header Quarter Miles Journal

5 Rekomendasi Wisata Malang Batu Terfavorit, Instagramable Banget!

7 comments
Konten [Tampil]

wisata malang batu



Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Apel ini, memiliki wisata yang menarik dengan keindahan alam yang memukau. Tak heran jika wisata Malang Batu menjadi tujuan objek wisata yang dapat memikat wisatawan untuk kembali berkunjung.

Udara yang sejuk, pemandangan dengan pesona yang masih alami memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan saat berlibur ke Malang Batu.

Wisata Malang Batu yang Instagramable!

Tak hanya destinasi wisata alami, Malang Batu juga memiliki destinasi wisata buatan yang mampu membuat teman Journey menghabisakan waktu libur di sana. Terlalu banyak tempat berlibur yang bisa dikunjungi di sana. So, 3 hari di Malang? Mana cukup! Hihi

Nah, ini dia rekomendasi wisata Malang Batu terfavorit yang bisa mempercantik feed instagram teman Journey selama berlibur di Malang!

1. Museum Angkut

museum angkut


Museum Angkut merupakan museum transportasi pertama di Asia Tenggara. Museum Angkut juga disebut Musang cocok sekali untuk teman Journey yang tertarik dengan moda transaportasi, karena di Museum Angkut banyak sekali koleksi alat transportasi dari berbagai era dan seluruh dunia.

Tidak hanya itu, Musem Angkut juga bisa menjadi wisata edukasi yang aman dan nyaman untuk buah hati menghabiskan waktu liburnya mengenal alat transportasi. Sayangnya, aku mengajak anak sulungku ke Museum Angkut saat ia berumur 1,5 tahun, di mana saat itu anakku hanya bisa berkata “Waw!” saat melihat helikopter hahaha.

Mungkin saat liburan nanti kami bisa mengajaknya lagi ke sana karena di umurnya yang ke-6 ini, ia sangat tertarik jika melihat mobil-mobil lawas.

Back to Musang! Dalam Musem Angkut teman Journey tidak hanya menikmati koleksi alat transportasi, tetapi juga menghabiskan waktu di zona lainnya. Musem Angkut dibagi menjadi 3 zona, yaitu Zona Edukasi yang di dalamnya terdapat Hall Plaza, Garbarata, Runway 27. Selanjutnya ada Zona Glamour yaitu area-area yang didesain seperti Pecinaan, Batavia, Hollywood, Sunda Kelapa, dan Gangster Town (Amerika era 2000-an). Dijamin, zona Glamour ini membuat feed Instagram teman Journey seperti berada di luar negeri.

Selain Zona Glamour, terdapat Zona Culture untuk mengenalkan ikon-ikon beberapa negara seperti Italy, Paris, Jerman, Inggris, Buckingham, dan Laz Vegas. Zona teranyar, teman Journey bisa menikmati Pasar Apung 6 Negara, Galeri Polis, serta Army Corner.

So, supaya puas bisa menikmati semua zona, lebih baik teman Journey datang lebih awal. Untuk jam operasionalnya, Museum Angkut dimulai dari pukul 12.00 siang hingga pukul 19.00 malam. Bisa menghabiskan waktu seharian, kan?

Sssttt… katanya golden hour saat sore hari pada Area Pesawat Runway 27 lanai 3, teman Journey dapat menikmati cahaya matahari yang sangat indah dengan pemandangan Kota Batu dan Gunung Arjuno yang tampak jelas dari sana. Selain itu, setiap harinya di area Gangster Town Museum Angkut juga mengadakan show, seperti Man on Fire, Vehicle Live Action, dan Cars and Costume Parade.

Untuk HTM-nya teman Journey hanya membayar Rp. 100.000 (weekday & weekend) sudah dapat menikmati semua zona. Oh iya, ada peraturan tidak boleh memakai kamera selain kamera HP juga ya.

2. Jatim Park

jatim park


Belum ke Batu rasanya kalau teman Journey belum mengunjungi ke Jatim Park! Jatim Park merupakan tempat rekreasi dan edukasi yang sayang untuk dilewatkan bersama keluarga. Jawa Timur Park Group membagi tempat wisata dan edukasi ini menjadi 3 bagian, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Tentu saja ketiganya memiliki wahana edukatif yang berbeda. Wahana Jatim Park 1 bak Ancol-nya Malang, wisata buatan dengan konsep taman rekreasi ini menawarkan Wahana Roaler Coaster (Ulat Coaster, Himalaya Coaster, Gold Minning Coaster, Superman Coaster), Berkendara di Udara (Sky Swinger, Sky Rider), Wahana Museum (Indonesia Heritage Museum, Science Center, Rumah Adat Madura, Galeri Etnik), Wahana Anak-Anak (Waterboom Mini Train, Convoi Car, Children Playground, Happy Boat, Funtastic Swimming Pool), Wahana Extreme (Froggy, Enterprise Ride, Gyroscope Flying Tornado 360 Pendulum), Dan Museum Tubuh.

