactur plastik. Biasanya mereka pakai buat ukur cetakan molding.

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya jenis measurement tools itu, hanya ada beberapa nih yang familiar. Tapi baca ini jadi tau juga measurement tools dan fungsinya.

    ReplyDelete

Post a Comment