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 menawarkan edukasi wisata satwa terbesar di Asia Tenggara! Di antaranya terdapat Batu Secret Zoo ( Museum Wisara Hewan, Baby Zoo, Waterpark, Savana, Safari Farm, Tiger Land, River Adventure), Museum Satwa, dan Eco Green Park

Yang terbaru ada Jatim Park 3, jika teman Journey ingin mengenalkan berbagai macam Dinosaurus kepada buah hati, di sinilah tempatnya! Wahana Jatim Park 3 diantaranya ada Dino Park, The Legend, Star Fantech Plaza, Museum Dunia Musik, dan Milenial Glow Garden.

HTM mulai dari Rp 100.000 - Rp 150.000, biasanya Jatim Park juga menyidiakan harga paket sehingga lebih murah.

3. Florawisata Santera De La Ponte

florawisata


Wisata Malang Batu selanjutnya ada destinasi buatan yang masih tergolong baru di Baru, yaitu Florawisata Santera De La Ponte. Seperti namanya, tempat wisata satu ini, mengusung konsep taman bunga dengan berbagai wahana untuk anak-anak sampai dengan wahana yang memicu adrenalin, juga terdapat bangun replika ala luar negeri yang bisa menjadi spot foto instagramable untuk teman Journey.

Florawisata Santera De La Ponte ini berlokasi di Jalan Raya Madya, Jurang Rejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tiket masuk reguler teman Journey hanya perlu mengeluarkan sebesar Rp 35.000. Namun, harga tersebut belum termasuk tiket bermain wahana-wahana yang ada di sana.

4. Goa Pinus Pujon

goa pinus pujon


Kalau tadi kita bahas destinasi wisata buatan, kali ini aku ingin merekomendasikan destinasi wisata Malang Batu alami yang bisa membuat teman Journey betah berlama-lama di sana, yaitu Goa Pinus Pujon.

Dari namanya saja sudah bisa kita bayangkan ya teman Journey betapa sejuknya di sana. Ya, Goa peninggalan Jepang ini dikelilingi pohon pinus yang indah dan rindang. Belum lagi lokasinya yang berada di area perbukitan, membuatnya semakin sejuk.

Pastinya wisata Malang Batu satu ini juga sudah dilengkapi dengan spot-spot foto yang instagramable banget! Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 10.000, teman Journey sudah bisa menikmati keindahan alam di sana.

5. Coban Talun

Ah, siapa yang tak suka dengan keindahan air terjun? Malang dan Batu termasuk kota yang memiliki banyak air terjun yang indah, loh! Salah satunya adalah Coban Talun. 

Terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Coban Talun ini terbentuk dari proses erupsi vulkanik Gunung Arjuna Welirang. Tidak hanya menimmati keindahan air terjun, teman Journey juga bisa camping di sana. Serta, berbagai wahana menarik seperti labirin dan memanah juga menjadi daya tarik Coban Talun.

Penutup

Jadi, wisata Malang Batu mana yang akan teman Journey kunjungi lebih dahulu? Baik wisata alam ataupun wisata buatannya, sudah pasti akan memanjankan teman Journey selama berlibur ke sana. Jangan lupa, mampir ke alun-alun Kota Batu juga ya! Banyak kuliner tradisonal ataupun korea yang bisa teman Journey nikmati!
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

7 comments

  1. pengen banget suatu saat ajak anak-anak ke Malang buat jalan-jalan ke museum angkut dan jatim park..pasti menyenangkan banget ya ini, terimakasih rekomendasinya mbaa

    ReplyDelete
  2. Wuih asik nih sepertinya wisata di kota batu, kapan-kapan pingin journey kesana sama keluarga.

    ReplyDelete
  3. Wah, aku belum pernah ke goa pinus pujon nih mb. Baru tau malah. Makasih ya, untuk informasinya. Kalau coban talun, masih dekat dg coban rais ya, mb?

    ReplyDelete
  4. Haruus banget nih ke jatim park ama goa pinus..

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke Malang :( dari semua daerah di Jawa kayanya cuma Jawa Timur yg belum aku explore. Aku save dulu infonya. Nanti nabung liburan ke Malang sama keluarga, wishlist lokasi wosata sama hotelnya dah lengkap juga aku save di hp wkwk

    ReplyDelete
  6. Malang ini salah satu kota impian aku buat wisata lho. Mungkin karena temen-temen aku banyak disini Kali ya hehe. Tapi salah satu yang top wishlist aku adalah bisa mengunjungi Santera De La Ponte.

    ReplyDelete
  7. Wah bisa jd rekomendasi tempat piknik keluarga ini 🤭

    ReplyDelete

Post a Comment